Now Reading
Sering Mengalami Kaki Kram? Kenali Penyebab Dan Cara Mengatasinya

Sering Mengalami Kaki Kram? Kenali Penyebab Dan Cara Mengatasinya

mengalami kaki kram

Kaki kram adalah gangguan kesehatan yang sering terjadi secara tiba-tiba. Meskipun hanya terjadi selama beberapa saat, namun tak bisa dipungkiri kondisi ini cukup mengganggu, dan mampu membuat Anda kesakitan. Mengapa demikian? Sebab ketika mengalami kaki kram, akan terjadi peregangan atau kontraksi cukup kuat, yang ditandai dengan mengerasnya otot pada kaki Anda.

Penyebab Kaki Kram

mengalami kaki kram

Kaki kram sebenarnya bukan gangguan kesehatan yang tergolong berat. Namun demikian Anda tetap wajib mengetahui, apa penyebab dari kaki kram tersebut.

  • Kekurangan Cairan

Ketika Anda kurang mengonsumsi cairan, maka ujung saraf akan lebih mudah meregang. Saraf motorik menjadi tertekan, dan akibatnya kaki mudah kram.

  • Cedera Dan Kelelahan

Aktivitas berat ataupun olahraga berlebihan mengakibatkan bagian tubuh mudah lelah. Apalagi jika mengalami cedera pada bagian tubuh tertentu, dan melakukan olahraga pada saat cuaca panas. Alhasil Anda akan semakin mudah mengalami kaki kram ini.

  • Perubahan Posisi Tubuh

Terlalu lama duduk atau berdiri pastinya membuat tubuh Anda kelelahan. Dan jika Anda langsung melakukan perubahan posisi tubuh, maka saat itulah gangguan kesehatan kram rentan terjadi.

  • Kekurangan Zat Mineral

Kram kaki juga sering menyerang tubuh seseorang, yang kekurangan zat mineral seperti magnesium, potasium, natrium, kalium dan kalsium. Padahal mineral-mineral tersebut sangat bermanfaat untuk kesehatan otot.

  • Kondisi Hamil

Ibu hamil yang sudah memasuki fase trimester akhir akan rentan terkena kram kaki. Sebab biasanya di fase ini, ibu hamil sering kekurangan mineral. Ditambah dengan kondisi kandungan yang semakin membesar, berpotensi memberikan tekanan berlebih pada kaki.

  • Kelebihan Obat-obatan

Terlalu banyak mengonsumsi obat-obatan kimia, dapat mengakibatkan kaki kram. Hal ini dikarenakan ada beberapa kandungan kimia dalam obat-obatan tersebut, yang memiliki efek samping menimbulkan kram kaki.

  • Kondisi Kesehatan Tertentu

Seseorang yang memiliki riwayat penyakit berat, akan lebih mudah terkena kram kaki. Seperti penyakit hipertensi, gagal ginjal, diabetes, pengapuran sendi dan banyak penyakit berat lainnya.

  • Aliran Darah Tidak Lancar

Aliran darah yang tidak lancar akibat penyempitan pembuluh darah, juga menyebabkan kaki Anda mudah kram. Aliran darah menuju kaki akan tersumbat yang menjadi penyebab kram kaki.

Cara Mengatasi Kaki Kram

Setelah mengetahui penyebabnya, lantas bagaimana cara efektif mengatasi gangguan kesehatan kaki kram ini?

  • Perbanyak Konsumsi Air Putih

Salah satu penyebab kaki kram adalah kekurangan cairan dalam tubuh. Maka untuk meminimalisirnya, Anda harus cukup mengonsumsi air putih. Air putih terbukti mampu melancarkan peredaran darah, dan melemaskan otot-otot kaku pada tubuh.

  • Istirahat Dan Lakukan Peregangan

Saat Anda merasa lelah beraktivitas atau berolahraga berat, maka ada baiknya beristirahat, untuk memulihkan kembali tenaga dan otot-otot yang meregang. Hindari memaksakan diri dengan melanjutkan aktivitas, sebab pastinya akan membuat tubuh semakin lelah.

  • Kompres Air Hangat Dan Pijat

Meregangnya otot dapat diredakan dengan memijat perlahan pada bagian yang sakit. Selain itu dapat diredakan pula dengan mengompres kaki menggunakan air panas. Sehingga peregangan otot kaki semakin berkurang dan kembali pulih.

  • Cukupi Kebutuhan Mineral Tubuh

Penyebab kram kaki juga disebabkan kekurangan mineral dalam tubuh. Maka wajib untuk mencukupi kebutuhan asupan mineral, yang bisa didapatkan dari sayuran, buah, kacang-kacangan dan biji-bijian.

  • Konsumsi Obat Atau Suplemen Pengurang Rasa Sakit

Jika Anda sering mengalami kaki kram, maka mengonsumsi obat atau suplemen rasa sakit dapat menjadi solusinya. Tentunya harus melalui tahap berkonsultasi dengan dokter, tetap memperhatikan petunjuk penggunaan, serta tidak berlebihan dalam mengonsumsinya.

Gangguan kesehatan pada tubuh manusia dapat terjadi kapan saja. Entah dalam taraf ringan seperti mengalami kaki kram atau juga berat. Sehingga wajib bagi setiap orang untuk tetap menjaga kesehatan dengan sebaik-baiknya. Sebab kesehatan merupakan harta yang tak ternilai harganya. Yuk, hidup sehat mulai sekarang.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll To Top