Now Reading
Cara Transfer Valas, Banyak Kemudahan Hanya dengan Aplikasi digibank

Cara Transfer Valas, Banyak Kemudahan Hanya dengan Aplikasi digibank

transfer valas

Cara Transfer Valas – Untuk beberapa keperluan baik pribadi atau bisnis, ada kemungkinan melakukan transaksi keuangan dari dan ke luar negeri. Namun perlu diketahui untuk transaksi yang melibatkan antar negara berbeda dengan transaksi di dalam negeri. Tentu saja prosesnya berbeda karena tidak hanya melibatkan bank yang berbeda tapi juga negara yang memiliki sistem perbankan berbeda.

Ada beberapa cara transfer uang ke luar negeri yang membantu urusan transaksi keuangan. Layanan tersebut bisa dilakukan oleh lembaga perbankan maupun non perbankan.

Selengkapnya simak penjelasan cara transfer uang ke luar negeri berikut ini.

Transfer Valas Melalui Bank

Pertama, cara transfer uang ke luar negeri yang dapat dilakukan adalah melalui bank. Cara ini tergolong konvensional yakni pengirim dapat melakukan pengiriman offline dengan bantuan teller bank.

Pengirim harus mendatangi bank untuk mengajukan transaksi pengiriman ke luar negeri. Tentunya ada beberapa persyaratan yang harus disiapkan. Berikut langkah-langkah transfer uang ke luar negeri melalui bank:

  • Datangi langsung ke kantor bank setempat sesuai dengan rekening Kamu terdaftar.
  • Siapkan identitas diri seperti KTP, SIM atau Paspor bagi warga asing serta buku tabungan.
  • Proses selanjutnya akan dibantu teller untuk pengiriman uang ke luar negeri sesuai jumlah yang dibutuhkan.

Menggunakan cara transfer uang ke luar negeri melalui transfer bank, pengirim harus mengetahui kurs mata uang negara tujuan. Hal tersebut agar nominal uang yang dikirim tidak salah, baik kurang atau lebih. Kekurangan pengiriman cara ini adalah membutuhkan waktu yang lama, sebab harus melalui antrian bank dengan nasabah lainnya.

Transfer Valas Melalui ATM

Cara transfer uang ke luar negeri berikutnya dapat dilakukan melalui mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM). Cara ini bisa lebih cepat karena tidak perlu ke kantor bank yang harus antre dengan nasabah lain yang datang untuk berbagai keperluan.

Transaksi pengiriman melalui ATM juga lebih praktis sebab lebih modern berbasis digital. Namun cara ini memiliki risiko jika tidak dilakukan dengan tepat. Pengirim harus memahami hal-hal berikut sebelum melakukan transaksi pengiriman valas melalui ATM:

  • Kode swift bank tujuan, bisa didapat dari pihak bank lokal.
  • Nomor rekening penerima.
  • Nomor referensi.

Kesalahan yang mungkin terjadi, seperti salah memasukkan nomor rekening serta nomor referensi. Hal tersebut berisiko kesalahan pengiriman yang bisa menghilangkan dana Anda. Maka jika melakukan transaksi pengiriman valas melalui ATM, sebaiknya lebih teliti dan melakukan pengecekan berulang pada nomor yang dimasukkan. Jangan lupa pula menyimpan tanda bukti transfer untuk berjaga-jaga jika terjadi kesalahan.

Transfer Valas Melalui Western Union

Anda juga bisa melakukan transaksi pengiriman uang ke luar negeri menggunakan Western Union. Sebagai jasa transfer uang ke luar negeri, tentu saja pengirim dikenai biaya pengiriman dengan jumlah bervariasi tergantung besaran pengiriman uang.

Pengiriman valas dengan cara ini juga memberikan syarat serta penawaran harga yang bisa berubah-ubah. Cara transfer uang ke luar negeri melalui Western Union sebagai berikut:

  • Datang ke kantor atau agen resmi Western Union terdekat di kotamu.
  • Bawa identitas diri, bisa berupa KTP/SIM/Paspor yang berlaku.
  • Pastikan tahu persyaratan untuk melengkapi formulir.

Sebelum melakukan transaksi transfer valas dengan cara ini, sebaiknya pelajari dulu syarat yang diberikan. Serta pengirim harus tahu kurs mata uang tujuan untuk memastikan nominal pengiriman.

Transfer Valas melalui digibank transfer valas

transfer valas

Transaksi valas ke luar negeri lebih cepat dan anti ribet melalui fitur digibank transfer valas pada Aplikasi digibank by DBS. Layanan transfer valas dari bank DBS memberikan kemudahan dalam bertransaksi karena dapat dilakukan melalui aplikasi.

Jadi pengirim tidak perlu datang ke kantor cabang atau harus antri untuk melakukan transaksi. Cukup melalui aplikasi pada telepon pintar, semua transaksi perbankan termasuk transfer valas bisa dilakukan. Selain itu ada banyak keuntungan lain transfer valas menggunakan aplikasi dari bank DBS, di antaranya:

  • Akses aplikasi selama 24 jam per 7 hari, tinggal klik Aplikasi digibank by DBS
  • Gratis biaya transfer untuk 20 lebih negara dalam 7 mata uang, dengan 7 mata uang USD, SGD, AUD, EUR, HKD, CAD, GBP.
  • FX Rate terkini dan juara, dan nilai tukar yang kompetitif.
  • Transfer valas yang Anda lakukan bisa sampai pada hari yang sama.

Dari banyak lembaga perbankan dan non perbankan yang menawarkan layanan transfer valas, digibank transfer valas paling banyak memberi keuntungan. Kemudahan transaksi yang bisa dilakukan dari mana saja dan kapan saja tentu sangat memudahkan.

Beriktu cara transfer uang ke luar negeri dengan digibank transfer valas menggunakan aplikasi digibank dari DBS:

  • Pastikan telah mengunduh aplikasi digibank by DBS dan melakukan aktivasi akun.
  • Setelah akun siap barulah Anda bisa melakukan transaksi melalui aplikasi.
  • Pilih menu transfer, kemudian pilih transfer valas.
  • Akan muncul kolom dialog berisi menu tambah penerima, pilih menu tersebut dan ikuti petunjuk selanjutnya.
  • Setelah kolom penerima transfer dana diisi, pilih negara tujuan transfer valas.
  • Pilih mata uang yang digunakan untuk transaksi.
  • Pilihlah jenis bank dan isi data detail penerima transfer valas.
  • Terakhir, masukkan jumlah nominal transfer, kemudian klik “Lanjut” dan selesaikan transaksi.

Mudah bukan? Kini Anda tahu beberapa pilihan cara transfer uang ke luar negeri yang bisa dilakukan. Di antaranya dapat dipilih sesuai kebutuhan, jadi tidak perlu bingung untuk berkirim uang untuk beragam keperluan.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll To Top