Now Reading
5 Trik Ciptakan Permainan Halang Rintang Seru di Rumah

5 Trik Ciptakan Permainan Halang Rintang Seru di Rumah

Halang Rintang

Trik Ciptakan Permainan Halang Rintang Seru di Rumah – Meskipun di rumah anak tetap harus aktif bermain. Aktivitas halang rintang menjadi pilihan terbaik untuk diajarkan oleh orang tua. Halang rintang adalah jenis permainan di mana anak dituntut agar bisa melewati beberapa rintangan di hadapannya.

Manfaat yang akan diperoleh bagi anak adalah melatih kesimbangan, konstenrasi, komunikasi dan yang pasti quality time bersama keluarga. Jika Anda saat ini memiliki dua balita tentu akan lebih menyenangkan lagi untuk bermain bersama.

Lalu bagaimana supaya anak Anda mau diajak bermain bersama? Ikuti triknya berikut ini.

Cara Mudah Membuat Permainan Halang Rintang di Rumah

Halang Rintang

Memiliki anak usia balita menuntut kreativitas orang tua dalam menciptakan berbagai jenis permainan. Tujuannya agar anak tak selalu bermain di luar rumah. Anda sebagai orang tua tentu juga ingin menghabiskan banyak waktu di rumah bersama anak bukan?

Permainan halang rintang bisa menjadi solusi kegiatan seru untuk dilakukan sehari-hari. Karena permainan ini tak selalu harus dilakukan di luar ruangan, tetapi juga bisa di dalam ruangan. Anda bisa memanfaatkan beberapa area rumah dan benda-benda yang sudah ada.

Bagaimana trik agar permainan halang rintang menjadi lebih asyik? Berikut ini trik yang akan membuat aktivitas bersama anak jadi lebih seru.

  • Bermain Melompati Boneka atau Kardus

Trik yang pertama adalah membuat anak untuk bisa mengasah kemampuannya melompat. Untuk menerapkan permainan ini pastikan balita Anda sudah menyelesaikan fase berjalan sehingga kaki mereka kuat untuk melompat.

Jenis halang rintang yang pertama ini sangat mudah, karena Anda bisa menggunakan kardus sepatu atau boneka. Supaya anak tidak cedera lakukan permainan ini di atas karpet atau lantai dengan yang sudah dilapisi dengan busa empuk.

Susun kotak sepatu atau boneka dan ajak mereka untuk bisa melompatinya. Supaya lebih menarik Anda bisa memberikan hadiah ketika mereka berhasil melewatinya.

  • Bermain Melewati Terowongan Selimut

Permainan selanjutnya yang juga cukup seru ini bisa juga diajarkan kepada anak balita yang sedang merangkak. Anda juga tidak perlu membeli mainan yang mahal, cukup dengan selimut yang lembut saja.

Cara bermain halang rintang cukup dengan membentangkan selimut di atas karpet. Kemudian mulailah untuk merangkak terlebih dahulu ke dalam selimut untuk mencontohkan. Baru ajak anak untuk bisa merangkak ke arah Anda melewati terowongan selimut.

Kegiatan ini sangat menarik dan bisa menjadi olahraga ringan bagi anak. Selain itu kekuatan saraf motorik anak juga akan lebih terlatih. Cara ini akan membuat anak cepat lelah dan mereka bisa tidur nyenyak nantinya.

  • Bermain Menaiki Tangga

Ada juga cara lain memainkan halang rintang yaitu menggunakan tangga. Karena menggunakan tangga sebaiknya pastikan bahwa usia si kecil sudah tepat untuk bisa naik tangga sendiri. Jika tidak Anda perlu mengawasi dan mengikutinya agar mereka tidak jatuh.

Cara bermainnya adalah dengan meletakkan mainan secara acak di tangga. Kemudian mintalah anak untuk mengambil mainannya satu per satu dan memasukkannya ke keranjang. Supaya lebih menarik Anda bisa memberikan hadiah jika mereka berhasil menyelesaikan misi.

  • Bermain Melewati Terowongan Meja

Selimut menjadi alat bermain halang rintang yang cocok balita baru merangkak. Ada jenis terowongan lain yang bisa Anda buat untuk balita yang sudah bisa berjalan. Cukup dengan mengatur meja yang memiliki ukuran berbeda-beda dan urutkan sejajar.

Ajak anak agar mau melewati terowongan meja sambil merangkak. Dengan cara ini Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk membeli mainan seperti playground indoor. Namun tetap hati-hati supaya kepala anak tidak mengenai meja yang cukup keras.

  • Bermain Melewati Tali

Terakhir yang cukup menarik adalah permainan dengan tali. Anda bisa merangkai tali di dalam sebuah ruangan secara acak. Kaitkan tali dari satu dinding ke dinding yang berlawanan sehingga menciptakan rintangan.

Selain tali Anda juga bisa menggunakan kertas krep yang mudah robek sehingga anak yang melewatinya nanti akan lebih berhati-hati. Permainan ini akan melatih konsentrasinya mencari jalan keluar dari rintangan tali yang Anda buat.

Sudahkah Anda mencoba kelima jenis halang rintang ini di rumah? Semuanya sangat mudah untuk dipraktekan. Yang pasti akan membuat hari-hari bermain bersama anak di rumah menjadi lebih seru.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll To Top