Now Reading
Simak 6 Kesalahan Memakai Softlens yang Sering Kamu Lakukan Ini

Simak 6 Kesalahan Memakai Softlens yang Sering Kamu Lakukan Ini

kesalahan memakai softlens

Memiliki masalah penglihatan dan harus memakai kacamata? Daripada ribet memastikan kacamata bertengger manis ditempatnya, banyak yang memilih menggunakan softlens. Selain memperbaiki penglihatan, juga dapat menunjang penampilan dengan berbagai warna yang menarik.

Kesalahan yang Sering dilakukan Saat Mengenakan Softlens

Hindari kesalahan memakai softlens dan membahayakan matamu. Simak beberapa kesalahan dalam memakai kontak lens yang sering dilakukan. Beberapa bahkan bisa merusak mata loh. Jadi jangan anggap masalah enteng.

1. Menjaga Kebersihan

Memakai softlens perlu memastikan semua benda steril. Tangan harus dicuci dan lensa berada di dalam tempatnya. Hindari memakai dengan tangan tanpa dicuci terlebih dahulu.

Bakteri bisa berpindah dari tangan dan menyebabkan masalah mata. Jaga juga kotak softlens ditempat yang tidak mudah dijangkau anak-anak. Jadi tidak jatuh, dibuka saat tidak dimemakai atau dimainkan.

2. Penggunaan Makeup

Softlens mempercantik penampilan terutama bila memakai warna-warni cantik. Salah satu kesalahan memakai softlens adalah berdandan terlebih dahulu baru memasangnya. Menggunakan make-up baru memasang softlens dapat tidak sengaja membuat softlens kotor dengan residu make-up.

Selain bahaya membuat softlens kotor, Kamu juga dapat memasangnya dengan keadaan tangan yang kotor. Hindari melakukan hal ini agar dandanamu tidak rusak dan softlens terpasang dengan baik.

kesalahan memakai softlens

3. Mata Sedang Sakit

Pilihan softlens bukan hanya karena bisa memperindah penampilan saja namun juga bisa karena memang memiliki masalah penglihatan. Bila sedang mengalami iritasi atau mata bengkak, menggunakan sotflens bukan pilihan bijaksana.

Jangan buang dahulu kacamatamu setelah memperoleh soflens. Simpan untuk saat-saat tertentu dimana mata tidak bisa menggunakan kontak lens. Bila dipaksakan bukan saja penglihatan bermasalah namun tindakan tersebut dapat memperburuk matamu.

4. Tidur menggunakan softlens

Pernahkah kamu merasa sangat letih sampai malas membersihkan make-up dan melepas softlens? Jangan dijadikan kebiasaan ya. Keduanya sama pentingnya untuk dilakukan sebelum tidur, walau kamu sudah sangat letih.

Menggunakan kontak lens selagi tidur adalah kesalahan memakai softlens yang dapat mengarah keberbagai masalah mata. Mulai dari iritasi mata sampai kerusakan permanen yang menyebabkan kebutaan. Wah serem kan? Jadi jangan sampai membiarkan sotflens di mata saat tidur lelap.

5. Cairan Pembersih Kadaluarsa

Semua benda asing yang ditaruh pada wajah ada masa memakainya. Mulai dari make-up, shampoo sampai kontak lensa. Sayangnya seringkali kita hanya memperhatikan masa kadaluarsa softlens saja dan mengabaikan cairan pembersihnya.

Jangan salah, cairan pembersih juga bisa kadaluarsa bila terlalu lama berada dimeja tanpa diperiksa tanggal masa memakainya. Terlebih lagi bila terlalu lama dan tulisan tanggalnya sudah tidak terbaca lagi. Wah gawat kan. Jangan sampai kamu lupa untuk memeriksanya.

Ganti cairan pembersih softlens setiap enam bulan sekali paling minimum. Selain itu, penting juga untuk mengganti cairan bening yang ada dalam softlens case.  Pencegahan dan disiplin akan membuat softlens awet dan mata tetap terawat dengan baik.

6. Tidak Mempersihkan Kotak Softlens

Jangan sepelekan kebersihan. Bukan hanya tangan saja, tapi kotak penyimpanan softlens mu juga perlu sesekali diperiksa dan dibersihkan. Ada saja kuman yang dapat masuk kotak bisa dari tangan yang kurang bersih, residu make up atau debu yang masuk saat kotak terbuka.

Hindari kotak softlensmu jadi sarang bakteri dengan sesekali membersihkannya. Tanyakan pada dokter mata atau tempat kamu membeli softlens tentang bagaimana cara membersihkan kotak softlens yang baik dan benar.

Ada berbagai kemungkinan seseorang melakukan kesalahan memakai softlens. Bisa karena tidak sengaja atau sekedar terlalu malas saja. Untuk tampil menarik memang butuh usaha ekstra. Oleh karena itu pertahankan dengan merawat softlens dan menjaga kebersihan saat memakainya ya.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll To Top