Now Reading
Simak Cara Kerja dan Langkah-langkah Investasi Reksadana 

Simak Cara Kerja dan Langkah-langkah Investasi Reksadana 

Investasi Reksadana

Investasi bukan lagi terbatas pada kalangan tertentu, kesadaran investasi telah populer di beragam lapisan masyarakat. Salah satu jenis investasi yang kian banyak dilirik adalah investasi reksadana maka banyak yang mencari cara investasi reksadana.

Reksadana sendiri merupakan kumpulan dana yang dikelola manajer investasi (MI). Pengelolaan dapat berupa pembelian saham, obligasi dan instrumen keuangan lainnya. Jenis investasi ini mudah dilakukan dan tidak membutuhkan modal besar, dapat dilakukan secara bersama maupun individu dengan bantuan manajer investasi.

Cara Kerja dan Langkah Melakukan Investasi Reksadana

Cara kerja investasi reksadana yakni dengan mengandalkan manajer investasi. MI akan membuat strategi dan perencanaan untuk memecah dana ke beberapa instrumen investasi atau perusahaan melalui verifikasi investasi. Hal ini melalui pertimbangan menekan risiko kerugian yang mungkin dialami.

Reksadana mudah diakses dan memiliki saluran yang luas. Anda dapat mempelajari dan menggali informasi terkait alur investasi, kondisi kesehatan perusahaan, dan juga kelebihan dan keuntungan alurnya.

Dalam melakukan investasi reksadana, setidaknya harus mengikuti empat langkah penting berikut ini:

1. Membuka Rekening Efek Reksadana

Pertama mendaftarkan diri, sama halnya membuka rekening bank sebelum mulai menabung. Biasanya calon investor diminta mengisi formulir dan menandatanganinya, menyiapkan beberapa dokumen sebagai persyaratan dan menyiapkan dana yang akan digunakan untuk kebutuhan investasi nantinya.

2. Melihat Nilai Aktiva Bersih (NAB)

Selanjutnya memperhatikan NAB atau Nilai Aktiva Bersih untuk menjadi dasar transaksi. NAB merupakan nilai yang mempresentasikan kekayaan total reksadana pada setiap harinya. Nilai NAB dipengaruhi beragam faktor seperti harga pasar dan kekuatan permintaan dan penawaran investor. Untuk mengetahui nilai NAB dapat dilihat di surat kabar maupun online yang akan terbit satu kali dalam satu hari.

3. Memperhatikan Batas Waktu (Cut-Off Time)

NAB memiliki batas waktu yakni berlangsung dari pukul 12 hingga pukul 1 siang saja. Jika membeli reksadana sebelum batas waktu, harga NAB yang didapat pada tanggal transaksi. Namun jika transaksi dilakukan melewati batas waktu yang ada, harga NAB yang berlaku mengikuti hari hari selanjutnya.

4. Dapatkan Surat Konfirmasi Transaksi Pembelian Reksadana

Langkah terakhir setelah menyelesaikan transaksi, memastikan memperoleh surat konfirmasi transaksi. Surat konfirmasi biasanya dikirim setelah menyelesaikan transaksi dan sudah diterbitkan oleh bank kustodian setempat. Selain itu Anda juga akan  mendapatkan laporan perkembangan dana investasi pada setiap bulan. Jika tidak mendapat, Anda harus meminta pada bank penjual atau pada manajer investasi.

Kemudahan Investasi Reksadana digibank by DBS

Investasi Reksadana

Ada beberapa jenis reksadana, mulai dari reksadana saham, reksadana campuran, reksadana pasar uang dan reksadana pendapatan tetap. Semua jenis tersebut ada di digibank reksadana. Pasti untung investasi di digibank reksadana dengan beragam kemudahan investasi reksadana online di aplikasi digibank by DBS:

  • Ada 3 pilihan kategori reksadana

Dalam investasi perlu memahami produk yang aman serta berhati-hati dalam mengambil keputusan. Teliti setiap daftar reksadana untuk melihat yang memiliki kinerja terbaik dalam satu tahun terakhir, yang memiliki transaksi pembelian terbanyak oleh nasabah satu bulan terakhir. Oleh karena itu, digibank by DBS menyediakan tiga kategori agar memudahkan Anda dalam menentukan pilihan yaitu kinerja terbaik, terpopuler serta scoring.

  • Lebih fleksibel untuk pembelian saham berkala

Setelah memiliki SID dengan nomor ID, Anda bisa melakukan pembelian dengan aplikasi digibank by DBS dengan memilih reksadana dan pilih pembelian berkala tanpa harus mendaftar lagi untuk pembelian selanjutnya. Anda juga dengan mudah untuk mengubah nominal investasi reksadana setiap bulan dan tanggal pendebetan langsung di aplikasi digibank by DBS. Semua informasi terkait transaksi reksadana Anda serta dokumen reksadana dapat dilihat dari aplikasi.

  • Bisa mulai investasi dari Rp100.000

Ingin mulai berinvestasi tapi ragu-ragu, takut rugi dan kehilangan banyak uang? Tenang, sebab digibank reksadana memungkinkan mencoba investasi dengan modal kecil, mulai dari Rp 100 ribu saja. Anda bisa mencoba belajar investasi reksadana tanpa takut merugi.

  • Ada lebih dari 50 produk reksadana yang bisa dipilih

Tetap aman dan nyaman dengan melakukan proses transaksi investasi dengan aplikasi digibank by DBS. Bank DBS telah dinobatkan sebagai bank teraman di Asia selalu memberi kenyamanan pada nasabah, salah satunya dengan memberi layanan transaksi keuangan dengan proses 100% digital yang dapat diakses di mana saja dan kapan saja.

Bahkan Anda bisa memilih investasi reksadana dari 50 pilihan produk yang ada. hal ini tentunya bisa disesuaikan dengan kebutuhan investasi Anda. Maka dari itu, tak perlu khawatir untuk memulai berinvestasi.

  • Beli, jual, dan switch investasi dilakukan dengan satu aplikasi

Nasabah tidak perlu berpindah dari bank ke platform jual beli saham reksadana online untuk melakukan transaksi. Semua transaksi yakni jual, beli, dan switch investasi dilakukan hanya dalam satu aplikasi yakni aplikasi digibank by DBS. Aplikasi juga memberi informasi reksadana, prospektus hingga syarat dan ketentuan berupa dokumen di aplikasi digibank by DBS.

Demikian tentang cara kerja reksadana serta langkah-langkahnya. Segera mulai investasi pertama Anda bersama digibank reksadana, hanya dengan modal mulai Rp 100 ribuan sudah bisa miliki investasi harapan masa depan. Makin mudah dan banyak untung dengan beragam produk digibank by DBS. Download aplikasi digibank by DBS untuk kemudahan transaksi keuangan dan investasi Anda.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll To Top