Now Reading
6 Manfaat dan 3 Tips Membeli Susu Cair Anak

6 Manfaat dan 3 Tips Membeli Susu Cair Anak

Susu Cair Anak

Susu cair anak – Anak-anak terlebih yang masih berada di bawah usia 3 tahun, masih membutuhkan beragam nutrisi untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan mereka. Salah satu nutrisi yang bisa menunjang hal tersebut bisa kamu peroleh dari produk susu.

Manfaat Susu Cair Untuk Anak Batita

Susu cair selain praktis juga memiliki beragam nutrisi yang mampu menunjang tumbuh kembang anak. Usia batita merupakan usia di mana anak mulai aktif-aktifnya memahami dan merangkai kata, serta kegiatan motorik yang super aktif. Untuk itu dibutuhkan nutrisi dari susu yang memiliki beragam manfaat dalam mendukung tumbuh kembang anak.

1. Menunjang tumbuh kembang anak

Nutrisi baik pada susu yang berperan dalam menunjang tumbuh kembang anak adalah protein. Pada susu cair umumnya terdapat sekitar 8 mg protein yang berperan penting sebagai zat pembangun, seperti pertumbuhan otot, daya tahan tubuh, dan metabolisme.

2. Mendukung kesehatan tulang dan gigi

Kandungan kalsium yang tinggi pada susu cair berperan sebagai komponen penyusun tulang dan gigi. Pada batita, pertumbuhan tubuh banyak dipengaruhi oleh pertumbuhan tulang. Kalsium pada susu juga berperan pada kesehatan terutama pada kerja otot tubuh. Pada satu kemasan susu cair biasanya mengandung 300 mg kalsium sehingga bisa mencukupi kebutuhan kalsium pada anak.

3. Membantu penyerapan vitamin

Beberapa vitamin tidak bisa larut dalam air, seperti vitamin A, D, E, dan K. Untuk itu membutuhkan pelarut lemak sehingga tubuh dapat menyerapnya. Susu termasuk produk yang memiliki kandungan minyak yang baik bagi pelarutan vitamin tersebut.

4. Melengkapi kebutuhan gizi anak

Susu cair selain mengandung kalsium dan lemak, juga mengandung magnesium, zink, fosfor, selenium, vitamin A, B, dan D. Jadi kamu tidak perlu khawatir anak akan kekurangan gizi.

5. Sumber energi

Produk susu untuk batita biasanya memiliki kandungan gula. Meskipun sedikit, sangat berguna sebagai sumber energi untuk anak.

6. Membantu perkembangan otak

Produk susu tentunya memiliki beragam nutrisi, seperti protein, vitamin, lemak, dan mineral. Kesemua nutrisi tersebut dapat membantu perkembangan otak anak batita.

Tips Membeli Susu Cair Anak Batita

Susu Cair Anak

Di pasaran banyak beredar jenis susu untuk anak. Ada susu bubuk, cair, susu murni, maupun kental manis. Namun kamu harus berhati-hati ketika akan membeli susu untuk anak batita. Karena kebutuhan gizi dan asupan yang bisa dicerna berbeda dengan orang dewasa.

1. Pilihlah susu rendah lemak

Untuk anak batita, sebaiknya kamu belikan susu rendah lemak. Konsumsi susu anak setiap harinya tidak bisa berlebihan. Untuk anak batita, takaran konsumsi susu per hari yang disarankan adalah 480 mL.

2. Pilihlah susu kedelai bila anak alergi

Sebelum membeli susu untuk anak batita, pastikan apakah anak memiliki alergi terhadap protein susu sapi atau tidak. Jika iya, kamu bisa memilih produk susu tanpa protein sapi. Biasanya menggunakan produk susu protein kedelai atau soya. Susu soya memiliki kandungan protein yang tinggi. Per 240 mL susu soya mengandung 6 gram protein.

3. Hindari penggunaan susu kental manis

Untuk anak batita yang sedang dalam masa pertumbuhan, susu kental manis masih kurang cukup untuk memenuhi kebutuhan gizinya. Kemenkes bahkan tidak mengkategorikan susu kental manis sebagai susu.

Sebagai nutrisi tambahan untuk anak batita, kamu bisa memberikan susu cair Morinaga Chil Go yang memiliki 5 varian rasa. Untuk nutrisi susu utama bagi anak batita, bisa menggunakan Morinaga Chil Kid. Jika anak alergi terhadap protein susu sapi, bisa menggunakan varian Chil Kid Soya.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll To Top