Now Reading
Pentingnya Asupan Nutrisi Ibu Hamil dan Cara Meminimalkan Rasa Mual

Pentingnya Asupan Nutrisi Ibu Hamil dan Cara Meminimalkan Rasa Mual

Nutrisi Ibu Hamil

Ada beragam merek susu hamil di pasaran. Nah, salah satu rekomendasi yang dapat Anda coba ialah susu Anmum. Mengapa Anmum? Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Kehamilan merupakan momen yang ditunggu sebagian besar pasangan yang sudah menikah. Saat test pack menunjukkan hasil positif, setiap ibu hamil pasti ingin memberikan semua nutrisi ibu hamil yang dibutuhkan janin di dalam kandungan.

Daftar Nutrisi Ibu Hamil yang Wajib Dikonsumsi

Nutrisi Ibu Hamil

Keluhan hamil yang dirasakan setiap perempuan tidak sama. Ada yang selalu mual di trimester pertama, namun ada juga yang tidak. Bahkan banyak ibu hamil yang bisa tiba-tiba muntah pada makanan yang terlihat biasa saja, seperti nasi atau bawang goreng.

Ketika ibu hamil tidak selera makan dan merasa mual, mereka tetap harus mengkonsumsi makanan demi perkembangan janin di dalam kandungan. Simak daftar nutrisi yang wajib didapatkan ibu hamil beserta trik mengkonsumsinya saat rasa mual melanda.

  • Asam Folat

Asupan asam folat penting untuk membantu menurunkan bahkan mencegah risiko kerusakan tabung saraf. Otak janin terbentuk di hari ke-27 semenjak pembuahan. Hal ini menandakan bahwa asupan asam folat penting semenjak ibu mempersiapkan kehamilan.

Sumber asam folat pada makanan, terdapat pada sayuran hijau. Kebutuhan akan asam folat pada ibu hamil ialah 400 mikrogram. Nah, karena asupan sayur hijau saja tidak sanggup mencukupi kebutuhan, ibu hamil bisa mendapatkannya dari sumber lain baik suplemen dari dokter kandungan atau susu hamil.

  • Zat Besi

Zat besi merupakan nutrisi ibu hamil yang tak boleh diabaikan. Zat besi memberi manfaat bagi ibu hamil maupun janin yang dikandungnya. Bagi ibu hamil, kebutuhan zat besi yang harus tercukupi yaitu 27 mg per hari akan memperkuat daya tahan tubuh sehingga ibu hamil tak mudah sakit karena produksi hemoglobin dalam darah yang meningkat.

Selain itu, zat besi juga akan menghindarkan ibu dari anemia, kekurangan darah saat melahirkan dan menjaga stamina ibu hamil tetap bugar. Bagi janin, manfaat zat besi dapat memaksimalkan tumbuh kembangnya. Hal ini karena saat kebutuhan akan zat besi tercukupi membuat pasokan oksigen dan nutrisi lancar sehingga akan mengoptimalkan perkembangan saraf dan otak bayi.

  • Protein

Protein menjadi nutrisi lain yang dibutuhkan ibu hamil karena protein berperan penting dalam tumbuh kembang setiap bagian tubuh janin yang ada di dalam kandungan. Ibu hamil sendiri membutuhkan protein sekitar 70 gram per hari. Ada banyak sumber protein yang dapat ibu hamil konsumsi seperti ayam, ikan, daging merah tanpa lemak dan telur.

Namun, jika ibu hamil adalah seorang vegetarian, bumil bisa mendapat asupan protein dari sumber nabati seperti tahu, tempe, kedelai, kacang tanah dan sebagainya. Selain beberapa nutrisi tersebut, penuhi juga kebutuhan akan vitamin dan mineral lainnya seperti kalsium, vitamin C, DHA dan lainnya.

Anmun, Susu Nutrisi Ibu Hamil yang Praktis dan Lezat

Keluhan mual yang dirasakan ibu hamil tentu berpengaruh terhadap selera makannya. Oleh sebab itu, penting bagi ibu hamil untuk memilih asupan nutrisi dengan rasa lezat dan menggugah selera. Anmum merupakan susu nutrisi ibu hamil yang dapat Anda konsumsi untuk membantu memenuhi kebutuhan gizi harian.

Anmum memiliki beragam varian seperti Anmum Materna, susu dengan 3 varian rasa yang lezat, strawberry, vanilla dan coklat untuk memenuhi kebutuhan asam folat pada ibu yang merencanakan dan menjalani masa kehamilan.

Anmum Emesa, susu nutrisi ibu hamil dengan keluhan mual-mual. Terdapat pilihan rasa coklat nikmat yang mengandung asam folat serta protein yang bantu atasi rasa mual ibu hamil. Sedangkan saat menyusui nanti, ibu dapat memilih Anmum Lacta sebagai tambahan nutrisi untuk meningkatkan produksi ASI.

Sementara sumber makanan utama dapat Anda konsumsi sedikit namun sering untuk menghindari keinginan muntah. Selain itu, penting untuk lebih memperhatikan kualitas dibanding kuantitas makanan. Anda bisa membuat smoothies atau es krim yang kaya manfaat namun praktis.

Itulah beberapa nutrisi ibu hamil yang wajib dipenuhi agar pertumbuhan dan perkembangan janin optimal, serta ibu dapat menjalani kehamilannya dengan bugar dan tidak lemas karena nutrisi yang terpenuhi.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll To Top