Now Reading
7 Cara Terbaik Merawat Rambut yang Sering Dicatok

7 Cara Terbaik Merawat Rambut yang Sering Dicatok

Merawat Rambut yang Sering Dicatok

Walaupun berpotensi membuat rambut menjadi kering dan rusak, namun ternyata masih banyak orang yang mengaku tidak bisa hidup tanpa catokan rambut, baik itu pria maupun wanita. Bagi sebagian orang mencatok rambut sudah menjadi rutinitas sehari-hari untuk mendapatkan tampilan rambut yang lurus atau keriting.

Memang dengan mencatok rambut dapat membuat rambut menjadi lebih indah dan bergaya seperti yang kita inginkan, namun penggunaan catok yang terlalu sering juga dapat berdampak buruk bagi kesehatan rambut loh!

Cara Merawat Rambut yang Sering Dicatok

Merawat Rambut yang Sering Dicatok

Rambut yang sering dicatok tanpa memperhatikan beberapa hal penting akan dapat merusak rambut, membuat rambut menjadi bercabang, pecah-pecah, bahkan mengalami kerontokan. Oleh karena itu, sebelum dan ketika sedang melakukan catok rambut, kamu harus memperhatikan beberapa hal penting untuk tetap menjaga kesehatan rambutmu. Begini cara merawat rambut yang sering dicatok!

1. Keramas dengan baik dan benar

Umumnya kebanyakan orang akan melakukan keramas secara rutin sehari sekali bahkan ada yang sampai dua kali atau lebih. Sebenarnya itu kurang bagus untuk kondisi kulit kepala bila terlalu sering melakukan keramas. Kulit kepala akan terasa gatal dan bahkan bisa muncul ketombe.

Ahli pakar rambut mengatakan idealnya rambut itu dikeramas selama 2 hari sekali, namun memang ada beberapa kondisi di mana orang yang memiliki rambut berminyak yang berlebihan disarankan untuk keramas setiap hari. Jadi intinya keramas untuk setiap orang itu berbeda sesuai dengan kondisi rambutnya masing-masing.

Untuk merawat rambut yang sering dicatok, jangan lupa untuk menggunakan sampo yang sesuai dengan jenis kulit kepala dan rambutmu. Kamu juga bisa mengkombinasikannya dengan penggunaan conditioner agar kesehatan rambut menjadi lebih terjaga. Untuk seminggu sekali, cobalah untuk menggunakan masker rambut (hair mask).

2. Gunakan vitamin untuk rambut yang dicatok

Cara merawat rambut yang sering dicatok yang kedua adalah dengan menggunakan vitamin rambut. Untuk mencegah efek buruk dari penggunaan alat catok yang terlalu sering, cobalah untuk menggunakan vitamin rambut. Vitamin rambut harus digunakan sebelum penggunaan alat catok. Aplikasikan pada rambut yang setengah kering agar vitamin bekerja lebih maksimal. Untuk referensi vitamin rambut yang cocok untuk rambut yang dicatok, kamu bisa membacanya disini: 7 rekomendasi vitamin untuk rambut yang dicatok.

Menggunakan vitamin rambut sebelum mencatok rambut, berfungsi untuk menutrisi, melembutkan, dan menguatkan batang rambut. Dengan begitu rambut akan lebih terjaga kesehatannya.

3. Sisir rambut terlebih dahulu

Banyak juga yang menyepelekan hal yang satu ini. Sebenarnya, setelah mengaplikasikan vitamin rambut kamu harus menyisir rambut tersebut terlebih dulu. Selain untuk meratakan vitamin rambut yang kamu pakai, juga berfungsi agar rambut tidak dalam keadaan kusut sehingga lebih mudah dicatok.

Kalau kamu menyatok rambut dalam keadaan kusut, akibatnya bisa membuat rambutmu patah-patah dan berakhir dengan kerontokan loh! Jadi hati-hati ya, sebelum catok harus sisiran dulu.

4. Pilih alat catok rambut yang berkualitas

Tidak sedikit alat catok rambut abal-abal yang beredar di pasaran. Nah, kamu harus menghindari alat catok abal-abal tersebut dan beralih ke alat catok rambut yang berkualitas. Mark Goodman, seorang pendiri The Hair Designers di South Carolina menyarankan agar kita menggunakan alat catok rambut yang memiliki pengatur suhu agar rambut tidak rontok, selain itu pilih yang berbahan keramik untuk hasil akhir rambut yang halus.

5. Sesuaikan panas alat catok dengan ketebalan rambutmu

Satu cara merawat rambut yang sering dicatok yang nggak boleh kamu abaikan adalah dengan berhati-hati saat hendak mencatok. Jika kita memiliki rambut yang tipis, gunakanlah suhu catok yang rendah. Namun bukan berarti jika kamu berambut tebal bisa menggunakan suhu yang maksimal ya. Jika rambut kita tebal gunakanlah suhu catok yang medium, dan sebisa mungkin untuk menghindari suhu catok rambut yang terlalu tinggi (maksimal).

6. Jangan terlalu lama menggunakan catok

Apakah kamu berpikir dengan mendiamkan catok pada rambut dengan durasi waktu yang lama dapat membuat bentuknya awet? Kalau iya maka kamu salah besar! Melakukan hal tersebut dapat membuat rambutmu benar-benar rusak karena overheat. Rambutmu akan menjadi rapuh dan mudah patah.

Untuk mencatok rambut dengan benar, gunakan durasi waktu sekitar 3-4 detik saja perbagiannya. Dengan begitu kamu akan lebih meminimalisir kerusakan rambut akibat panas dari catokan.

7. Hindari mencatok rambut yang masih basah

Kamu tahu gak sih? Sebenarnya, mencatok rambut yang masih basah itu akan sangat menyiksa rambutmu. Suhu panas dari pelat catokan yang menempel dengan rambutmu yang masih basah, akan mengeluarkan asap panas dan membuat rambutmu berbau gosong.

Ini merupakan kebiasaan jelek yang harus kamu hindari, karena bisa membuat rambut menjadi kering dan mudah patah. Selain itu rambut akan berbau tidak enak, pastinya akan mengurangi kepercayaan diri kamu untuk berbaur.

Sebaiknya, catok rambut dalam keadaan yang kering setelah menggunakan vitamin atau heat protection. Mulai sekarang, jangan terlalu terburu-buru saat ingin mencatok rambut jika tidak ingin rambut kamu rusak ya!

Nah, itulah beberapa cara untuk merawat rambut yang sering dicatok dengan baik dan benar. Semoga tips tersebut dapat membuat rambutmu menjadi lebih terjaga dan terawat dari alat-alat styling rambut yang kamu miliki. Jangan lupa untuk membagikan postingan ini kepada teman-teman kamu dan tinggalkan jejak komentar di bawah ya! Sampai jumpa di postingan berikutnya.

View Comments (2)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll To Top