Now Reading
3 Kegiatan Kreatif Untuk Anak TK Saat di Rumah dan Manfaatnya

3 Kegiatan Kreatif Untuk Anak TK Saat di Rumah dan Manfaatnya

Kegiatan kreatif untuk anak TK

Kegiatan Kreatif Untuk Anak TK – Anak usia dini atau usia TK, merupakan fase tumbuh kembang yang penting untuk dioptimalkan. Pada saat kondisi tertentu seperti masa pandemi dan anak-anak harus belajar di rumah, kita sebagai orang tua harus bisa memberi kegiatan kreatif untuk anak TK agar kemampuan serta kreativitasnya terus terasah.

Anak usia TK tidak harus menjadi pandai dalam hal berhitung atau membaca. Sebab di usia tersebut, saat yang tepat untuk membentuk kepribadian dan mengasah kreativitasnya. Sebab itulah, kegiatan anak TK di sekolah lebih mengarah pada bermain sambil belajar. Nah, berikut ini kegiatan serupa yang bisa kita berikan ketika anak belajar di rumah.

Contoh  Kegiatan Kreatif Untuk Anak TK Saat Berada Di Rumah

Kegiatan kreatif untuk anak TK

Mengajak anak-anak usia dini atau usia TK untuk belajar, harus mengutamakan kenyamanan mereka. Hindari membuat mereka tertekan dengan aktivitas yang menuntut keseriusan atau situasi yang kaku. Anda bisa menerapkan beberapa contoh permainan yang mengembangkan kreativitas anak berikut ini di rumah.

1. Menciptakan Karya

Anda bisa mengajak si kecil bermain membuat prakarya. Mulai dengan membuat topi atau benda-benda yang mereka sukai dan bisa digunakan untuk bermain. Anda bisa mengajarkan dan melatih kreativitas anak TK dari barang bekas misalnya. Bisa membuat kompor dari kardus, membuat telepon dari kaleng atau gelas plastik bekas dan lain sebagainya.

Dampingi Si Kecil ketika menciptakan karyanya, terlebih jika perlu menggunakan gunting atau benda tajam lainnya. Bebaskan mereka berimajinasi dan berkreasi dalam membuat prakarya. Jangan lupa memberi pujian atas hasil buatannya. Dengan begitu akan membuatnya percaya diri dan merasa dihargai.

2. Bermain Puzzle

Anak-anak biasanya menyukai karakter hewan, super hero atau tokoh kartun anak-anak yang tengah menjadi idola. Membeli puzzle dengan karakter-karakter tersebut akan menarik minat mereka dalam melakukan kegiatan kreatif untuk anak TK dengan menyusun kepingan puzzle. Selain melatih fokus, permainan ini juga melatih kesabaran.

3. Memasak dan Membuat Kue

Bermain memasak dan membuat kue bersama-sama ketika di rumah, selain mengasah kreativitas juga mempererat bonding antara anak dan orang tua. Kegiatan kreatif untuk anak TK ini mengajarkan mereka mengenal bahan makanan, kandungan vitamin pada makanan, serta berkreasi membuat makanan yang menarik dan membuatnya berselera.

Menghias kue, menata bekal makanan merupakan contoh tugas anak TK di rumah yang menyenangkan dan akan membuat mereka bersemangat mengerjakannya. Mereka juga akan lebih bersemangat dalam menyantap hidangan yang mereka turut serta dalam proses pembuatan ataupun penataannya.

Manfaat Kegiatan Kreatif Untuk Anak TK

Dengan terus mengasah kreatifitas anak, ada beberapa manfaat yang bisa diperoleh bagi tumbuh kembang anak kedepannya. Berikut ini beberapa manfaat dari kegiatan yang mengasah kreatifitas bagi anak-anak usia dini.

  • Memupuk rasa percaya diri, dihargai, serta pengendalian emosi
  • Melatih sosialisasi, kerja sama dan juga kemampuan analisa
  • Melatih motorik anak
  • Membantu anak memahami diri sendiri, baik hal yang disenangi, yang tidak disukai maupun apa yang diingini
  • Menghindarkan anak dari rasa stress, tertekan dan terbebani

Berbagai manfaat yang dihasilkan tersebut, menunjukkan betapa pentingnya kegiatan kreatif untuk anak TK bagi perkembangannya di masa depan. Sebagai orang tua, kita harus bisa turut berperan dalam membangun karakter anak. Bukan hanya pada saat anak-anak terpaksa belajar daring, tetapi juga ketika sekolah telah beroperasi seperti semula.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll To Top