Manfaat Buah Plum

Tubuh ideal merupakan impian terbesar bagi semua wanita, bahkan mereka rela melakukan berbagai cara untuk memiliki tubuh yang langsing. Berbagai macam hal yang sering dilakukan wanita demi mendapat tubuh idaman, seperti minum obat diet tanpa tahu kandungannya serta sedot lemak. Padahal terdapat cara alami yang dapat menurunkan berat badan dan mendapat tubuh yang langsing dan ideal.

Diet dengan cara tidak alami dapat berbahaya bagi tubuh, tentu saja kamu tidak ingin menanggung risiko karena salah cara diet. Selain itu, cara melangsingkan tubuh secara instan seperti sedot lemak tidak akan bisa bertahan lama bila pola hidup tidak diubah. Maka dari itu, pada kesempatan ini artikel akan membahas salah satu contoh diet alami menggunakan makanan bergizi, yaitu buah plum.

Buah plum adalah salah satu buah yang populer di seluruh kalangan masyarakat, baik anak-anak maupun orang dewasa. Nama latin dari buah plum yaitu Prunus Domestica, buah ini termasuk dalam keluarga Rosaceae. Buah plum dapat ditemui dengan mudah di pasaran, harganya pun masih lumayan terjangkau. Selain itu, buah ini memiliki ciri khas rasa yang asam manis sehingga banyak yang suka.

Alasan buah plum sangat baik digunakan untuk diet karena mampu memperlancar metabolisme di dalam tubuh. Apabila metabolisme dalam tubuh menjadi lancar, maka proses pembakaran lemak dan kalori tidak akan mengalami masalah dan menjadi lebih optimal. Buah plum juga menyimpan kandungan serat yang tinggi, sehingga ketika mengkonsumsi buah ini dalam jumlah cukup kamu akan merasa kenyang.

Kandungan Nutrisi Buah Plum

1. Memiliki serat yang tinggi

Buah plum bisa menjadi menu sarapan anda bila ingin memiliki tubuh ideal dan langsing. Apabila menu sarapan anda terlalu berat, tentu saja tidak baik untuk berat badan anda. Kandungan serat yang tinggi pada plum hitam bisa menjadi alternatif bagi anda yang sedang diet.

Dengan mengkonsumsi buah plum, anda akan mudah kenyang dan nutrisi dalam tubuh tetap terpenuhi. Kalori yang terdapat dalam buah plum tidak setinggi menu sarapan anda pada umumnya, seperti telur, nasi, atau menu lainnya. Diketahui bahwa dalam satu porsi buah plum hitam hanya terkandung 1.5 gram serat. Selain itu, buah plum juga mengandung karbohidrat yang bisa menjadi sumber energi di pagi hari. Anda tidak perlu takut merasa lemas di pagi hari meskipun hanya makan buah.

2. Rendah gula

Buah plum hitam juga diketahui memiliki indeks glikemik rendah, sehingga dapat dijadikan pengatur gula darah dalam tubuh. Bila anda mengkonsumsi buah plum, maka tidak perlu takut akan terjadi peningkatan berat karena kadar gulanya rendah. Buah ini cocok bila di konsumsi sebagai pengganti camilan yang tidak sehat dan menyebabkan terjadinya peningkatan berat badan pada tubuh.

Buah plum hitam yang dikeringkan bahkan memiliki indeks glikemik lebih rendah dibandingkan buah lain yang juga mengalami pengeringan. Maka dari itu, baik segar maupun sudah dikeringkan, buah plum hitam bisa menjadi salah satu alternatif anda yang ingin diet. Adanya kandungan antioksidan yaitu anthocyanin juga semakin baik dalam memberi perlindungan yang baik untuk jantung.

3. Rendah karbohidrat

Buah plum hitam memang memiliki kandungan karbohidrat yang berfungsi menjadi cadangan energi untuk tubuh. Namun, jumlah karbohidrat yang terkandung dalam plum hitam lebih rendah bila dibandingkan dengan pisang yang memiliki 15 gram karbohidrat. Buah plum hitam hanya mengandung 7.5 gram karbohidrat, maka dari itu baik di konsumsi orang yang sedang program diet.

4. Kandungan vitamin C tinggi

Buah plum terkenal dengan kandungan vitamin C yang tinggi dan baik untuk tubuh, sehingga sangat disarankan untuk mengkonsumsi buah ini. Bahkan dalam buah plum hitam terkandung lebih dari 7% vitamin C yang sangat dibutuhkan tubuh setiap hari. Dengan adanya vitamin C, maka tubuh bisa memiliki sumber antioksidan yang mampu mencegah terjadi kerusakan akibat dari radikal bebas.

Terdapat manfaat lain yang tentu saja penting bagi tubuh, baik saat melangsungkan program diet maupun yang tidak melakukan hal tersebut. Buah plum hitam juga membantu untuk menghasilkan norepinefrin, kolagen dan karnitin yang berfungsi untuk meningkatkan sistem imun dalam tubuh anda. Dengan adanya kandungan tersebut, diharapkan mampu membantu dalam program diet.

5. Rendah lemak

Sebagai informasi untuk anda yang masih tidak ingin menjadikan buah plum hitam sebagai menu dalam program diet anda. Bahwa plum hitam ini memiliki kandungan lemak yang sangat rendah di tiap butirnya, yaitu hanya 0.2 gram saja. Bahkan buah plum hitam hampir tidak memiliki lemak jenuh yang diketahui dapat menyebabkan penyakit kardiovaskuler dan kolesterol.

6. Rendah kalori

Tentu anda tahu bukan bahwa buah dan sayur memiliki kalori yang sangat rendah dibandingkan makanan jenis lain. Salah satu buah yang memiliki kalori sangat rendah adalah buah plum hitam, sehingga buah ini sangat cocok untuk diet anda. Kandungan kalori dalam plum hitam hanya sekitar 30 kalori di tiap butirnya atau 1.5% dari asupan normal tiap harinya.

Apabila dalam tubuh anda hanya memiliki 30 kalori saja, maka anda dapat dengan mudah untuk membakarnya. Salah satu contohnya dengan berenang dalam waktu 4 menit, maka 30 kalori dalam tubuh anda dapat terbakar habis. Oleh sebab itu, buah plum hitam sangat disarankan untuk anda yang suka memakan camilan untuk menggantinya dengan buah plum hitam.

7. Sebagai antioksidan

Dalam setiap buah terdapat kandungan antioksidan yang baik untuk tubuh, maka dari itu buah dianjurkan untuk di konsumsi setiap hari. Pada 100 gram buah plum terkandung vitamin C sebesar 15% dan 6% vitamin A yang berfungsi sebagai beta karoten. Apabila mengkonsumsi buah plum secara rutin, maka anda akan terhindar dari penyakit kardiovaskuler dan juga kanker usus.

Cara Mengkonsumsi Buah Plum

1. Dimakan langsung

Buah Plum
Gambar: www.pexels.com

Bagi kamu yang tidak ingin terlalu ribet, bisa saja memakan buah plum secara langsung tanpa diolah terlebih dahulu. Namun, beberapa orang yang tidak menyukai atau tidak kuat dengan rasa asam tentu dapat mengolahnya menjadi bentuk lain. Memakan buah plum secara langsung dapat menjadi metode bagi kamu yang ingin mengganti camilan saat senggang menjadi buah.

Keuntungan memakan buah plum secara langsung adalah khasiat yang terkandung di dalam buah tidak akan ada yang hilang dan rusak. Sehingga, tidak akan terjadi gangguan dalam proses metabolisme serta proses pembakaran lemak menjadi lebih optimal. Nah, untuk kamu yang suka memakan gorengan sebagai camilan segeralah menggantinya dengan buah plum yang lebih sehat.

2. Dengan cara dibuat Jus

Buah Plum
Gambar: www.organicfacts.net

Bosan memakan buah plum secara langsung, maka kamu dapat mengolah buah ini menjadi jus buah plum. Cara membuat jus buah plum tidak begitu sulit, sama seperti membuat jus buah pada umumnya. Pertama, siapkan beberapa buah plum segar dan cucilah hingga benar-benar bersih. Lalu, potong buah menjadi kecil-kecil dan blender sampai halus, tambahkan madu sesuai keinginan.

Bagi kamu yang kurang atau tidak menyukai rasa asam yang ada pada buah plum, dapat menjadikan jus buah sebagai alternatif. Kandungan serat yang terdapat dalam buah plum dapat memberikan rasa kenyang yang tahan lama, sehingga mencegah kamu makan terlalu sering. Karena tidak ada kandungan yang hilang, maka buah ini mampu memperlancar metabolisme dalam tubuh kamu.

3. Dengan cara dibuat pasta

pasta
Gambar: www.pexels.com

Tingginya kandungan serat dan karbohidrat yang dimiliki buah plum, sehingga mampu membuat kamu merasa kenyang dalam waktu yang cukup lama. Maka dari itu, buah plum sangat cocok bila di konsumsi saat pagi hari salah satunya dengan cara membuatnya menjadi pasta. Tentu saja hal ini lebih baik dibandingkan mengkonsumsi makanan yang terlalu berat dan mengandung banyak lemak.

Semua orang bisa membuat pasta buah plum karena caranya sangat mudah dan sederhana untuk kamu praktikan di rumah. Kamu juga perlu menyiapkan beberapa bahan untuk membuat pasta terlebih dahulu, seperti buah plum segar, kefir, gandum, dan biji rami. Lalu, cuci buah plum yang masih segar hingga bersih dan potong menjadi beberapa bagian yang pas saat di konsumsi.

Setelah itu, masukkan ke dalam mangkok dan rendam buah dengan air panas selama 15 menit, jangan lupa untuk menutup mangkok. Selama menunggu buah plum, kamu dapat membuat pasta dengan mencampurkan kefir, gandum, serta biji rami dan aduk hingga menjadi pasta. Simpan pasta ke dalam lemari pendingin, lalu kamu dapat mengkonsuminya pada pagi hari untuk menu sarapan.

Meskipun sedang dalam masa diet, namun sangat tidak baik bila tidak memakan apapun dalam sehari atau makan hanya satu kali. Mengkonsumsi buah-buahan tidak akan membuat kamu menjadi gemuk karena kandungan kalori dalam buah sangat rendah, termasuk buah plum. Sehingga, alangkah lebih baik bila kamu sarapan dengan buah plum agar tubuh tidak lemas dan tetap berenergi.

4. Dikeringkan

buah plum kering
Gambar: foodtolive.com

Cara yang terakhir ini dilakukan agar buah plum bisa tahan lebih lama dan awet saat disimpan. Cara mengeringkan buah plum pun sangat mudah, kamu tidak perlu keahlian khusus untuk mengeringkan buah ini. Namun, dengan menggunakan metode ini beberapa kandungan nutrisi mungkin akan hilang dari buah plum. Kandungan air yang ada dalam buah plum pun tidak sebanyak saat masih segar.

Pertama, kamu hanya perlu menyiapkan buah plum dalam sebuah mangkok dan cuci hingga bersih untuk menghilangkan zat kimia di kulitnya. Pindahkan buah plum pada sebuah nampan dan letakkan nampan di bawah sinar matahari selama 3-4 hari atau sampai buah mengering.

Alternatif lain yang bisa kamu gunakan yaitu dengan oven, namun rasanya akan berbeda dengan yang dijemur matahari.

Bagaimana? Tertarik mencoba buah plum untuk diet sehat Anda? Anda bisa mengonsumsi buah plum kering PLUM SLIMIFY. PLUM SLIMIFY adalah produk pelangsing dalam bentuk buah plum asli yang telah dikeringkan. Plum Slimify diolah dari buah plum kualitas A+ yang dikemas dengan proses yang baik dan sempurna untuk memenuhi kebutuhan dietmu! Diet sehat dan maksimal dengan buah plum sekarang juga!

buah plum

Tinggalkan komentar