Now Reading
5 Tips Sewa Apartemen di Ibukota untuk Pemula

5 Tips Sewa Apartemen di Ibukota untuk Pemula

Tips Sewa Apartemen

Tips Sewa Apartemen di Ibukota untuk Pemula – Apartemen merupakan salah satu alternatif pilihan hunian bagi masyarakat yang tinggal di kota. Hal ini disebabkan oleh banyaknya keuntungan jika tinggal di apartemen.

Salah satunya adalah lokasi apartemen yang biasanya di lokasi yang strategis. Biasanya apartemen berada dekat dengan berbagai fasilitas umum, seperti pusat perbelanjaan, sekolah, universitas, perkantoran dan sebagainya. Selain itu, lokasi apartemen biasanya mudah diakses oleh penghuninya. Bukan hanya mudah diakses oleh pengguna kendaraan pribadi, namun juga pengguna kendaraan umum.

Dari lokasi apartemen saja, dapat dilihat bahwa tinggal di apartemen memiliki banyak keuntungan. Namun, memilih apartemen yang tepat bukanlah hal yang mudah, terutama jika Anda adalah seorang pemula. Banyak hal yang perlu diperhatikan agar Anda dapat menyewa apartemen sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda.

5 Tips Sewa Apartemen di Ibukota untuk Pemula

Berikut merupakan beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika menyewa apartemen, terutama bagi pemula.

Apartemen Sesuai Kebutuhan

Apartemen hadir dengan berbagai jenis, pilihan unit, harga sewa, serta desain yang berbeda. Setiap apartemen juga memiliki keuntungan dan kelebihannya masing-masing. Tentunya hal ini juga mempengaruhi harga sewa apartemen. Oleh karena itu, pilihlah apartemen sesuai dengan kebutuhan Anda.

Biasanya apartemen menyediakan berbagai jenis pilihan unit, mulai dari studio, 1BR (1 kamar tidur), 2BR (2 kamar tidur) dan 3BR+ (3 dan lebih kamar tidur). Selain itu, setiap apartemen juga berbeda tergantung dari perabot yang dimilikinya. Ada yang fully furnished, semi furnished and unfurnished.

Setiap jenis apartemen memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Oleh karena itu, pilihan apartemen sesuai dengan kebutuhan. Jangan ambil keputusan yang impulsif hanya berdasarkan keinginan dan gengsi semata.

Harga Sewa Apartemen

Setiap apartemen memiliki kelebihannya tersendiri, mulai dari lokasi, fasilitas, dan sebagainya. Hal ini tentunya juga mempengaruhi harga sewa apartemen tersebut. Sebagai contoh, sewa apartemen Jakarta Pusat di kawasan Sudirman dan Thamrin akan memiliki harga sewa yang lebih mahal daripada harga sewa apartemen di kawasan lainnya. Hal ini dikarenakan Sudirman dan Thamrin merupakan pusat bisnis di Jakarta Pusat.

Dengan demikian, apartemen dengan lokasi strategis serta berbagai fasilitas penunjang tentunya akan memiliki harga sewa yang lebih mahal dari pada apartemen lainnya. Oleh karena itu, pertimbangkanlah terlebih dahulu apakah kelebihan tersebut perlu Anda miliki dan sepadan dengan harga sewa yang Anda bayar nantinya.

Selain membayar harga sewa apartemen, biasanya Anda juga harus membayar biaya tagihan lainnya. Ada biaya seperti biaya pemeliharaan gedung, listrik, air, dan sebagainya yang ada di luar biaya sewa apartemen. Hal ini juga harus masuk dalam peetimbangan Anda jika Anda hendak menyewa apartemen.

Lokasi Apartemen

Apartemen biasanya berada di lokasi yang strategis dan di pusat kota. Namun, kestrategisan ini juga berbeda-beda setiap apartemennya. Ada apartemen yang berada dekat dengan universitas, ada yang dekat dengan pusat perbelanjaan, pusat bisnis, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, Anda harus memilih apartemen sesuai dengan yang Anda butuhkan dan yang paling menguntungkan Anda.

Akan lebih baik jika Anda memilih untuk menyewa apartemen yang mudah diakses dengan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Apartemen yang lokasinya dekat dengan stasiun kereta ataupun halte bus akan memudahkan mobilitas Anda sehari-harinya.

Peraturan Apartemen

Setiap apartemen memiliki peraturannya sendiri. Beberapa diantaranya adalah mengenai hewan peliharaan, fungsi apartemen hanya sebagai tempat tinggal, menjemur di balkon, dan masih banyak lagi. Maka dari itu, perlu mencari tahu terlebih dahulu peraturan apartemen yang ingin Anda sewa agar Anda tidak dirugikan.

Beberapa apartemen memperbolehkan adanya hewan peliharaan, sementara beberapa tidak. Berbagai faktor seperti masalah kesehatan, kebersihan dan sebagainya menjadi penyebab adanya peraturan ini. Jika Anda memiliki hewan peliharaan, pilihlah apartemen yang pet friendly. Saat ini, sudah banyak apartment pet friendly yang diperuntukan bagi pemilik hewan peliharaan.

Peraturan lainnya adalah fungsi apartemen. Biasanya, kebanyakan apartemen hanya memperbolehkan penghuninya menggunakan apartemen tersebut sebagai tempat tinggal. Namun, ada beberapa apartemen yang menjadi pengecualian peraturan ini. Apartemen ini adalah apartemen multifungsi yang bisa dijadikan sebagai tempat tinggal dan kantor, yaitu SOHO (Small Office Small Home). Jika Anda ingin memulai bisnis startup dengan budget terbatas, apartemen ini dapat menjadi alternatif pilihan Anda.

Fasilitas Internal dan Eksternal

Biasanya apartemen memiliki fasilitas internal dan eksternal yang menunjang kehidupan penghuninya. Fasilitas internal ini merupakan fasilitas yang disediakan oleh pihak apartemen dan ada di dalam kawasan apartemen. Sementara fasilitas eksternal merupakan fasilitas yang berada di luar apartemen, seperti fasilitas umum, yang dapat dijangkau oleh penghuni apartemen.

Sebelum menyewa suatu apartemen, akan lebih baik jika Anda melakukan research terlebih dahulu mengenai fasilitas internal dan eksternal yang dimiliki apartemen tersebut. Anda harus mengetahui apakah fasilitas tersebut dapat memenuhi kebutuhan Anda; apakah fasilitas tersebut sebanding dengan harga sewa yang harus Anda bayar; dan apakah fasilitas tersebut memudahkan hidup serta menguntungkan Anda.

Demikian merupakan beberapa hal penting yang harus diperhatikan bagi pemula, jika Anda hendak menyewa apartemen. Semoga ulasan di atas dapat membantu Anda menemukan apartemen sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda. Sampai jumpa!

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll To Top