Makanan Penambah Darah

Ketersediaan darah yang sehat dan mencukupi tentu sangat membantu manusia dalam melakukan aktifitas sehari-hari. Dengan menjaga pola makan maka tubuh senantiasa sehat. Sudah dipastikan kualitas hidup akan semakin meningkat. Apalagi kebutuhan darah di dalam tubuh tercukupi secara baik. Bisa jadi badan enggan untuk menerima serangan dari penyakit anemia atau kekurangan darah

Hal inilah yang menjadikan kita tidak memerlukan penggunaan obat-obatan berbahan kimiawi, dimana harga yang dibandrol sangat mahal dan berisiko tinggi. Pasalnya semua yang Tuhan berikan sudah tersedia dan bisa dipenuhi di alam sekitar kita. Tinggal kita saja bagaimana menerapkan lingkungan sebagai sumber makanan yang sehat. Untuk lebih jelasnya, ketahuilah ragam jenis makanan penambah darah rendah yang wajib dikonsumsi.

Daging Penambah Darah

1. Daging Merah

daging tanpa lemak

Daging yang mempunyai manfaat baik sebagai penambah darah memang bekerja begitu cepat di dalam tubuh. Adapun yang paling efektif ialah jenis daging merah seperti daging sapi, kambing dan kerbau. Daging merah tersebut banyak mengandung protein hewani, zat besi, mineral dan protein. Dimana zat besi inilah yang dapat meningkatkan hemoglobin di dalam tubuh. Sementara itu, protein akan membantu menyusun sel-sel darh merah.

2. Ikan Salmon

ikan salmon

Jenis ikan yang kaya akan kandungan asam lemak Omega-3 baik sekali untuk dikonsumsi. Salah satunya adalah ikan Salmon yang berguna untuk menambah darah, lantaran selain banyak kandungan Omega-3 juga kaya akan vitamin B-12 sebagai pembentukan sel-sel darah. Di samping itu, ikan merupakan jenis makanan yang rendah kolesterol jahat sehingga tidak akan membahayakan tubuh.

Buah Penambah Darah

1. Kurma

kurma

Buah kurma adalah baik untuk dikonsumsi untuk penambah darah. Hal ini dikarenakan buah kurma mampu menghalau gejala dari tekanan darah rendah.

Di samping itu, kandungan vitamin B-Kompleks dapat meningkatkan produksi sel darah merah di tubuh serta menurunkan risiko gejala anemia.

2. Strawberry

strawberry

Strawberry adalah salah satu buah yang kaya akan kandungan antioksidan, vitamin, zat besi, serat tinggi dan rendah lemak. Hal inilah yang membuat buah yang satu ini baik untuk menambah darah dalam tubuh.

3. Semangka

Semangka adalah salah satu buah yang kaya akan zat besi, sepotong semangka berukuran sedang mengandung zat besi sebanyak 1.5 gram. Semangka juga buah yang memiliki kandungan Vitamin C yang berguna untuk menyerap zat besi.

4. Kismis

kismis

Kimis juga meripakan salah satu buah yang baik untuk Anda konsumsi ketika sedang Anemia. Hal ini dikarenakan buah yang satu ini mengandung sekitar 2 gram zat besi.

Sayur Penambah Darah

1. Bayam

Bayam merupakan salah satu sayuran yang kaya akan zat besi. Tak hanya itu, bayam juga memiliki kandungan Vitamin C, kalsium, Vitamin B9 dan beta karoten.

2. Kacang Kedelai

kedelai

Kacang kedelai merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang mengandung zat besi dan vitamin yang baik. Ada banyak pilihan untuk mengonsumsi kacang kedelai untuk mengatasi anemia, mulai dari dikonsumsi secara langsung (direbus), mengonsumsi makanan olahan kacang kedelai (tahu dan tempe) atau mengonsumsi susu kedelai.

3. Brokoli

Sayur yang memiliki bentuk seperti rambut kribo ini ternyata sangat baik dalam menambah darah dalam tubuh. Meskipun memiliki rasa yang agak aneh dan kurang disukai orang, ternyata sayuran yang satu ini memiliki kandungan zat besi dan asam folat yang baik bagi penderita anemia.

4. Jamur

jamur

Jamur adalah salah satu sayuran yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, salah satunya untuk mengatasi anemia. Tentunya hal ini tidak lepas dari kandungan zat besi yang ada di dalamnya.

Beberapa jenis jamur yang bisa Anda konsumsi saat anemia antara lain jamur kancing, jamur kuping, jamur tiram dan beberapa jenis jamur lainnya.

Iklan

Tinggalkan komentar