Tips Membuat Kolam Renang Minimalis di Halaman Sempit

Tips Membuat Kolam Renang Minimalis di Halaman Sempit

Apakah memungkinkan untuk punya kolam renang minimalis di halaman yang sempit? Tentu saja bisa, asal Anda mengetahui tips untuk membuat kolam renang dengan memanfaatkan lahan yang terbatas. Karena lahan yang dimiliki terbatas, maka biasanya harus menyesuaikan ukuran kolam agar fungsi kolam renang bisa benar-benar bisa dimanfaatkan.

Membuat Kolam Renang Minimalis

Dengan lahan yang terbatas, berikut ini beberapa tips dalam membuat kolam renang minimalis.

1. Ukuran Kolam

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan dalam membuat kolam renang dengan ukuran minimalis adalah menentukan ukuran kolam. Kolam renang minimalis memiliki ukuran ideal yaitu 6 m x 2 m. Karena luas area yang terbatas, maka jangan sampai ukuran kolam renang terlalu lebar dan mendominasi sampai-sampai tidak ada sisa lahan untuk area dek kolam.

2. Kedalaman Kolam

Kemudian pastikan Anda juga memperhitungkan kedalaman kolam untuk lahan yang terbatas. Sebaiknya buat kolam renang yang dangkal, demi mempertimbangkan aspek keamanan dan juga budget yang dimiliki. Kolam dengan jenis yang dangkal lebih hemat dalam pembuatannya dan juga perawatannya karena memiliki volume air yang lebih sedikit.

3. Rapatkan Kolam Ke Dinding

Saat buat kolam renang tentu saja Anda harus memilih bahan bangunan yang bagus, meski kolom yang dibuat konsepnya minimalis. Untuk menghemat lokasi kolam renang dan memaksimalkan fungsinya, maka posisikan kolom lebih rapat ke dinding. Cara ini juga dapat menghemat biaya untuk pembuatan dek di seluruh sisi kolam.

Terlebih jika dirapatkan ke dinding kolam, akan lebih teduh meski tanpa atap. Namun ketika ingin merapatkan kolam ke dinding, maka pastikan tidak sembarangan menggali kolam jangan sampai merusak struktur dinding atau bangunan yang ada di dekat kolam.

4. Gunakan Sistem Skimmer

Sistem air kolam dikenal memiliki dua pilihan sistem yaitu skimmer dan overflow. Untuk kolam minimalis, maka Anda bisa pilih sistem skimmer karena akan memudahkan dalam perawatan kolam itu sendiri. Sistem skimmer pada kolam renang memudahkan penyaringan air karena bisa membersihkan air kolam secara otomatis dan Anda tidak perlu mengganti air kolam. Sistem skimmer juga lebih hemat tempat karena Anda tidak perlu gutter di pinggiran kolam.

5. Desain Kolam

Saat ingin membuat kolam minimalis yang lahannya terbatas maka pastikan sudah membuat desain kolam renang. Kolam renang minimalis biasanya memiliki bentuk persegi panjang, karena memang tujuan utamanya adalah menempatkan kolam sesuai dengan lahan yang sempit.

Pastikan memilih desain kolam yang simpel saja, agar tampilannya tetap cantik dan juga estetik. Salah satunya Anda bisa memilih ubin kolam renang bermotif, lalu letakkan batu-batuan koral di dekat kolam. Bisa juga dengan menambahkan sedikit tanaman hijau agar kolam semakin tampak natural.

Itu tadi beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat kolam renang minimalis, meski dengan lahan yang terbatas di halaman rumah ataupun pekarangan. Ketika akan membuat kolam renang, maka tentu Anda harus memikirkan juga bahan bangunan dengan kualitas seperti apa yang akan dibeli. Anda bisa pilih produk-produk SCG CBM Indonesia yang terkenal memiliki bahan bangunan dengan kualitas terbaik.

Tips Membuat Kolam Renang Minimalis di Halaman Sempit

Terdapat pilihan bahan bangunan mulai dari smart block, semen instan, bata ringan, beton instan, beton normal, pipa dan masih banyak lagi. Untuk katalog lengkap produk-produk SCG CBM, maka Anda bisa langsung kunjungi website scgcbm.id.

Feminim Media

Informasi bagi wanita Indonesia mulai dari kesehatan, lifestyle, fashion, cinta, olahraga hingga lowongan kerja bagi para wanita ada di Feminim.id.

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *