Now Reading
Investasi di Saham dan Reksadana Saham

Investasi di Saham dan Reksadana Saham

reksadana saham

FEMINIM.ID – Melakukan investasi di Reksadana saham memang menjadi salah satu cara yang menarik untuk mendapatkan keuntungan finansial. Anda yang tertarik untuk melakukan investasi secara tepat maka bisa melakukannya dengan bergabung bersama perbankan prioritas DBS Treasures. Investasi saham melalui reksadana saham bersama dengan DBS Treasures akan memberikan Anda banyak sekali kemudahan.

Setiap nasabah yang melakukan investasi saham bersama dengan DBS Treasures akan merasa lebih yakin dan tenang karena didukung dengan ragam manajer investasi, ragam fokus sektor dan kemudahan transaksi. Anda dapat menjadi nasabah prioritas DBS Treasures dengan menempatkan dana kelolaan minimal Rp500 juta yang dapat dialokasikan ke berbagai instrument investasi yang tersedia di DBS Treasures, salah satunya di Reksadana Saham. Angka tersebut nantinya berpotensi berkembang apabila Anda melakukan investasi secara konsisten dan sabar.

Memahami Pengertian Investasi

Sebelum membahas lebih jauh tentang investasi saham, sebelumnya Anda harus memahami terlebih dahulu apa itu pengertian investasi. Investasi yakni sebuah kegiatan penanaman modal agar bisa mendapatkan keuntungan maksimal untuk masa depan.

Apabila Anda mampu melakukan investasi saham secara profesional, bukan tidak mungkin jika Anda berada pada kondisi finansial yang aman nantinya. Salah satu investasi yang cukup menarik adalah investasi saham.

Keuntungan yang didapatkan sangat tergantung dengan kondisi pasar serta kemampuan Anda dalam mengelola dana yang ditanam. Investasi saham biasanya dilakukan dalam kurun waktu tertentu.

Uang yang dijadikan sebagai modal nanti bisa digunakan untuk membeli saham. Selanjutnya Anda bisa melakukan jual beli saham untuk mendapatkan keuntungan.

Jenis Investasi

Investasi saham melalui Reksadana menjadi sesuatu yang cukup menarik. Akan tetapi Anda juga harus memahami jika investasi yang ditawarkan ada beberapa jenis. Berdasarkan jangka waktu dan tujuan investasinya terdapat dua jenis investasi yaitu:

1. Investasi jangka pendek

Investasi ini memungkinkan investor untuk menanam modal dalam waktu sekitar 1 sampai 3 tahun. Anda bisa memilih investasi ini apabila memang memiliki keinginan untuk bisa segera mendapatkan keuntungan dan menarik dana dengan cepat.

2. Investasi jangka panjang

Jenis investasi berikutnya yaitu investasi jangka panjang dengan kurun waktu hingga 3 sampai 15 tahun. Investasi ini cocok untuk Anda yang ingin mendapatkan keuntungan besar dan memiliki tabungan untuk masa depan atau kebutuhan dalam jangka panjang seperti pensiun.

Apa itu investasi saham?

Jika Anda telah mengetahui apa investasi selanjutnya juga perlu memahami apa itu investasi saham. 

Investasi saham merupakan investasi untuk menanam modal kepada perusahaan perseroan terbatas atau suatu badan usaha.

Dengan melakukan investasi saham, investor memiliki hak untuk mendapatkan bagi hasil dari keuntungan yang didapatkan oleh perusahaan tersebut. Investor juga memiliki hak untuk ikut dalam berbagai rapat perusahaan.

Jenis Investasi Saham

Investasi saham ternyata juga dibagi menjadi berbagai macam. Dalam Bursa Efek Indonesia tercatat ada sekitar 711 perusahaan yang sahamnya terdaftar. Selain itu saham tersebut masih dibagi menjadi 9 sektor diantaranya seperti agrikultur, mining, basic industry and chemical, consumer goods industry, properti, infrastruktur, finance, trade and service.

Selain itu, investasi saham juga dibagi menjadi dua lagi yaitu saham biasa dan juga saham preferen. Investasi saham biasa umumnya berupa surat pernyataan kepemilikan perusahaan yang yang menjadi salah satu surat berharga.

Keuntungan jika memilih investasi saham yang satu ini adalah Anda bisa mendapatkan timbal balik setiap bulannya serta resiko kerugian sangatlah rendah.

Sedangkan jenis saham preferen yaitu pemegang saham yang mendapatkan prioritas untuk pembagian dividen dibandingkan investor untuk jenis saham biasa. Jika Anda memilih saham preferen nantinya bisa memiliki hak istimewa untuk membuat kebijakan bagi perusahaan.

Kedua opsi investasi tersebut sama-sama menguntungkan asalkan ada mampu mengambil keputusan dengan tepat.

Investasi Reksadana Saham Bersama DBS Treasures

Dalam melakukan investasi, Anda perlu menentukan kebutuhan dan kesanggupan Anda untuk memilih produk investasi yang tepat, maka dari itu. Jika Anda lebih memprioritaskan risiko yang lebih rendah dengan return yang konstan, maka investasi reksadana saham dapat menjadi produk investasi yang sesuai untuk Anda. Selain menentukan produk investasi, sarana atau platform investasi juga menjadi suatu hal yang perlu diperhatikan. Dalam hal ini, DBS Treasures sebagai priority banking hadir menjadi mitra terpercaya untuk investasi reksadana saham Anda. 

Adapun beberapa keunggulan yang ditawarkan oleh DBS Treasures bagi setiap investor di antaranya: 

1. Dikelola oleh profesional

Keuntungan pertama jika berinvestasi bersama dengan DBS Treasures, Anda bisa melakukan investasi reksadana dengan dikelola oleh manajer investasi berpengalaman dan terkemuka yang bermitra dengan DBS Treasures.

Ketika akan melakukan investasi apapun memang sebaiknya Anda memilih manajer investasi yang kompeten. Jangan sampai merasa dirugikan karena manajer investasi tidak bekerja secara profesional.

2. Informasi penting tentang investasi

Bagi Anda yang masih belum terlalu paham tentang investasi reksadana saham, nantinya bisa mendapatkan informasi lengkap bahkan analisis pasar serta peluang terbaru mengenai investasi yang dijalankan.

Para investor profesional yang sudah terbiasa berinvestasi tetap saja membutuhkan informasi penting seputar pasar saham dan yang berkaitan dengan investasi. Tim ahli DBS Treasures berkolaborasi menganalisis semua informasi ini agar dapat mendukung Anda secara proaktif dalam berinvestasi reksadana saham.

3. Diversifikasi

Bersama dengan DBS Treasures, dana Anda akan disebar ke beberapa aset investasi sehingga risiko kerugian dapat ditekan atau diminimalisir.

Diversifikasi sangatlah penting bagi para investor karena hal ini memungkinkan Anda untuk tidak meletakkan telur dalam satu keranjang. Dana Anda tidak hanya diinvestasikan pada satu aset investasi saja sehingga jika mengalami kerugian, Anda masih bisa mendapatkan keuntungan dari aset yang lainnya.

Anda bisa melakukan investasi dengan nyaman setelah bergabung dengan DBS Treasures. Langsung saja daftarkan diri Anda menjadi nasabah DBS Treasures dan lakukan investasi dengan minimal nominal sebesar 500 juta rupiah. Keuntungan yang akan didapatkan berpotensi mendukung Anda mengembangkan kekayaan dengan yakin di saat yang tepat.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll To Top