Now Reading
Ini Dia 5 Tips Membeli Rumah Pertama dengan Tepat

Ini Dia 5 Tips Membeli Rumah Pertama dengan Tepat

Tips Membeli Rumah Pertama

Proses mencari hunian atau rumah yang nyaman dan aman untuk pertama kalinya memang tidak mudah dan membutuhkan waktu yang panjang untuk mempertimbangkan banyak hal. Oleh sebab itu dibutuhkan tips membeli rumah pertama agar mendapatkan hunian sesuai diharapkan dan tentunya sesuai budget yang dimiliki. Ya, pasalnya harga rumah sendiri saat ini cukup tinggi, sehingga harus diperhitungkan dengan matang.

Rumah menjadi salah satu kebutuhan yang memakan biaya yang besar, namun juga bisa dijadikan sebagai aset investasi jangka panjang sehingga Anda tidak boleh sembarangan dalam membelinya. Tidak apa-apa membutuhkan waktu yang lama dalam memilih rumah pertama, yang penting kedepannya Anda dan keluarga bisa tinggal di rumah yang nyaman dan selama ini diidam-idamkan.

Tips Membeli Rumah Pertama

Banyaknya pilihan rumah saat ini memudahkan Anda untuk memilih rumah yang disukai, namun anda juga membutuhkan tips agar tidak salah membelinya. Berikut ini merupakan beberapa tips membeli rumah pertama tanpa mengecewakan yang bisa Anda lakukan, yaitu:

1. Kenali Kondisi Keuangan

Sebelum membeli rumah impian, alangkah baiknya Anda mengenali kondisi keuangan terlebih dahulu, agar bisa mendapatkan rumah yang pas dengan budget. Anda bisa berdiskusi terlebih dahulu dengan pihak bank sebelum mengajukan KPR untuk menghitung besaran DP serta cicilan yang harus dibayarkan setiap bulan. Anda juga bisa memperhitungkan panjang tenor atau jangka waktu pelunasan kredit karena ini mempengaruhi jumlah angsuran.

Dalam masalah ini, Anda juga harus menyisihkan uang untuk membeli peralatan rumah, karena tentunya Anda tidak mungkin menjalani hidup dirumah yang kosong bukan? Anda bisa membuat list peralatan rumah dan memprioritaskan yang diperlukan.

2. Memilih Developer atau Pengembang Properti Terpercaya

Setelah mengenali kondisi keuangan dan dirasa cukup untuk membeli rumah, maka tips membeli rumah pertama selanjutnya yaitu dengan memilih developer atau pengembang properti terpercaya. Untuk menilainya, Anda bisa menggali informasi seputar pengalaman atau track record Project sebelumnya. Jika Project sebelumnya berjalan dengan baik dan tidak memiliki masalah, Anda bisa mempertimbangkan untuk mengambilnya. Perlu diingat, harga yang ditawarkan sesuai dengan budget yang dimiliki.

3. Tentukan Tipe Rumah

Developer atau pengembangan properti biasanya menawarkan produk hunian dengan beberapa tipe luas tanah beserta bangunan yang berbeda-beda, misalnya tipe rumah yang cukup populer yaitu tipe 36, 60, 70 dan lainnya. Anda bisa menentukan tipe rumah sesuai yang diinginkan dan tentunya berdasarkan budget yang dimiliki.

4. Sistem Pembayaran yang Sesuai

Agar tidak menyesal dan merasa dirugikan di kemudian hari, Anda harus memperhatikan sistem pembayaran yang sesuai. Pasalnya terdapat beberapa sistem pembayaran yang bisa digunakan untuk membeli rumah seperti membelinya secara cash atau langsung lunas di awal, atau menggunakan fasilitas Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) dari bank. Jika Anda memilih dengan sistem kredit (KPR), tentu membutuhkan waktu yang panjang, harus diurus dari jauh-jauh hari dan prosesnya tidak sederhana.

Tentunya setiap sistem pembayaran  membeli rumah memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, di mana jika memilih sistem cash atau bayar langsung maka akan terasa berat di awal, mengingat harga rumah yang tidak murah. Namun ketika membeli dengan sistem KPR maka Anda harus mempersiapkan budget cicilannya.

Dalam memilih sistem kredit, Anda juga harus mempertimbangkan besar uang muka yang harus dibayarkan, karena ini berpengaruh pada angsuran selanjutnya.

5. Pilih Rumah Sesuai Kebutuhan dan Survey Lingkungan

Tips membeli rumah pertama yang tak kalah pentingnya yaitu harus memilih rumah sesuai kebutuhan dan melakukan survei lingkungan. Rumah sesuai kebutuhan adalah rumah yang nyaman, aman dan dapat melindungi Anda dan keluarga.

Tips Membeli Rumah Pertama

https://www.botanialakeresidence.com/

Anda bisa memilih lokasi rumah yang dekat dengan tempat kerja, dan fasilitas umum karena ini akan memudahkan Anda pergi ke mana pun serta lebih hemat biaya transportasi dan waktu. Sebisa mungkin Anda memperhatikan geografi daerah rumah untuk menghindari rumah di kawasan rawan bencana.

Salah satu rekomendasi hunian rumah aman dan nyaman, dan tentunya menjawab semua kebutuhan yaitu Botania Lake Residence. Botania Lake Residence merupakan hunian yang berada di Sawangan, Kota Depok, Jawa Barat. Perumahan ini dibangun di lahan seluas 4 ha dengan ruang hijau yang asri dan menyejukkan serta menawarkan hunian resort dengan harga reasonable.

Dilihat dari survei lingkungannya, hunian perumahan ini sangat aman, nyaman dan lokasinya yang strategis memudahkan Anda mengakses jalan dan pelayanan umum. Perumahan ini memudahkan dalam mengakses jalan Tol Sawangan dan Stasiun Depok Baru, dekat dengan tempat belanja, layanan kesehatan, hingga pendidikan anak.

Untuk lingkungannya sendiri sangat tertata baik berkat underground utility dan mengedepankan simplicity yang cozy. Perumahan ini mengedepankan keamanan dan keselamatan dengan access card dan CCTV serta fasilitas yang memadai.

Itulah 5 tips membeli rumah pertama yang bisa Anda lakukan. Botania Lake Residence merupakan hunian yang patut dipertimbangkan!

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll To Top