Manfaat Daun Belalai Gajah

Pernahkah Anda mendengar daun belalai gajah? Mungkin diantara kalian masih awam ya mendengar nama tanaman herbal satu ini. Akan tetapi eksistensi dari tanaman herbal ini pada zaman modern sekarang tetaplah diakui. Bahkan faktanya, obat–obat herbal lebih banyak peminatnya bila dibandingkan dengan obat–obatan kimia.

Hal ini karena obat dengan bahan herbal memiliki banyak khasiat yang lebih baik dan tidak menimbulkan banyak efek samping jika dibandingkan dengan obat kimia. Salah satunya adalah daun belalai gajah. Dimana manfaat daun belalai gajah sudah cukup dikenal luas pada kalangan pecinta ramuan herbal. Selain itu juga sudah lama digunakan untuk mengobati berbagai penyakit.

Kandungan Daun Belalai Gajah

Beberapa ramuan dari obat herbal yang diracik dari kulit kayu, dedaunan, bunga, buah, sampai akar –akaran tentunya sudah digunakan sejak zaman nenek moyang yang bertujuan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Salah satunya adalah daun belalai gajah atau clinacanthusnutans yang mana belakangan ini marak dipasaran.

Selain itu setelah dilakukan penelitian oleh pakar kesehatan herbal, daun tersebut mengandung zat anti oksidan dengan kadar yang sangat tinggi dan bertujuan untuk menghalau pertumbuhan dan perkembangan sel kanker pada tubuh manusia. Juga mengandung berbagai macam mineral, flavonoid dan vitamin untuk melindungi sel-sel tubuh manusia dari serangan berbagai penyakit.

Untuk lebih jelasnya mengenai kandungan dari daun belalai gajah dapat Anda lihat pada ulasan dibawah ini:

  • Flavonoid yang berfungsi untuk mencegah kanker, jerawat, bisul, dan penyakit kulit lainnya.
  • Kaya akan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh.
  • Kaya akan anti oksidan yang berfungsi untuk mencegah pertumbuhan sel–sel kanker yang berbahaya bagi tubuh.
  • Kaya akan kandungan serat dan juga mineral seperti fosfor, kalsium, magnesium, dan lainnya.
  • Protein mentah sekitar 50%
  • Asam amino.

Manfaat Daun Belalai Gajah

Salah satu tanaman herbal ini tentunya sudah lama digunakan dalam dunia pengobatan secara tradisional. Hal ini karena manfaat dari daun belalai gajah sangat ampuh untuk mencegah berbagai efek radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit pada tubuh. Selain itu, juga kaya akan kandungan senyawa alami yang mana dapat mengatasi berbagai keluhan penyakit lainnya.

Nah, untuk lebih jelasnya mengenai manfaat daun belalai gajah dapat Anda simak pada informasi berikut ini:

1. Mencegah Kanker

Salah satu manfaat dari daun belalai gajah adalah mencegah kanker pada  tubuh. Hal ini karena kandungan anti oksidannya yang akan menyehatkan sel–sel pada tubuh Anda. Dengan sel tubuh yang sehat pastinya tidak mudah terserang kanker bukan?

2. Mencegah Radang Prostat

Untuk kalangan pria, untuk ikut merasakan manfaat dari daun belalai gajah bisa juga Anda coba. Hal ini dikarenakan daunnya bertujuan untuk mencegah penyakit radang prostat yakni salah satu penyakit radang yang menyerang alat vital pada kaum pria. Oleh karena itu, alangkah baiknya untuk mengkonsumsi obat herbal dari tanaman ini.

3. Melancarkan Aliran Darah

Manfaat yang selanjutnya adalah dikenal ampuh untuk melancarkan aliran darah pada tubuh Anda. Alasannya, karena daun belalai gajah ini memiliki senyawa yang bagus dalam melancarkan aliran–aliran darah. Selain itu, penyakit dari aliran darah yang tersumbat juga dapat anda cegah sejak dini.

4. Mengobati Nyeri Pinggang

Bagi Anda yang sering mengeluhkan nyeri pada bagian pinggang, tidak ada salahnya untuk mengkonsumsi daun belalai gajah ini yang telah diolah menjadi obat tradisional. Dengan mengkonsumsinya tentunya nyeri pinggang Anda akan teratasi dan Anda dapat melakukan aktivitas kembali seperti biasa.

5. Melindungi Tubuh

Setelah membaca kandungan dari daun belalai gajah ini tentunya Anda akan mengambil kesimpulan bahwa tanaman ini tinggi akan kandungan anti oksidannya. Tentunya, ini akan membuat tubuh Anda terlindungi dari serangan radikal bebas dan juga menghambat pertumbuhan sel–sel kanker.

6. Membuang Racun

Khasiat daun belalai gajah juga sangat bagus untuk detoksifikasi pada tubuh Anda. Apa itu detoksifikasi? Merupakan fungsi dari daun yang mana untuk membuang berbagai macam racun yang berdiam di dalam tubuh Anda sebelum berkembang menjadi sel kanker yang mematikan.

7. Mengobati Kencing  Manis

Selain berguna untuk membuang racun pada tubuh manusia, daun belalai gajah juga berguna untuk mengobati kencing manis. Dimana merupakan salah satu penyakit yang menyerang para wanita maupun pria. Dengan mengkonsumsi daun ini tentunya akan bereaksi membersihkan saluran kencing sehingga tidak akan menyebabkan penyakit kencing manis.

8. Mencegah Tumor

Penyakit mematikan pada manusia selain kanker adalah tumor yang mana membuat angka kematian masyarakat menjadi tinggi. Oleh karena itu, untuk mencegah penyakit tumor Anda perlu untuk mengkonsumsi ramuan dari daun belalai gajah ini. Hal ini karena, akan menambah daya tahan tubuh Anda menjadi lebih baik sehingga penyakit tumor dapat dicegah dan dihindari.

9. Mencegah Rasa Letih

Khusus untuk Anda yang memiliki segudang aktivitas yang padat dan membuat tubuh menjadi letih, lesu dan juga lemas. Anda bisa mencoba untuk mengkonsumsi obat herbal dari daun belalai gajah ini. Dengan mengkonsumsinya secara teratur maka stamina tubuh Anda akan terjaga dengan baik dan juga dapat mengatasi berbagai rasa letih, lesu, lemas dan lainnya.

10. Mencegah Hipertensi

Selain mencegah rasa letih, daun ini juga dipercaya untuk mencegah penyakit hipertensi. Walaupun daunnya kecil dan juga terlihat sederhana namun kinerjanya dalam mengontrol tekanan darah tidak kalah hebatnya dengan obat herbal yang lain. Sehingga akan terhindar dari penyakit hipertensi.

Cara Mengkonsumsi Daun Belalai Gajah

Setelah informasi kandungan dan juga manfaat dari daun belalai gajah, tibalah kini saatnya untuk membahas mengenai cara mengkonsums itanaman herbal satu ini. Berikut ini caranya:

  1. Sediakan daun belalai gajah secukupnya, namun untuk lebih jelasnya Anda bisa berpedoman pada informasi berikut ini.
  • 30 lembar daun belalai gajah untuk kanker stadium 1.
  • 50 lembar daun belalai gajah untuk kanker stadium 2.
  • 100 lembar daun belalai gajah untuk kanker stadium 3.
  • 200 lembar daun belalai gajah untuk kanker stadium 4.
  1. Bersihkan daun belalai gajah, kemudian masukkan kedalam blender yang bersih.
  2. Tuanglah air bersih secukupnya pada blender.
  3. Setelah menjadi jus, sebaiknya segeralah diminum dalam waktu kurang lebihnya 5 menit.
  4. Agar lekas sembuh, sebaiknya Anda mengkonsumsinya selama 2 kali dalam sehari.

Akan tetapi, bila Anda tidak memiliki blender untuk menghaluskan daun belalai gajah, Anda juga bisa mencobanya dengan cara yang lebih mudah dan cepat yakni dengan cara merebusnya didalam air mendidih. Berikut ini langkah–langkahnya:

  1. Ambillah daun belalai gajah sekitar 30-50 helai khusus untuk penyakit yang tidak terlalu parah. Namun, untuk yang sudah parah ambillah 100-150 helai daun tersebut.
  2. Rendamlah dengan menggunakan air garam terlebih dahulu selama kurang lebihnya 15 menit, ini bertujuan agar bakteri pada daun tersebut mati.
  3. Kemudian, ambillah 4 gelas air untuk merebus daun belalai.
  4. Lalu rebuslah sampai sisa airnya menjadi 2 gelas.
  5. Setelah itu angkat dan tuangkan dalam gelas, diamkan sampai air rebusan daunnya dingin
  6. Untuk aturan minumnya, Anda dapat meminum 1 gelas pada pagi hari setelah bangun tidur dan 1 gelas lagi pada sebelum tidur.

Tinggalkan komentar