Now Reading
5 Stimulasi Melatih Anak Cepat Berjalan

5 Stimulasi Melatih Anak Cepat Berjalan

5 Stimulasi Melatih Anak Cepat Berjalan

Memiliki anak menjadi dambaan pasangan suami istri, apalagi jika ladies memiliki balita yang beranjak berjalan. Perasaaan moms pasti campur aduk antara was-was, senang dan khawatir. Sejatinya, banyak stimulasi melatih anak cepat berjalan sendiri. Pastikan moms menemani buah hati berlatih berjalan ya agar menikmati prosesnya.

Stimulasi Melatih Anak Berjalan

Mengamati anak berlatih berjalan, dibutuhkan kerjasama ayah dan bunda agar buah hati semangat berjalan. Tak perlu memaksakan anak bisa melangkah sendiri, yang penting moms rutin latih anak berlatih setiap hari. Bahkan bisa loh, moms kasih vitamin agar anak cepat jalan jika usianya sudah menginjak 2 tahun. Berikut ada 5 stimulasi melatih anak berjalan, antara lain:

5 Stimulasi Melatih Anak Cepat Berjalan

1. Meletakkan Perabotan yang Kokoh

Proses bayi berlatih berjalan di usia 5 sampai 15 bulan, dimulai dari belajar menggapai perabotan dengan posisi tengkurap, lalu fase anak belajar merangkak, duduk, kemudian berjalan. Bahkan ia berusaha berdiri sendiri dengan cara berpegangan benda sekitar yang kokoh.

Untuk itulah moms wajib meletakkan perabotan yang kokoh agar anak bersedia berpegangan. Jangan lupa meletakkan mainan kesukaan dan berbagai benda yang warnanya terang ya, alasannya karena bayi menyukai warna yang terang.

Perlu diingat, stimulasi ini tak langsung membuat anak berdiri sendiri dan bisa melangkah ya. Moms wajib perhatikan seperti apakah tumbuh kembang motorik anak agar tak memaksakan anak berlatih jalan jika motoriknya kurang stabil. Pastinya dibutuhkan kesabaran dan keuletan merangsang otak dan motoriknya agar mau berjalan.

2. Mengajak Anak Bermain Bersama

Zaman modern ini, kebanyakan orang tua menyerahkan anaknya pada Babbysitter atau asisten rumah tangga. Alhasil moms dan daddy nggak tahu perkembangan anak berlatih jalan. Padahal pada masa berlatih jalan, buah hati membutuhkan kasih sayang dan perhatian orang tua. Boleh aja menyerahkan anak pada pengsuh, tapi kasih jadwal moms dan daddy bermain bareng anak. Alasannya karena bermain bersama anak termasuk stimulasi melatih anak cepat berjalan.

Moms bisa pilih berbagai permainan seru bareng anak seperti bermain aneka bola kecil penuh warna. Atau bisa biarkan anak berdiri dan senderkan di tembok agar anak melangkah. Disamping menstimulasi anak, jangan lupa panjatkan doa agar anak cepat jalan ya moms.

3. Menstimulasi Dengan Kursi

Jangan salah loh, stimulasi menggunakan kursi dominan dilakukan kebanyakan mommy loh. Pasalnya buah hati, otomatis akan berjalan mengikuti derai kursi, yang terpenting adalah sediakan kursi yang tingginya sejajar dengan anak dan awasi anak dari belakang agar tak jatuh.

Singkirkan semua perabotan agar anak leluasa berjalan menggunakan kursi ya. Untuk tahap awal, moms bisa mengarahkan anak mendorong kursi secara perlahan agar tak terjatuh. Lakukan setiap hari agar otot kaki dan keseimbangan tubuhnya semakin sempurna sehingga cepat berjalan sendiri. Moms bisa terpakan sebagai cara melatih anak berjalan usia 1 tahun karena diusia itu anak berkeinginan kuat bisa berjalan.

4. Menghindari Sepatu Berbunyi

Kebanyakan moms membelikan sepatu atau sandal anak yang berbunyi karena membuat si kecil semakin menggemaskan. Padahal sepatu berbunyi membuat anak malas berlatih jalan karena lebih tertarik dengan bunyi sepatunya, bisa jadi si kecil cuma menginjak-injakan kaki saja tanpa berlatih jalan.

Maka, jauhkan sepatu atau sandal yang berbunyi agar si kecil semangat berjalan. Bila perlu jangan pakai alas kaki saat berlatih berjalan, dengan begitu langkahnya nggak berat dan keseimbangan tetap terjaga. Dijamin anak cepat berjalan jika stimulasi melatih anak cepat berjalan dilakukan setiap hari.

5. Pijat Kaki Anak Secara Berkala

Walaupun masih bayi, tetapi anak bisa kelelahan loh moms. Nggak heran banyak bayi di urut atau dipijat secara berkala. Tujuannya agar tubuh si kecil kembali rileks dan semangat beraktifitas. Jika buah hati mulai berlatih jalan, pijatlah anak secara berkala, pasalnya ada loh cara memijat kaki bayi agar cepat berjalan. Bahkan banyak mommy yang membuktikannya.

Menemani si kecil berlatih berjalan adalah momen yang indah dan nggak terlupakan, moms bisa lakukan 5 stimulasi melatih anak cepat berjalan diatas. Apalagi stimulasi dapat dilakukan dimana saja, yang terpenting sediakan ruangan yang nyaman dan bersih agar si kecil nyaman berlatih jalan.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll To Top