Ingin KPR Renovasi Rumah? Simak Dulu Syarat dan Caranya

KPR Renovasi Rumah

Bukan hanya pembelian rumah baru saja yang bisa menggunakan KPR. Kini setiap masyarakat Indonesia bisa mengajukan KPR renovasi rumah ketika diperlukan. Layanan ini tersedia di banyak bank baik itu negeri maupun swasta sehingga masyarakat mudah untuk mengajukannya.

Ketika rumah Anda sudah berdiri selama 15 tahun lebih, maka perbaikan atap dinding atau bahkan ingin meninggikan bangunan bisa saja diperlukan. Memanfaatkan KPR untuk renovasi ini jadi solusi tepat menjaga keuangan Anda nantinya. Kenali seperti apa syarat serta cara mengajukannya.

Ketentuan KPR Renovasi Rumah di Indonesia

Dilansir dari situs Otoritas Jasa Keuangan (OJK), aktivitas multifinance untuk renovasi rumah ini sudah hadir sejak 2015. Sistem yang diterapkan rata-rata adalah menggunakan agunan dan penilaian dari penghasilan nasabah.

Misalnya Anda bisa mengajukan pinjaman dengan agunan BPKB mobil atau motor serta rumah. Nilai agunan ini yang menentukan jumlah pinjaman untuk diperoleh, semakin tinggi maka pinjaman lebih banyak.

Menurut situs OJK, alokasi dana yang ditetapkan maksimal adalah 40% dari penghasilan nasabah. Jumlah pembiayaan yang diberikan juga tidak lebih dari 70% dari nilai agunannya. Sedangkan untuk tenor kredit yang diberikan bisa 1 sampai dengan 5 tahun tergantung kebijakan bank.

Sebagai contoh, melansir situs btn.co.id pada produk BTN Tapera yaitu KPR renovasi rumah untuk ASN menyediakan tenor 5 tahun. Fasilitas kredit BTN Tapera sampai dengan 60 – 75 juta rupiah.

Penting sekali bagi Anda yang ingin mengajukan KPR renovasi untuk menanyakan ke bank mengenai ketentuannya secara spesifik termasuk tabel angsuran kredit renovasi rumah.

Syarat KPR untuk Renovasi Rumah

KPR Renovasi Rumah

Setiap bank memiliki syarat berbeda-beda untuk mengajukan renovasi rumah, namun soal syarat dokumen biasanya kurang lebih sama. Ada beberapa syarat umum KPR renovasi rumah yang harus Anda persiapkan terlebih dahulu seperti:

  1. Kartu identitas pribadi dan pasangan jika Anda sudah menikah.
  2. Slip gaji 1-3 bulan terakhir.
  3. Fotokopi NPWP nasabah.
  4. Fotokopi surat nikah.
  5. Fotokopi sertifikat rumah.
  6. Fotokopi surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB).
  7. Fotokopi pembayaran PBB terakhir.
  8. Fotokopi akta jual beli rumah (AJB).
  9. Foto rumah
  10. Rencana Anggaran Biaya (RAB) renovasi rumah.

Hanya Warga Negara Indonesia saja yang bisa mengajukan KPR ini dan setidaknya memiliki usia maksimal 55 sampai dengan 55 tahun ketika kredit berakhir. Pertimbangkan akan hal ini karena jadi penentuan apakah KPR Anda akan diterima.

Selain dokumen tersebut Anda juga bisa menyertakan sertifikat rumah asli, BPKB motor atau mobil serta sertifikat aset lainnya. Dokumen ini yang akan menjadi agunan dan meningkatkan biaya pinjaman yang akan cair.

Cara Mengajukan KPR untuk Renovasi Rumah

Soal cara pengajuan sebenarnya tidak jauh berbeda dengan ketika Anda ingin KPR pembelian rumah baru atau second. Beberapa langkah yang bisa Anda lakukan yaitu:

1. Mencari Bank yang Menyediakan Layanan KPR Renovasi

Saat ini cukup mudah untuk mencari bank di Indonesia yang menyediakan layanan KPR renovasi rumah. Baik itu bank negeri dan swasta menyediakan layanan KPR ini yang bisa diakses oleh seluruh lapisan masyarakat Indonesia selama memenuhi syaratnya.

Mulai dari bank BCA dengan layanan KPR Refinancing, Mandiri dengan produk Mandiri Multiguna, Begitu juga dengan BRI dalam layanan BRIguna. Bahkan BPJS Ketenagakerjaan pun menyediakan layanan Renovasi BPJS Ketenagakerjaan.

Banyaknya pilihan bank bahkan pinjaman renovasi rumah BPJS Ketenagakerjaan memudahkan Anda untuk mencari mana bank yang memiliki kriteria sesuai kebutuhan dan kemampuan.

2. Membuat RAB

Sebelum mengajukan KPR renovasi rumah Anda juga harus membuat RAB renovasi rumah terlebih dahulu. RAB menjadi syarat penting agar bank mengetahui seperti apa rencana renovasi dan berapa total biaya yang Anda butuhkan.

Cara membuat RAB ini juga tidak sulit, pertama tentukan terlebih dahulu desain dan bagian rumah mana saja yang perlu diperbaiki. Jika beberapa kerusakan terjadi di rumah maka Anda bisa lebih mudah menentukannya.

Kedua, perhatikan biaya material saat ini. Saat menentukan biayanya Anda harus menambahkan nominal mengingat biaya material cukup fluktuatif. Ketiga, hitung biaya tukang apakah Anda akan menggunakan tukang harian atau borongan.

Buat rincian biaya ini dengan mendetail khususnya biaya material seperti cat, semen, pasir, batu bata, genteng dan lainnya sesuai kebutuhan. Terakhir tambahan biaya tidak terduga yang akan menjadi cadangan ketika biaya membengkak.

3. Melengkapi Semua Syarat dan Mengajukannya

Anda sudah menemukan bank yang menyediakan layanan KPR renovasi rumah dan RAB. Cek kembali apa saja syarat yang diperlukan oleh bank tersebut untuk KPR renovasi yang perlu Anda lengkapi.

Bukan hanya syarat dokumen tetapi syarat lain seperti usia, tenor serta ketentuan penting lainnya. Jika Anda diminta memberikan dokumen asli seperti sertifikat rumah pastikan untuk mendapatkan tanda terima yang menjadi bukti sah.

Semua syarat ini bisa diserahkan ke bank untuk dicek. Pastikan skor kredit Anda selama ini baik agar lebih mudah mendapatkan KPR.

4. Menunggu Pencairan Dana

Ada bank yang memberikan proses penilaian rumah dengan survei langsung namun ada juga yang tidak. Anda hanya perlu menunggu persetujuan dari bank dan melakukan tanda tangan akad kredit sebelum uang dicairkan.

Prosesnya akan dilakukan secara langsung di bank yang menyetujui pengajuan Anda. Apabila berhasil dana akan langsung ditransfer ke rekening.

Cek Kemampuan Finansial untuk KPR Melalui Mortgage Calculator

KPR Renovasi Rumah

Hal yang tidak kalah penting dari melengkapi semua syarat dan mengetahui cara KPR untuk renovasi adalah kemampuan kredit Anda. Seberapa jauh Anda bisa mencicil KPR bulanan nantinya sangat penting untuk diketahui sejak awal.

Berbeda dengan simulasi kredit renovasi rumah BRI,BCA, BTN, dan lembaga keuangan lainnya yang menampilkan dalam bentuk tabel cicilan. Anda bisa memanfaatkan Mortgagecalculator.uk untuk mengetahui kemampuan sesuai dengan penghasilan yang Anda miliki.

Bahkan Anda bisa mengetahui cicilan ketika terjadi perubahan suku bunga yang ditetapkan oleh bank. Kalkulator untuk tahu KPR renovasi rumah ini gratis dan bisa Anda akses kapan saja.

Beberapa hal yang bisa Anda cek melalui Mortgagecalculator.uk antara lain:

1. Jumlah Cicilan Bulanan

Anda akan tahu berapa jumlah cicilan bulanan yang harus dipenuhi sampai dengan tenor yang disediakan oleh bank. Hanya butuh modal informasi gaji bulanan Anda bisa tahu informasinya.

2. Jumlah Bunga

Anda bisa mengetahui pula berapa bunga yang harus dibayarkan ke bank baik itu bunga minimal per bulannya dan bunga tertinggi.

3. Jadwal Pembayaran Cicilan

Anda juga bisa print langsung jadwal cicilan yang berlangsung sampai dengan tenor selesai. Jadwal ini akan membantu Anda agar tidak lupa membayar jika KPR disetujui.

Mortgagecalculator.uk akan memudahkan Anda merancang keaungan sejak sebelum mengajukan KPR. Anda bisa membandingkan biaya ini dari berbagai bank penyedia KPR renovasi rumah.

Jika Anda tertarik untuk mengajukan KPR sebaiknya mulailah dengan mencari informasi suku bunga ban. Baru setelah itu hitung dengan gaji bulanan di Mortgagecalculator.uk untuk mengetahui skema cicilan.

Source:

https://www.rumah.com/panduan-properti/kpr-untuk-renovasi-rumah-55982

https://www.rumah123.com/panduan-properti/kpr-renovasi-rumah/

https://www.ocbcnisp.com/id/article/2023/03/30/pinjaman-renovasi-rumah

https://www.btn.co.id/id/Conventional/Product-Links/Produk-BTN/Kredit-Konsumer/Pinjaman-Khusus/Fasilitas-Pembiayaan-Kredit-Renovasi-Rumah-BTN-Tapera

https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/Article/246

https://www.rumah.com/panduan-properti/bank-yang-menyediakan-kredit-bangun-rumah-73253

 

Feminim Media

Informasi bagi wanita Indonesia mulai dari kesehatan, lifestyle, fashion, cinta, olahraga hingga lowongan kerja bagi para wanita ada di Feminim.id.

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *