Now Reading
Inilah Pentingnya Keluarga Harus Memiliki Asuransi Kesehatan

Inilah Pentingnya Keluarga Harus Memiliki Asuransi Kesehatan

pentingnya asuransi kesehatan untuk keluarga

Kesehatan merupakan tantangan yang harus dijaga oleh semua kalangan masyarakat agar bisa menunjang produktivitas sehari-hari. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang, Anda wajib memiliki asuransi sebagai langkah pencegahan jika sewaktu-waktu terjadi masalah yang tidak diinginkan terkait kondisi tubuh Anda dan keluarga.

Dengan demikian, inilah saat yang tepat untuk mulai menjaga kesehatan Anda dan keluarga menggunakan asuransi. Namun sebelum itu, sebaiknya simak ulasan lengkap yang akan kami bahas pada kesempatan kali ini tentang serba serbi asuransi yang wajib Anda ketahui. Penasaran apa saja informasinya? Let’s check this out!

Apa Itu Asuransi?

Apa itu Asuransi dan Apa Saja Jenis-jenisnya

Kata asuransi memang sudah tidak asing lagi ditelinga masyarakat Indonesia dan dunia. Namun tidak sedikit pula yang belum mengetahui arti asuransi hingga fungsi asuransi. Meskipun demikian Anda tidak perlu khawatir karena berikut ini kami akan menjelaskan informasinya untuk Anda.

Nah jadi, asuransi secara garis besar merupakan bentuk perjanjian antara dua pihak yaitu penanggung dan tertanggung. Dalam perjanjian ini, pihak tertanggung harus membayar sebuah iuran kepada penanggung guna mendapatkan bentuk ganti rugi atas risiko finansial yang bisa saja terjadi secara tidak terduga.

Dalam prakteknya pihak penanggung ini merupakan perusahaan atau agen asuransi, sedangkan pihak tertanggung adalah nasabah. Tidak hanya itu, asuransi juga memiliki sejumlah unsur utama dalam penggunaannya, antara lain:

  • Premi asuransi

Unsur asuransi yang pertama ini adalah iuran atau biaya yang harus dibayarkan oleh pihak nasabah dalam jangka waktu yang telah disepakati. Umumnya premi asuransi dibayarkan selama bulanan, semesteran, atau ada juga yang tahunan.

  • Polis Asuransi

Berbeda dari unsur yang pertama, polis asuransi adalah sebuah dokumen sah yang berisi tentang perjanjian asuransi bagi nasabah yang memiliki asuransi. Isinya dapat berupa  besaran premi, nilai manfaat, risiko yang akan ditanggung, hingga risiko yang tidak ditanggung pihak pihak asuransi.

  • Klaim Asuransi

Untuk unsur asuransi yang satu ini merupakan proses pengajuan resmi kepada pihak agen saat nasabah mengalami risiko yang dapat ditanggung oleh polis asuransi.  Jika klaim yang nasabah ajukan sesuai dengan ketentuan yang tertera maka pihak perusahaan asuransi akan memberikan sejumlah ganti rugi sesuai dengan yang dialami oleh nasabah.

Asuransi sendiri memiliki fungsi dan peran yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Fungsi dari contoh asuransi ini untuk membantu Anda mengatasi risiko masalah yang tidak terduga. Meskipun asuransi ini tidak menjamin risiko tersebut bisa hilang atau sembuh seperti semula, tetapi setidaknya Anda dapat meminimalisirkan kerugian finansial yang diakibatkan karena risiko tersebut.

Sehingga dalam penggunaannya, Anda harus tahu bahwa fungsi asuransi bukanlah untuk mengembalikan kerugian yang terjadi. Namun berfokus pada perlindungan atas risiko yang tidak bisa diprediksi kedepannya. Secara tidak langsung, asuransi ini digunakan untuk mempersiapkan hal-hal yang tidak bisa disiapkan, baik itu terkait kecelakaan, kehilangan, hingga risiko jatuh sakit.

Nah jika Anda hendak memiliki asuransi untuk menunjang risiko keselamatan di masa depan, yuk simak informasi selanjutnya ini tentang jenis asuransi yang tidak boleh Anda lewatkan.

Jenis-Jenis Asuransi

Untuk melindungi diri sendiri dan keluarga dari hal-hal yang tidak diinginkan, Anda wajib memiliki asuransi. Dan tentunya asuransi ini memiliki jenis yang berbeda, yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan pribadi. Namun selanjutnya ini kami akan membahas tentang jenis asuransi yang paling umum digunakan.

Asuransi Kesehatan

Seperti yang kita ketahui bahwa kesehatan memiliki risiko yang paling besar akan terkena penyakit. Semakin parah penyakit yang diderita maka akan semakin besar pula biaya perawatan yang harus dikeluarkan. Untuk mencegah hal tersebut Anda bisa menggunakan asuransi kesehatan untuk rawat inap, rawat jalan, hingga asuransi kesehatan lainnya dengan santunan harian.

Asuransi Jiwa

Tidak hanya kesehatan fisik yang perlu dijaga, kondisi jiwa juga tidak boleh dilewatkan. Jenis asuransi yang satu ini umumnya digunakan untuk melindungi adanya risiko meninggal dunia bagi pencari nafkah utama dalam sebuah keluarga.

Asuransi Pendidikan

Berbeda dari jenis asuransi lainnya, asuransi pendidikan ini digunakan untuk biaya pendidikan. Bukan hal aneh lagi jika biaya pendidikan semakin hari kian mahal, sehingga diperlukan asuransi pendidikan untuk melindungi biaya yang harus dikeluarkan nasabah yang memiliki asuransi.

Asuransi Rumah

Rumah atau hunian merupakan kebutuhan primer yang harus dijaga dengan baik. Dan dengan adanya asuransi rumah ini  Anda bisa menjamin kerusakan pada bangunan yang bisa saja terjadi secara tiba-tiba, baik itu adanya kebakaran, hingga pencolongan yang marak terjadi.

Asuransi Kecelakaan

Sejenis dengan asuransi kesehatan, asuransi kecelakaan digunakan untuk melindungi diri dari risiko finansial yang terjadi akibat kecelakaan. Misalnya jika sewaktu-waktu Anda mengalami kecelakaan dan membutuhkan biaya medis untuk perawatan, maka Anda bisa menggunakan asuransi kecelakaan ini.

Asuransi Perjalanan

Mungkin banyak masyarakat yang belum tahu adanya jenis asuransi yang satu ini. Padahal kegunaannya sangat penting jika Anda hendak bepergian. Umumnya jenis asuransi yang satu ini digunakan bersamaan dengan pembelian tiket kendaraan seperti kapal, kereta, hingga pesawat. Asuransi perjalanan ini digunakan untuk proteksi keterlambatan atau kerusakan pada bagasi.

Dalam memiliki asuransi tentunya harus disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan Anda bersama keluarga. Namun asuransi kesehatan merupakan jenis asuransi yang paling penting dimiliki agar nantinya Anda memiliki jaminan jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Pasalnya asuransi kesehatan ini erat kaitannya dengan risiko penyakit yang bisa diderita di kemudian hari. Namun sebelum Anda menggunakan asuransi kesehatan, alangkah baiknya simak ulasan selanjutnya ini tentang tips memilih asuransi kesehatan terbaik.

Tips Memilih Asuransi Kesehatan

Tips Memilih Asuransi Kesehatan

Pola hidup yang tidak sehat bisa meningkatkan risiko terjadinya masalah kesehatan di kemudian hari. Meskipun begitu, Anda bisa mencegah hal ini dengan menggunakan asuransi kesehatan yang nantinya dapat melindungi risiko finansial akibat adanya masalah kesehatan yang diderita.

Namun dalam penggunaannya, diperlukan banyak hal yang harus diperhatikan. Nah untuk membantu Anda menemukan asuransi kesehatan yang aman digunakan, mari simak ulasan selanjutnya ini.

1. Cari Tahu Kredibilitas Perusahaan

Tips pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan mencari tahu bagaimana kredibilitas agen asuransi tersebut. Hal ini sangat penting untuk dilakukan agar Anda terhindar dari kerugian yang bisa saja terjadi. Pastikan perusahaan tersebut menyediakan produk dengan reputasi yang baik di kalangan nasabah yang memiliki asuransi lainnya.

2. Jaringan Rumah Sakit Luas

Asuransi kesehatan ini berkaitan dengan rumah sakit, maka Anda juga harus mencari tahu bagaimana jaringan lembaga kesehatan yang terhubung dengan perusahaan asuransi tersebut. Semakin luas jaringan yang dimiliki, maka akan semakin besar pula kesempatan Anda untuk melakukan perawatan di rumah sakit terbaik dengan fasilitas yang lengkap pula.

3. Proses Klaim Mudah

Sebelum memiliki asuransi, pastinya Anda akan melalui proses klaim. Prosedur klaim yang mudah menjadi salah satu faktor yang wajib Anda pertimbangkan jika hendak menggunakan asuransi kesehatan. Jika tidak hal ini akan membuat sulit untuk Anda sebagai nasabah nantinya.

4. Masa Tunggu Penyakit

Biasanya pihak perusahaan asuransi akan memberikan masa tunggu dan untuk beberapa jenis penyakit tidak dapat diklaim jika masa tunggu ini belum berakhir. Dengan demikian, tanyakanlah ke pihak agen asuransi terkait penyakit apa saja yang memiliki masa tunggu dan berapa lama masa tunggunya agar Anda bisa lebih mudah melakukan klaim nantinya.

5. Prioritaskan Rawat Inap

Biaya asuransi kesehatan yang akan dijamin berupa biaya rawat inap dan jalan. Namun sebaiknya fokuskan asuransi untuk  menanggung biaya rawat inap karena budgetnya lebih besar. Dan untuk rawat jalan Anda bisa mengambilnya sebagai tambahan.

Nah itulah 5 tips memilih asuransi kesehatan yang wajib Anda lakukan agar mendapatkan asuransi kesehatan terbaik. Jika Anda masih ragu kenapa harus menggunakan asuransi kesehatan untuk keluarga, kami juga akan memberikan jawabannya untuk Anda agar lebih meyakinkan.

Alasan Kenapa Keluarga Harus Memiliki Asuransi Kesehatan

Alasan Kenapa Keluarga Harus Memiliki Asuransi Kesehatan

Agar lebih meyakinkan Anda untuk bergabung memiliki asuransi kesehatan, mari simak ulasan berikut ini tentang pentingnya keluarga harus memiliki asuransi kesehatan

1. Adanya Akses ke Banyak Rumah Sakit

Alasan pertama kenapa Anda dan keluarga harus memiliki asuransi kesehatan adalah karena biasanya agen asuransi memiliki koneksi atau jaringan yang akan terhubung dengan banyak rumah sakit ternama. Hal ini tentunya memudahkan Anda untuk dapat melakukan perawatan di rumah sakit yang berkualitas dengan fasilitas yang lengkap.

2. Adanya Santunan Tunai

Selain terhubung dengan banyak rumah sakit, asuransi kesehatan juga ternyata menyediakan santunan tunai yang diberikan selama nasabah melakukan perawatan di rumah sakit. Santunan yang diberikan ini akan bermanfaat untuk keluarga pasien dan digunakan untuk mengganti biaya transportasi hingga biaya inap keluarga. Menarik bukan?

3. Memberikan Perlindungan Untuk Keluarga

Meskipun memiliki asuransi kesehatan tidak menjamin uang akan kembali 100 persen. Namun dengan adanya asuransi ini dapat menjamin perlindungan untuk keluarga Anda jika ada masalah kesehatan yang menghampiri.

4. Terhindar Dari Hutang

Jika suatu saat Anda mengalami masalah kesehatan yang parah, maka Anda tidak perlu khawatir lagi jika tidak memiliki uang. Pasalnya semua biaya akan ditanggung oleh pihak asuransi kesehatan hingga Anda pulih. Bahkan tidak jarang pihak asuransi yang merekomendasikan rumah sakit terbaik untuk Anda.

5. Hidup Lebih Tenang

Manfaat yang paling penting adalah hidup menjadi tenang. Bukan tanpa alasan, saat Anda memiliki asuransi kesehatan hal ini dapat membuat Anda lebih tenang karena tidak perlu memikirkan masalah kesehatan untuk kedepannya. Anda hanya perlu membayar premi asuransi secara rutin dan jika ada masalah kesehatan pihak asuransi akan mengurusnya.

Nah setelah mengetahui bagaimana pentingnya memiliki asuransi kesehatan, apakah kini Anda sudah yakin? Kami menyarankan untuk menggunakan Lifepal sebagai agen asuransi terbaik di Indonesia. Lifepal siap untuk melindungi Anda dan keluarga dari segala risiko finansial akibat masalah kesehatan yang menimpa. Namun kenapa harus Lifepal?

Kelebihan Menggunakan Asuransi Lifepal

Kelebihan Menggunakan Asuransi Lifepal

Tidak hanya memberikan perlindungan untuk Anda dan keluarga. Lifepal juga memberikan manfaat lainnya untuk Anda. Dengang demikian, mari simak informasi di bawah ini tentang kelebihan mneggunaan #asuransilifepal.

1. Diskon Menarik

Tahukah Anda bahwa Lifepal selalu memberikan harga terbaik untuk Anda dibandingkan dengan agen asuransi lainnya. Hal inilah yang membuat Lifepal tidak pernah sepi nasabah dan terus menyediakan diskon menarik. Bahkan tidak jarang Lifepal ini memberikan layanan gratis untuk setiap pembelian produk asuransi.

2. Ratusan Pilihan Asuransi

Lifepal juga menyediakan polis terbaik dengan lebih dari 50+ rekan asuransi yang terpercaya. Disini Anda bisa mengajukan asuransi mobil, kesehatan, jiwa, perjalanan, kesehatan syariah, hingga asuransi karyawan dengan mudah.

3. Proses Mudah dan Praktis

Tidak hanya itu, saat mengajukan asuransi di Lifepal semua prosesnya mudah dan praktis. Semua urusan terkait asuransi akan diurus sepenuhnya oleh pihak Lifepal sehingga Anda hanya tinggal duduk manis menunggu.

Nah itulah informasi lengkap tentang alasan kenapa harus memiliki asuransi kesehatan. Yuk segera kunjungi website resmi Lifepal dan nikmati layanan yang diberikan untuk melindungi Anda dan keluarga. Bagaimana menurut Anda?

 

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll To Top