deneme bonusu Betturkey giriş casibom

6 Tips Kehamilan Sehat: Mudah dan Aman Sampai Persalinan

Tips Kehamilan Sehat

Kehamilan adalah momen yang dinantikan semua wanita sebagai rasa syukur karena berhasil menjadi wanita sempurna. Sayangnya, banyak wanita hamil mengeluh karena banyak penyakit yang diderita dan bisa mengganggu kesehatan janin dalam kandungan. Untuk menjaga kesehatan ibu dan janin, Anda harus menerapkan tips kehamilan sehat sehingga kehamilan lancar sampai persalinan.

Selain menjaga kesehatan fisik selama hamil, wanita hamil harus menjaga kesehatan mental dan mengontrol emosi agar janin di dalam kandungan tidak terkena dampaknya. Alasannya, masalah yang dirasakan ibu bisa berdampak pada kesehatan ibu dan janin. Bahkan bisa membahayakan keselamatan mereka.

Tips Efektif Menjaga Kehamilan Sehat

Selama hamil, banyak perubahan yang dialami oleh tubuh ibu sebagai bentuk proses perkembangan janin di dalam kandungan. Mulai dari trimester pertama yang yang membuat ibu hamil. mengalami morning sickness dan perubahan hormon lain. Sebagai ibu harus dilarikan ke rumah sakit karena daya tahan tubuhnya lemah, agar tetap sehat selama hamil bisa menjalani tips kehamilan berikut:

1. Memeriksa Kesehatan Secara Rutin

Ibu hamil diwajibkan memeriksakan kehamilannya secara rutin satu bulan sekali. Anda bisa memeriksakan kehamilan di bidan terdekat, Puskesmas maupun rumah sakit. Tenaga kesehatan akan memeriksa kesehatan ibu perihal tekanan darah, berat badan, cek gula darah. Begitupun pemeriksaan kandungan meliputi detak jantung janin dan perkembangan janin.

2. Mendapat Edukasi Seputar Program Kehamilan

Saat program hamil, Anda harus mendapatkan edukasi seputar program kehamilan sehingga peluang kehamilan cepat dan lancar. Edukasi tersebut membuat Anda bisa menjaga kehamilan sampai melahirkan, bahkan mendapat edukasi seputar proses persalinan agar bisa normal.

Umumnya, edukasi seputar kehamilan didapat dari penyuluhan yang ada di wilayah tempat tinggal. Penyuluhan tersebut dilakukan oleh bidan maupun dokter kandungan. Anda tak boleh malas mencari edukasi seputar kehamilan karena bermanfaat menjaga kesehatan ibu dan janin sampai melahirkan.

3. Menjaga Berat Badan

Hormon kehamilan kerap membuat wanita hamil lahap menyantap makanan karena merasa lapar, hormon kehamilan tersebut membuat berat badan wanita hamil cepat naik. Tetapi, berat badan berlebih tak bagus bisa mempengaruhi kesehatan ibu dan janin.

Berat badan berlebih bisa memicu diabetes dan ancaman terkena preeklampsia meningkat. Anda harus menyantap makanan yang kaya vitamin dan mineral yang disarankan dokter agar berat badan sesuai untuk wanita hamil, tidak kurang maupun tidak lebih.

4. Menyantap Makanan Bergizi

Tips kehamilan sehat berikutnya adalah menjaga asupan makanan bergizi, tujuannya untuk perkembangan otak janin dan berat janin. Makanan bergizi membuat janin lahir dengan berat badan cukup dan sehat fisik dan mengurangi permasalahan janin baru lahir.

Bahkan, menjaga asupan makanan bergizi membuat wanita hamil terhindar dari resiko anemia. Perbanyaklah menyantap makanan kaya zat besi, kalsium, protein, vitamin C, asam folat, Zink dan lemak sehat. Anda bisa mengatur waktu makan pagi, siang dan malam agar vitamin tersebut didapatkan.

5. Mendapat Vaksin Kehamilan

Vaksin kehamilan menjadi aturan yang wajib dipatuhi wanita hamil untuk menjaga janin dari berbagai penyakit dari dalam kandungan. Anda bisa mendapat vaksin DPT ( (difteri, pertusis, dan tetanus), vaksin hepatitis B maupun vaksin influenza. Anda bisa memperoleh vaksin kehamilan di bidan, puskesmas maupun klinik sehingga tips saat hamil berjalan lancar.

6. Olahraga Ringan

Orang awam menganggap olahraga bisa mengganggu kehamilan sehingga memilih berdiam diri di rumah. Padahal olahraga disarankan untuk wanita hamil karena nantinya bagus untuk persalinan, cukup melakukan olahraga ringan seperti jalan santai di pagi hari, menyapu, mengepel dan yoga. Jika Anda menyukai berenang maupun jogging, bisa melakukannya.

Tetapi, sebelum melakukan olahraga ringan sebaiknya konsultasikan dengan dokter kandungan. Anda bisa menanyakan apakah olahraga akan mengganggu kesehatan Anda atau tidak, pasalnya beberapa wanita hamil harus bedrest karena kehamilannya lemah atau terdapat indikasi lain.

Ikhtiar Agar Bayi Tidak Stunting

Setiap orang tua pasti menginginkan anaknya seht sejak dari kandungan juga saat sudah lahir di dunia. Dan tentu tak berharap anaknya menjadi salah satu bayi stunting.

Bayi stunting adalah bayi yang mengalami masalah gizi kronis yang bisa disebabkan oleh asupan gizi yang kurang dalam waktu lama sejak dalam kandungan.

Lalu bagaimana cara mencegah agar anak tidak stunting? Ada beberapa hal yang bisa ibu lakukan misalnya belajar mengenai kesehatan kehamilan sejak dini, mendalami ilmu parenting, memahami asupan dan keperluan gizi bagi ibu hamil, juga memperhatikan faktor lingkungan seperti akses air bersih atau sanitasi.

Selain itu, ibu hamil juga diperkenankan mengikuti melakukan senam hamil serta persiapan laktasi.

Setelah melahirkan baby, ibu perlu menyiapkan mental agar tetap dalam kondisi bahagia. Kini, para ibu bisa mengikuti Mom to be-Class yang diselenggarakan oleh Klinik Kehamilan Sehat.

Memilih Klinik Kehamilan Sehat untuk Keamanan dan Kenyamanan Ibu dan Buah Hati

Tips Kehamilan Sehat

Menjaga kehamilan adalah tanggung jawab suami istri agar janin yang dikandung lahir dengan selamat, pastinya melahirkan normal adalah impian semua wanita. Untuk itulah pemilihan tenaga kesehatan atau klinik menjadi tujuan utama agar kehamilan bisa dijaga dengan baik. Anda bisa melakukan pemeriksaan rutin dan rencana melahirkan di Klinik Kehamilan Sehat, Klinik tersebut berkualitas layaknya rumah sakit karena sudah menjadi PT. Kehamilan Sehat Sejahtera yang dikenal masyarakat luas karena banyak keunggulannya.

Klinik tersebut memiliki program yang bisa dipilih selama Anda menjalani kehamilan. Pastinya Anda lebih tenang menjalani kehamilan karena dipandu oleh tim dokter ahli, berikut ada program yang diberikan:

  • Persalinan normal

Anda bisa menjalani persalinan normal tanpa rasa takut karena pelayanannya memadai layaknya rumah sakit. Selain itu, sudah mengikuti standar perawatan rumah sakit sehingga tim dokter transparan memberikan informasi kepada pasien mengenai biaya maupun kesehatan ibu dan anak.

Klinik Kehamilan Sehat mengutamakan persalinan normal karena masa pemulihan lebih cepat dan Anda bisa beraktivitas seperti sebelum melahirkan. Anda tak akan merasa takut menjalani persalinan normal karena dibantu oleh dokter kandungan yang sudah ahli bernama Agus Jatmika Soegiarto yang berhasil membantu semua pasiennya melahirkan normal.

  • Harga lebih rendah

Walaupun pelayanannya sudah setara dengan rumah sakit, harga yang dipatok lebih rendah sehingga tidak memberatkan finansial. Pastinya semua kalangan bisa melahirkan di klinik ternama ini.

  • Program kehamilan

Sebelum hamil, Anda bisa mempercayakan Klinik Kehamilan Sehat untuk program kehamilan. Otomatis, Anda cepat hamil karena program hamil dibantu oleh tim ahli dan diarahkan cara cepat hamil yang sehat dan aman.

  • Senam hamil

Menjalankan tips kehamilan tak akan repot karena Klinik Kehamilan Sehat menyedikan senam hamil individu dan pasangan. Senam tersebut berfungsi memudahkan persalinan dan menjaga kesehatan janin.

  • Pemeriksaan kehamilan

Pemeriksaan kehamilan setiap bulan bisa dilakukan di Klinik Kehamilan Sehat, pastinya Anda langsung mendapatkan resep vitamin dan kalsium yang dibutuhkan untuk janin karena Klinik memiliki farmasi dan laboratorium yang menunjang kelancaran pemeriksaan kehamilan.

  • Pemasangan IUD

Setelah menjalani kehamilan dan persalinan yang lancar bersama Klinik Kehamilan Sehat, Anda bisa melakukan pemasangan IUD sebagai alat kontrasepsi untuk mencegah kehamilan dan menjaga jarak anak. Pemasangan IUD dilakukan oleh dokter ahli sehingga aman dan nyaman.

Menjalani tips kehamilan sehat harus dilakukan sejak trimester pertama sehingga janin yang dilahirkan sehat jasmani dan rohani. Untuk itulah Anda bisa menerapkan ulasan diatas dan menikmati momen menjadi ibu yang tangguh dan sigap merawat anaknya. Anda bisa mengikuti akun instagram @kehamilansehat untuk informasi lebih lanjut.

Feminim Media

Informasi bagi wanita Indonesia mulai dari kesehatan, lifestyle, fashion, cinta, olahraga hingga lowongan kerja bagi para wanita ada di Feminim.id.

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *