Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Kehamilan merupakan masa yang paling ditunggu-tunggu dalam sebuah keluarga. Ya, kehadiran buah hati selain meramaikan keluarga kecil Anda juga menjadi pelengkap kebahagiaan anda dengan pasangan. Agar tetap sehat, ibu yang mengandung juga memerlukan perhatian khusus. Tak terkecuali dari bahan makanan yang disantapnya setiap hari.

Nah, bagi Anda yang mendambakan fisik kuat dan bayi terlahir menjadi anak pintar, berikut beberapa makanan sehat ibu hamil yang tak boleh absen dari dapur Anda.

8 Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

1. Telur

putih telur

Sumber protein hewani yang bisa Anda dapat dengan harga terjangkau ini menempati posisi yang signifikan bagi Anda yang mendambakan buah hati lahir menjadi anak yang cakap dan cerdas. Selain gampang cara pengolahannya, telur juga dibekali dengan senyawa choline yang berguna membantu perkembangan otak pada bayi yang sedang Anda kandung.

2. Produk Susu

susu

Rasanya bukan makanan sehat ibu hamil tanpa segelas susu di meja makan Anda. baik susu maupun produk olahannya mengandung vitamin B, magnesium, dan zat besi.

Dengan keberadaan nutrisi tersebut, ibu hamil yang teratur mengkonsumsi susu setiap harinya juga telah melakukan usaha terbaik agar tulang bayi terjaga dan kuat. Susu juga kaya akan probiotik yang ampuh menghindarkan Anda dari serangan infeksi.

3. Salmon

ikan salmon

Sudah menjadi rahasia umum bahwa makanan sehat ibu hamil ini recomended sekali untuk Anda konsumsi. Ikan Salmon merupakan pemasok omega 3 yang berperan penting dalam pertumbuhan otak si bayi. Ada baiknya Anda tidak menyertakan MSG atau pengawet sejenis saat memasak salmon untuk Anda konsumsi.

4. Ubi

ubi

Pernahkah terbesit di pikiran Anda untuk menjadikan ubi sebagai makanan favorit saat mengandung calon generasi muda di keluarga Anda? Ubi ternyata dilengkapi dengan Vitamin A dalam jumlah melimpah. Fungsi Vitamin A ini sangat penting untuk membangun sel-sel kesehatan pada janin.

Untuk menggasak nilai plus dari makanan sehat ibu hamil ini, Anda bisa merebus ubi dan mengkonsumsinya di pagi hari untuk sarapan.

5. Kacang Polong

kacang polong

Kacang-kacangan seperti jenis polong sangat bagus untuk mendongkrak tumbuh kembang janin. Anda bisa menjadikan kacang ini sebagai camilan. Namun akan lebih maksimal khasiatnya jika Anda tidak menambahkan perasa maupun garam berlebih. rebus kacang polong dan nikmati di waktu istirahat Anda.

Di samping enak, camilan ini bisa menjaga berat badan bayi dan tidak lemah saat proses persalinan.

6. Buah Berries

buah berries

Kaya akan antioksidan, berry juga menyimpan vitamin C yang baik bagi stamina dan kebugaran tubuh ibu hamil. Tak hanya itu saja, buah berries yang baik untuk Anda racik  menjadi jus atau smoothies juga mampu menjaga kulit bayi dan meningkatkan daya tahan tubuh Anda di masa kehamilan.

7. Alpukat

alpukat

Anggapan buruk yang sampai saat ini masih melekat pada makanan sehat ibu hamil ini ialah kandungan lemaknya. Padahal lemak yang terdapat di dalam alpukat merupakan lemak baik sehingga tidak akan membuat Anda gemuk. Bahkan buah yang cocok dijadikan jus ini kaya akan Vitamin K, B, dan E yang akan membuat kulit si bayi tampak halus dan lembut.

8. Daging tanpa lemak

daging tanpa lemak

Gizi kompleks serta zat besi merupakan dua nutrisi yang sangat Anda butuhkan agar buah hati Anda terlahir sehat dan pintar. Zat besi yang tersemat di dalam daging tanpa lemak ampuh memproduksi hemoglobin. Pelajari tahapan memasak daging yang benar agar gizi yang ada di dalamnya tidak sia-sia.

Bagaimana? Mudah kan menemukan makanan sehat untuk ibu hamil di atas? Jaga selalu kesehatan Anda dan buah hati ya?

Iklan

Tinggalkan komentar