Now Reading
Jenis-jenis Pipa Air beserta Kegunaannya yang Bisa Anda Ketahui

Jenis-jenis Pipa Air beserta Kegunaannya yang Bisa Anda Ketahui

pipa air rucika

Salah satu elemen bangunan yang sangat penting dan fungsional untuk hunian yaitu pipa air. Melalui pipa air, Anda bisa mendapatkan atau menyalurkan kebutuhan air bersih, bahkan air kotor akibat limbah rumah tangga pun dapat didistribusikan oleh alat ini dengan maksimal. Makanya tidak heran jika benda ini seringkali dibutuhkan dalam setiap bangunan.

Pipa air seringkali ditemui di beberapa tempat, seperti gedung-gedung tinggi, rumah pribadi hingga pinggir jalan raya. Pipa air memiliki beragam jenis, ada yang berukuran besar, ada pula yang kecil, ada yang terbuat dari plastik dan ada pula yang terbuat dari besi. Masing-masing pipa tersebut memiliki kegunaannya tersendiri.

8 Jenis Pipa Air beserta Kegunaannya

pipa air

Bangunan yang layak huni bukan hanya dilihat dari bentuk dan desainnya saja, tetapi juga pada sistem saluran air yang baik dan dapat digunakan dengan maksimal. Biasanya, sistem saluran air terdiri dari dua sistem fungsional, yaitu saluran yang membuang limbah serta saluran yang membawa air bersih. Adapun berikut ini merupakan jenis-jenis pipa air beserta kegunaannya yang bisa Anda ketahui, di antaranya yaitu

1. Pipa PVC

Pipa PVC menjadi salah satu jenis pipa air yang cukup populer untuk memenuhi kebutuhan rumah serta memiliki banyak kegunaan, mulai dari sebagai saluran air bersih dan saluran air buangan. Pipa ini dinilai aman serta tidak membahayakan kesehatan meskipun terbuat dari bahan plasticizer. Dengan menggunakan pipa ini, Anda sudah bisa menghemat biaya pengulangan karena proses instalasinya dinilai mudah.

Namun sayangnya, pipa PVC tidak bisa terkena oleh sinar matahari secara langsung sehingga diperlukan cat khusus yang dapat melindungi lapisan pipa. Adapun untuk harga pipa air yang satu ini dinilai terjangkau dan mudah ditemukan di berbagai toko bangunan ataupun toko online.

2. Pipa CPVC

Jenis pipa selanjutnya yaitu CPVC atau Chlorinate Poly Vinyl Chloride. Keunggulan pipa CPVC ini yaitu tebal dan tahan lama, serta memiliki ketahanan suhu sampai 1.800 derajat Celsius. Karena sifatnya yang tahan akan perubahan suhu, pipa ini seringkali digunakan untuk instalasi air panas dan air dingin.

3. Pipa PVC-O

Jenis pipa air yang satu ini merupakan bentuk pengembangan dari pipa PVC yang diproduksi dengan metode bi-axial, yang dapat mengikat molekul bahan baku dengan kuat. PVC-O  juga dinilai efektif menampung volume air karena menggunakan material yang lebih tipis.

Hal yang membuat banyak orang memilih pipa ini karena lebih kuat dari PVC biasa, memiliki risiko keretakannya yang rendah, awet serta dinilai ideal sebagai saluran air.

4. Pipa HDPE

Pipa air HDPE merupakan pipa yang biasanya digunakan sebagai saluran air bersih untuk makanan atau minuman maupun keperluan sanitasi seperti mencuci, mandi dan lainnya. dengan menggunakan pipa ini, kebutuhan air bersih dalam rumah Anda dapat terpenuhi.

Adapun ciri-ciri pipa HDPE yaitu memiliki ukuran yang tidak terlalu besar, ringan, tahan terhadap keretakan, fleksibel serta kuat pada tekanan air hingga 10 Kg/Cm2. Pipa ini juga tahan terhadap bahan kimia dan perubahan suhu panas maupun dingin. Harga pipa air ini dinilai terjangkau.

5. Pipa Air PEX

Jenis pipa air ini tak kalah bagusnya yaitu pipa PEX atau Cross-linked Polyethylene. Pipa ini dapat digunakan untuk saluran air dingin dan air panas ke hunian serta dapat dijadikan instalasi hidrolik karena mempunyai sifat tahan pada suhu ekstrim. Jika dibandingkan dengan berbagai jenis pipa lainnya, Jenis pipa yang satu ini memiliki bentuk yang sederhana dengan cincin penghalang untuk mengamankan sambungan. Warnanya pun dapat mengidentifikasi saluran air dingin dan panas dengan mudah.

6. Pipa PP-R

Sama seperti sebelumnya, jenis pipa air PP-R juga memiliki ketahanan pada perubahan suhu panas dan suhu dingin. bukan hanya itu, pipa ini juga tahan terhadap gempa, fleksibel, anti abrasi dengan struktur yang cukup ringan. Pipa yang disusun dari plastik yang berasal dari minyak bumi ini dapat dijadikan sebagai alternatif pengganti pipa logam bersifat korosif serta bisa digunakan sebagai saluran air yang memenuhi kebutuhan konsumsi.

7. Pipa Galvanis

Jenis pipa air yang satu ini berbeda dengan pipa sebelumnya, di mana galvanis terbuat dari material besi seng dan dilapisi baja. Jenis ini dinilai mempunyai kesulitan yang lebih tinggi, dimana ketika proses pemotongan, Anda perlu memperhatikan akurasinya dengan sangat baik dan teliti. Pipa ini tidak dianjurkan sebagai saluran air panas, karena bahannya yang terbuat dari seng mudah mengelupas.

Itulah 7 jenis pipa air beserta kegunaannya yang bisa Anda ketahui. Masing-masing pipa tersebut tentu memiliki keunggulan, kekurangan serta harga pipa air tersendiri. Jika Anda membutuhkan pipa air Anda bisa membelinya di rucika.

Rucika merupakan perusahaan yang bergerak sebagai produsen pipa PVC terbesar di Indonesia dan produksinya telah tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Pipa yang diproduksi oleh perusahaan ini juga beragam dan unggul.

Bukan hanya menyediakan pipa berkualitas, rucika juga memiliki tenaga ahli yang profesional dalam memasang pipa serta dapat memberikan penjelasan atau pelatihan yang dapat membantu Anda menghadapi masalah mengenai perpipaan.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll To Top