Now Reading
Koin dan Token: Kenali Dua Aset Kripto Yang Utama Ini

Koin dan Token: Kenali Dua Aset Kripto Yang Utama Ini

Koin dan Token

Koin dan Token: Kenali Dua Aset Kripto Yang Utama Ini – Banyak masyarakat indonesia kini aware dengan pentingnya investasi. Karena dengan melakukan investasi, masa depan seseorang bisa lebih mudah dan biaya hidup bisa lebih terjamin.

Ada banyak jenis investasi yang bisa dilakukan. Diantaranya; Tabungan, Deposito, Emas, Properti, Saham, dan kini ada jenis aset investasi baru yaitu Investasi Mata Uang Kripto.

Booming mata uang kripto di Indonesia making terlihat akhir – akhir ini setelah Menteri Perdagangan mengeluarkan hasil risetnya yang menyatakan bahwa banyaknya pengguna kripto di Indonesia telah tumbuh sebanyak dua kali lipat, dengan nilai transaksi mencapai ratusan juta.

Apa yang menarik dari investasi kripto? Dan apa saja aset investasi kripto itu sendiri? Simak informasinya dibawah ini.

Sekilas Sejarah Mata Uang Kripto

Koin dan Token

Mata uang kripto muncul pertama kali ketika seseorang yang bernama Satoshi Nakamoto mengunggah paper buatannya yang berjudul, Bitcoin: A Peer-to-Peer Electronic Cash System.

Di dalam paper tersebut, Nakamoto mengusulkan bahwa uang cash yang dibayarkan langsung di antara dua pihak yang bertransaksi akan mempermudah pembayaran online tanpa harus melalui institusi pihak ketiga, akan tetapi untuk menghindari pemalsuan dan penggandaan mata uang, maka tindakan pencegahan akan dilakukan. Yaitu, dengan membuat sebuah network sistem yang berbasis P2P. Dan dari sinilah, kemudian Bitcoin diciptakan.

Mata Uang Kripto Pertama: Bitcoin

Keunggulan mata uang kripto dari mata uang yang lain adalah tingkat sekuritas yang dimilikinya.

Mata uang kripto dilindungi dengan menggunakan serangkaian sistem kriptografi yang dibuat diatas blockchain dan membuatnya sulit untuk dipalsukan dan digandakan. Dengan sekuritas yang seperti itu, nilai tukar yang dimiliki mata uang kripto cukup tinggi, karena dapat menghindarkan pihak yang bertransaksi dari penipuan dan kerugian.

Akan tetapi, sekuritas adalah setengah dari nilai awal aset yang dimiliki Bitcoin, setengah sisanya berasal dari anggapan para investor bahwa mata uang kripto akan menjadi mata uang pengganti di masa depan. Yakni, mata uang yang akan digunakan sebagai alat pembayaran antar negara antar benua tanpa melalui pihak ketiga seperti Bank Sentral yang ada di setiap negara di dunia.

Perbedaan Antara Koin dan Token

Sebagai aset investasi, uang kripto memiliki dua bentuk yaitu Koin dan Token. Hampir semua trader yang baru terjun ke dunia investasi kripto pertama kali pasti akan dibuat bingung dengan istilah Koin  dan Token. Koin dan Token adalah dua hal yang sama tapi juga berbeda.

Singkat cerita, Koin adalah uang yang dipakai untuk pembayaran. Koin memiliki  blockchain mereka sendiri, tidak menumpang di blockchain yang lain. Sedangkan, token adalah produk atau servis yang dibeli dengan menggunakan koin dan menumpang di blockchain milik jaringan lain.

Koin dan Token bisa ditukar antara satu sama lain akan tetapi tidak semua token bisa digunakan untuk membeli dan transaksi apa saja seperti koin. Karena ada beberapa marketplace yang tidak menerima token sebagai alat pembayaran, dan hanya menerima koin sebagai alat pembayaran yang sah dalam interaksi dan transaksi di platform-nya.

Koin dan Token, mana yang lebih menguntungkan untuk investasi?

Semua kembali ke apa yang bisa dilakukan dengan dua aset itu sendiri. Jika itu koin, koin adalah aset investasi yang paling menguntungkan saat ini karena daya gunanya lebih luas. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa Token akan lebih bernilai, jika Token memiliki sesuatu yang bisa mengungguli daya guna koin. Seperti Compound Token misalnya, dengan menyimpannya melalui Compound Protocol dan menghasilkan bunga dari peminjaman Ethereum di platform tersebut.

Lalu, apalagi yang Anda tunggu? Segeralah buat akun Bitcoin Anda di Pintu. Pintu adalah aplikasi jual beli bitcoin dan aset crypto lainnya yang telah terdaftar resmi di Bappebti. Di Pintu, kamu bisa mengecek pergerakan harga aset, membaca berita-berita terbaru tentang crypto serta melakukan investasi dan trading selain itu, Pintu menjual Bitcoin murah yang bisa Anda miliki mulai dari Rp11.000 saja.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll To Top