Manfaat Lidah Buaya

Tahu dong sama lidah buaya? Iya, itu tanaman hias yang seringkali kita temui di taman atau pekarangan rumah.

Tapi tahu gak bahwa tanaman dengan nama latin Aloe Vera ini ternyata menyimpan beragam manfaat untuk kecantikan? Kalau belum tau, Feminim mau berbagi sedikit mengenai manfaat dari tanaman hias yang satu ini.

Lidah buaya sangat terkenal memiliki khasiat untuk membantu mempercantik rambut, salah satu manfaatnya adalah untuk dengan membuat rambut tampak lebih hitam dan lebat. Namun, siapa sangka jika tanaman yang satu ini juga merupakan salah satu bahan alami yang memiliki khasiat yang sangat baik untuk kecantikan wajah Anda.

Nah, buat kamu yang penasaran dengan manfaat lidah buaya untuk kecantikan tubuh, berikut adalah beberapa manfaat lidah buaya yang bisa Anda dapatkan dengan mudah.

Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan dan Kecantikan

1. Merawat Rambut

Sudah bukan rahasia lagi jika lidah buaya menjadi salah satu bahan alami untuk merawat rambut. Bahkan saat ini banyak sekali produk shampo yang menawarkan kandungan lidah buaya di dalamnya. Manfaat lidah buaya untuk kesehatan rambut ini juga sangat beragam, antara lain:

  • Mencegah rambut rontok/ mudah patah
  • Mencegah rambut bercabang
  • Melembabkan rambut
  • Menutrisi rambut
  • Dsb

2. Merawat Kulit Kepala

Selain bermanfaat untuk merawat rambut, lidah buaya ini juga bisa dibilang sebagai solusi all in one untuk urusan kepala. Lidah buaya juga sangat bermanfaat untuk mengatasi permasalahan pada kulit kepala, antara lain:

  • Mencegah dan menghilangkan ketombe
  • Menjaga keseimbangan pH kulit kepala
  • Menutrisi kulit kepala
  • Dsb

3. Memerahkan Bibir

Pada artikel cara memerahkan bibir ini, sudah disebutkan bahwa salah satu bahan alami yang bisa digunakan untuk memerahkan bibir yang hitam. Jadi buat kamu yang punya masalah dengan warna bibir yang hitam, kamu bisa menggunakan lidah buaya untuk mengembalikan warna bibir kamu menjadi merah dan cerah.

4. Melembabkan Kulit Wajah

Punya kulit wajah yang kering dan kusam? Lidah buaya bisa jadi solusinya. Berdasarkan riset yang dilakukan oleh The Indian Journal of Dermatology, lidah buaya memiliki kandungan mineral dan antioksidan yang mengikat sel kulit untuk melembutkan lapisan luar dan memperbaiki kondisi kulit.

Untuk itu, lidah buaya merupakan salah satu bahan alami yang baik untuk mengatasi kulit kering.

5. Mencegah Penuaan Dinia

Mulai muncul kerutan di wajah? Kamu bisa pakai lidah buaya sebagai masker wajah.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh the Annals of Dermatology, lidah buaya dapat meningkatkan produksi kolagen. Kolagen sendiri merupakan sebuah zat alami dalam tubuh yang berperan menjaga elastisitas kulit. Selain itu, lidah buaya juga memiliki kandungan zink yang berfungsi untuk mengencangkan kulit dan mengecilkan pori-pori.

6. Mengatasi Sengatan Sinar UV

Kamu habis berlibur dan berjemur di pantai? Kulit jadi terbakar dan belang-belang?

Lidah buaya bisa kamu gunakan untuk mengatasi kulit yang terbakar akibat paparan sinar ultra violet secara langsung.

7. Mempercepat Penyembuhan Luka

Ada beberapa penelitian yang menyebutkan bahwa lidah buaya mampu mengobati luka ringan 9 hari lebih cepat daripada pengobatan konvensional. Hal ini tak lepas dari kandungan anti-flamasi yang bermanfaat untuk meregenerasi sel kulit, selain itu ada pula kandungan anti bakteri yang dapat mencegah terjadinya infeksi pada luka.

Iklan

Tinggalkan komentar