Now Reading
Ingin Main Game, Tapi Takut Kecanduan? Ikuti Tips Sehat Main Game Ini

Ingin Main Game, Tapi Takut Kecanduan? Ikuti Tips Sehat Main Game Ini

Tips Sehat Main Game

Kegiatan bermain game online sering dikategorikan sebagai salah satu kebiasaan buruk, padahal Anda tetap bisa merasakan dampak positifnya jika mengetahui bagaimana tips sehat main game. Dalam bermain game, Anda harus bisa menahan diri agar nantinya tidak terlena dalam permainan hingga mengabaikan kewajiban lainnya.

Bahkan bermain game online ini dinilai bisa meningkatkan kemampuan otak kanan, melatih kerja sama tim, meningkatkan pemahaman bahasa inggris, hingga melatih mental menjadi lebih baik. Salah satu penyebab yang membuat bermain game buruk adalah karena kurangnya pengendalian diri dan tidak mengatur jadwal main game sehingga sering mengabaikan waktu dan kegiatan lainnya.

Bahkan tidak jarang gamers yang melupakan kebutuhan pribadi seperti makan dan akhirnya berdampak pada tubuh yang mudah sakit hingga kekurangan gizi. Perlu Anda ketahui juga bahwa segala sesuatu yang berlebihan akan menimbulkan dampak buruk, dan tentunya Anda tidak ingin mengalami dampak negatif tersebut bukan?

Nah agar bisa menikmati serunya bermain game tanpa khawatir akan efek buruk yang menghampiri maka Anda wajib menyimak informasi yang akan kami berikan di bawah ini tentang tips sehat main game. Penasaran apa saja tipsnya? Let’s check this out!

7 Tips Sehat Main Game Agar Tidak Kecanduan

Tips Sehat Main Game

Bermain game merupakan hobi yang banyak diminati oleh berbagai kalangan. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa semuanya menyukai kegiatan menyenangkan yang satu ini karena bisa menghilangkan stress setelah penat melakukan banyak rutinitas seharian. Namun, bagaimana jika dalam permainan game ini malah muncul dampak negatif? Untuk menghindarinya, yuk simak tips sehat main game di bawah ini.

  • Penuhi Kebutuhan Nutrisi

Lelahnya bermain game harus diobati dengan makanan yang kaya akan nutrisi. Meskipun asik bermain game online, pastikan untuk tidak lupa makan agar bisa menjaga kesehatan tubuh. Hindari mengkonsumsi mie instan dan makanan cepat saji lainnya, hal ini akan membuat tubuh mudah lelah dan kekurangan gizi.

  • Perhatikan Posisi Duduk

Tips bermain game yang selanjutnya adalah perhatikan posisi duduk. Kebiasaan duduk dengan posisi yang salah saat bermain game akan merusak postur tubuh dan bisa mengakibatkan tubuh bongkok. Oleh karena itu, pastikan Anda duduk di kursi yang sejajar dengan layar monitor.

  • Jangan Lupa Istirahat

Meskipun bermain game adalah kegiatan yang menyenangkan, tetapi jangan lupa untuk istirahat. Istirahatkanlah diri Anda jika dirasa mata dan tubuh sudah mulai lelah. Istirahat yang ideal adalah sekitar 8 jam sehari, sehingga Anda tidak boleh mengurangi waktu tidur untuk bermain game karena bisa berdampak pada kesehatan.

  • Minum yang Cukup

Setelah mengkonsumsi makanan yang bergizi, jangan lewatkan juga untuk minum yang cukup. Kebutuhan nutrisi yang baik untuk tubuh harus dibarengi dengan cairan. Jika tubuh kekurangan cairan maka bisa menyebabkan dehidrasi dan badan akan mudah lelah. Oleh karena itu, yuk ikuti tips sehat main game yang satu ini.

  • Buat Jadwal Main Game

Membuat jadwal main game merupakan sebuah keharusan agar Anda tidak mengabaikan kewajiban dan aktivitas penting lainnya. Jangan sampai seluruh waktu Anda habiskan untuk bermain game. Pastikan untuk membuat jadwal dan mengatur batas main game di HP. Hal ini juga bertujuan agar nantinya Anda tidak kecanduan dalam permainan.

  • Perhatikan Kecerahan Layar

Kecerahan layar adalah salah satu penyebab rusaknya tubuh karena bermain game. Kecerahan yang ideal adalah yang tidak mengganggu penglihatan. Dengan demikian, atur brightness monitor device yang Anda gunakan untuk bermain game agar tidak membuat mata sakit dan menimbulkan masalah kesehatan lainya.

  • Menjaga Kebersihan

Tahukah Anda bahwa kebersihan sekitar tempat bermain game harus selalu terjaga agar tidak ada kuman dan bakteri yang menempel. Semakin kotor tempat yang Anda gunakan untuk bermain game, maka akan semakin besar risiko masuknya penyakit ke dalam tubuh. Yuk bersihkan lingkungan sekitar agar bisa main game dengan sehat.

Itulah 7 tips sehat main game yang wajib Anda perhatikan saat bermain game. Semakin berkembangnya teknologi, hal ini juga membuat banyak game online semakin bermunculan. Nah untuk membantu Anda mendapatkan rekomendasi game yang seru dan tidak membuat kecanduan, berikut ini akan berikan jawabannya.

Rekomendasi Game Seru, Tetapi Tidak Membuat Kecanduan

Pastinya Anda sudah menemukan ribuan game online yang menyenangkan untuk dimainkan. Namun kali ini kami akan memberikan rekomendasi game online yang tidak kalah menariknya. Penasaran apa saja rekomendasinya?

  • Candy House

tips sehat main game - Candy House - 1

Candy House merupakan sebuah permainan sederhana yang dimana misinya adalah untuk menukar 2 item yang memiliki warna sama dan mencocokkan 3 atau lebih item yang ada di dalam kotak vertikal – horizontal. Dalam permainannya, Candy House memiliki 50 level yang diberi waktu sekitar 5 menit untuk masing-masing levelnya.

tips sehat main game - Candy House - 2

Saat bermain game Candy House, Anda tidak perlu memikirkan strategi matang agar bisa menang. Bahkan game ini akan membuat Anda lebih rileks dan terhindar dari penat. Memiliki visual yang menyejukkan dengan lantunan musik yang membuat nyaman, dijamin akan membuat Anda betah bermain permainan ini. Anda juga tidak perlu khawatir akan kesusahan memainkannya, pasalnya sudah ada panduan khusus untuk memainkan game ini.

tips sehat main game - Candy House - 3

Setelah menyelesaikan satu level, maka Anda bisa melanjutkan ke level yang lebih tinggi dan tentunya tingkat kesulitan nya pun semakin susah sehingga akan membuat permainan terasa lebih asik. Permainan yang satu ini bisa dimainkan oleh berbagai kalangan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa karena tidak mengandung konten negatif.

  • China Temple

tips sehat main game - China Temple - 1

Berbeda dari permainan sebelumnya, dalam game China Temple ini menyuguhkan konsep permainan yang unik. Dipadukan dengan latar dan musik ala China, Anda akan dibawa ke dalam misi permainan mencari barang yang ditentukan. Dalam permainan ini memerlukan fokus dan konsentrasi yang tinggi, pasalnya Anda harus menemukan barang yang disebutkan dengan cepat.

China Temple memiliki 10 level dengan durasi 10 menit. Namun, jika Anda salah menemukan objek yang disebutkan, maka waktu akan berkurang 5 detik. Selain mencari objek, Anda juga harus menemukan angka yang sudah disediakan dengan cepat. Jika angka-angka tersebut tidak ditemukan, maka Anda dianggap gagal dan tidak bisa melanjutkan ke level selanjutnya.

tips sehat main game - China Temple - 2

Karena mengharuskan fokus yang tinggi, permainan ini tentunya tidak akan membuat Anda bosan. Anda bisa memainkan game ini bersama dengan kerabat agar lebih menyenangkan. Tertarik mencoba?

Setelah mengetahui 2 rekomendasi game yang menarik dimainkan. Anda bisa memainkan kedua jenis game tersebut di Solitaire.org. Ternyata selain dua game di atas, Anda juga akan disuguhkan dengan ratusan jenis game lainnya, mulai dari permainan mahjong hingga pacman, semuanya bisa dimainkan secara gratis dan sepuasnya. Menarik bukan?

tips sehat main game - China Temple - 3

Tidak hanya menawarkan pilihan game online Solitaire, ternyata Solitaire.org juga memiliki kategori lainnya seperti mahjong games, hidden object games, card games, connect 3 games, dan kategori menyenangkan lainnya yang bisa dimainkan tanpa harus takut akan kecanduan. Solitaire.org memberikan kemudahan dalam proses bermainnya karena penggunaannya yang user-friendly dan setiap gamenya sudah disediakan cara bermain dan trik supaya menang.

Saat bermain game online, mengetahui tips sehat main game merupakan sebuah keharusan agar nantinya Anda bisa menahan diri agar tidak terlena dalam permainan. Dengan demikian, yuk segera kunjungi Solitaire.org dan rasakan keseruan bermain game tanpa takut kecanduan. Bagaimana menurut Anda? Apakah tertarik bermain game di Solitarie.org?

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll To Top