Now Reading
Hati-Hati, Ini 4 Penyakit yang Disebabkan oleh Virus

Hati-Hati, Ini 4 Penyakit yang Disebabkan oleh Virus

Penyakit yang Disebabkan oleh Virus

Penyakit yang menginfeksi manusia bisa disebabkan berbagai macam hal, salah satunya virus. Penyakit yang berasal virus berbeda dengan penyakit karena infeksi bakteri atau penyebab lainnya. Virus berukuran lebih kecil dari bakteri dan bisa mengambil alih sistem sel saat menyerang tubuh.Ada beragam penyakit yang disebabkan oleh virus, baik yang bersifat ringan maupun serius yang membutuhkan perawatan dokter.

Penyakit yang Disebabkan oleh Virus

Umumnya, penyakit karena virus bisa memiliki gejala yang hampir mirip dengan penyakit karena bakteri. Meski kadang bisa sembuh sendiri jika sistem kekebalan tubuh kuat, beberapa penyakit perlu diobati dengan antivirus. Lalu, apa saja penyakit yang disebabkan karena virus?

1. Cacar air

Cacar air adalah penyakit yang disebabkan oleh virus. Meski cacar air sering dialami anak-anak, tidak menutup kemungkinan cacar air juga terjadi terhadap orang dewasa. Penyakit ini akibat dari virus varicella-zoster yang mudah menyebar dengan perantara manusia. Gejala yang paling umum dari penyakit cacar air adalah ruam dan gatal. Gejala ini bisa menyebar ke seluruh tubuh mulai dari wajah, punggung, dada dan bagian lainnya.

2. Hepatitis viral

Hepatitis viral disebabkan oleh virus hepatitis A, B, atau C. Virus ini khusus menyerang hati dan biasa menyebar lewat makanan dan minuman yang sudah terkontaminasi virus hepatitis. Cairan tubuh, seperti sperma dan darah penderita yang telah terinfeksi juga bisa menyebarkan virus ini. Ada juga jenis hepatitis akut yang bisa disebabkan virus lain, seperti SARS-CoV-2 ataupun adenovirus. Hepatitis viral punya gejala yang beragam. Bahkan ada juga penderita yang gejalanya tidak terlihat selama bertahun-tahun. Diagnosis yang tepat bisa didapatkan setelah tes darah.

3. Rubella

Penyakit yang satu ini jika dialami ibu hamil maka sangat berbahaya untuk janin. Sebab, penyakit ini bisa menyebabkan cacat bawaan atau keguguran pada janin. Gejala dari penyakit rubella atau campak Jerman ini biasanya ditandai dengan demam ringan hingga ruam di wajah dan menyebar ke seluruh bagian tubuh. Meski sebenarnya sistem kekebalan tubuh bisa melawan virus, namun virus ini bisa berkembang dengan cepat dan tidak mampu diatasi oleh sistem kekebalan tubuh.

4. Pilek dan Flu

Pilek merupakan infeksi virus yang ditandai dengan berbagai gejala. Mulai dari sakit tenggorokan, bersin, batuk dan hidung tersumbat. Pilek biasanya sering menyerang anak-anak. Sementara flu gejalanya lebih serius dari pilek. Yaitu sakit kepala, demam, nyeri otot, meriang, kelelahan, mual,dan muntah yang tentunya sangat mengganggu aktifitas. Virus flu lebih mudah menyebar di musim hujan dan iklim yang lembap.

Itulah 4 penyakit yang disebabkan oleh virus yang perlu kamu tahu. Selain penyakit yang disebutkan di atas, masih banyak penyakit lain karena infeksi virus, seperti polio, Ebola, rotavirus, rabies, HIV dan lainnya. Penanganan dari masing-masing penyakit itu juga berbeda-beda tergantung dari jenis virus yang menginfeksi. Agar kesehatan kamu selalu terproteksi, kamu bisa menggunakan asuransi kesehatan yang bisa memberikan banyak manfaat mulai dari rawat inap, rawat jalan, konsultasi dokter dan masih banyak lagi.

Sebaiknya, jangan tunggu sakit dulu baru mendaftar produk asuransi. Pilihlah asuransi kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan kamu mulai dari sekarang. Jika kamu ingin manfaat asuransi kesehatan yang lengkap, Asuransi Kesehatan dari Danamon bisa dijadikan pilihan. Ada Proteksi Prima Sehat Global yang memberikan penggantian untuk rawat inap sesuai dengan tagihan di semua rumah sakit di seluruh dunia bahkan hingga usia mencapai 80 tahun.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll To Top