Now Reading
Berikut Ini 5 Tips Memilih Server Hosting Untuk Website Terbaik!

Berikut Ini 5 Tips Memilih Server Hosting Untuk Website Terbaik!

Tips Memilih Server Hosting Untuk Website Terbaik

 Tips Memilih Server Hosting Untuk Website Terbaik – Dalam dunia internet, selain mikrotik untuk dapat menyambungkan akses, ada juga domain dan hosting. Mikrotik adalah teknologi jaringan yang digunakan untuk keperluan kantor dan bisnis, sedangkan domain dan hosting merupakan komponen utama dalam sebuah website. Ketiganya sangat berhubungan erat, tetapi pada kesempatan kali ini, kita akan membahas terlebih dulu  tips memilih server hosting untuk website yang tepat.

Tips Memilih Server Hosting Untuk Website

Tips Memilih Server Hosting Untuk Website Terbaik

Sebelum lanjut untuk memilih server hosting, kita akan sedikit berkenalan dulu dengan istilah domain dan website.

Domain ini adalah alamat sebuah website, seperti kelasmenulis.com atau jualbaju.id. Domain berfungsi untuk menuntun para pengunjung menuju kee lokasi website. Nah, lokasi dari website sendiri inilah yang disebut dengan Hosting. Maka dari itu, penting untuk memilih hosting yang baik agar website Anda lancar diakses para pengguna.

Lalu, bagaimana sih kriteria hosting yang baik dalam tips memilih server hosting untuk website ini?

1. Kecepatan

Anda bisa memperhatikan berbagai macam faktor pendukung performa server berupa bandwidth, storage, dan plugin optimasi kecepatan sebuah website.

2. Keamanan

Pastikan juga hosting tersebut menjamin keamanan website dari malware dan DDoS, serta memiliki gratis SSL.

3. Memiliki Bantuan Tim Support

Tips memilih server hosting untuk website selanjutnya adalah memastikan live support yang diberikan siap 24 jam. Lalu, perhatikan juga bagaimana cara mereka menyampaikan pesan yang sopan dan santun terhadap pelanggan. Kemudian, pastikan juga layanan apa saja yang disediakan untuk bisa mengakses live support ini. Contohnya seperti email, tiket bantuan, live chat, atau panggilan telepon.

4. Skalabilitas

Pastikan juga hosting yang dipilih memudahkan Anda untuk berkembang. Contohnya berupa penawaran paket yang sesuai dengan kebutuhan website tersebut.

Dari  kriteria di atas, ada beberapa jenis hosting yang bisa dijadikan referensi.

  • Shared hosting yang bisa digunakan untuk blog pribadi.
  • Cloud hosting untuk website perusahaan, toko online, dan portal berita.
  • VPS untuk E-commerce, website proyek, dan high-traffic blog.

5. Cek Performa Servernya Terlebih Dulu

Server ini sangat penting untuk kelancaran akses website Anda. Oleh karena itu, penting untuk mengeceknya. Anda bisa memilih server Indonesia ini apabila memiliki pelanggan yang mayoritas berasal dari Indonesia.

Selain itu perhatikan juga spesifikasi server yang ada di data center penyedia layanan hosting Anda. Spesifikasinya seperti:

  • Teknologi server
  • Kecepatan prosesor (jenis dan jumlah core yang dipakai)
  • Kapasitas RAM
  • Harddisk
  • Network speed

Untuk informasi tersebut, Anda bisa mendapatkannya melalui website layanan web hosting yang Anda inginkan.

6. Cek Harganya

Selanjutnya, Anda bisa mengecek harganya apakah sudah sebanding dengan spesifikasi dan paket layanan yang ditawarkan. Karena biasanya tidak semua harga yang murah memiliki kinerja yang baik, tetapi juga tidak semua paket dengan harga yang mahal sesuai dengan kebutuhan Anda. Jadi, pastikan untuk memilih paket layanan yang sesuai agar mendapatkan harga yang memuaskan.

7. Cek Garansi yang Ditawarkan

Cek juga garansi yang ditawarkan, apakah mereka menyediakan garansi uang kembali atau tidak dan bagaimana syarat serta ketentuan untuk menukarkan garansi tersebut.

Dengan adanya garansi artinya mereka menjamin fasilitas yang diberikan pelanggan. Lalu, Anda juga bisa menanyakan langsung ke pihak penyedia hosting secara langsung apabila ada ketentuan yang kurang jelas dalam syarat penukaran garansi.

8. Cek Fitur yang Ditawarkan

Biasanya website hosting menyediakan fitur tambahan. Contohnya berupa fitur proteksi dan keamanan. Contohnya seperti fitur SpamAssassin Protection atau SpamExperts.

Ada juga ditu seperti BitNinja Smart Security yang bisa digunakan untuk menghindari serangan botnet, malware, maupun hacker.

Selain itu, ada juga fitur Website Builder untuk mempermudah membangun website Anda.

9. Cek Review Pelanggan

Terakhir, Anda bisa mengecek review pelanggan sebelumnya. Apakah website penyedia hosting menyediakan layanan yang sesuai dengan penawarannya? Apakah kinerja mereka bagus atau buruk di mata pelanggan? Dan hal lain yang perlu Anda ketahui mengenai layanan hosting tersebut.

Dari tips memilih server hosting untuk website yang telah disebutkan sebelumnya, ada salah satu penyedia hosting terbaik di Indonesia yang bisa menjadi bahan pertimbangan Anda, yaitu Domainesia.com.

Selain menyediakan layanan hosting, Domainesia juga menyediakan layanan domain dengan fitur instant deploy dan cloud backup harian yang menjamin keamanan website Anda. Lalu, domainnya sendiri bersifat gratis karena telah menjadi satu paket dengan layanan hosting yang diberikan. Selanjutnya, Domainesia juga menyediakan live support yang bisa membantu Anda 24 jam serta garansi uang kembali untuk menjamin kepuasan konsumen.

Tertarik untuk membuat website Anda sendiri? Yuk, bergabung bersama Domainesia untuk membuat akses website Anda menjadi lebih baik.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll To Top