Now Reading
Sebelum Memulai, Kenali Instrumen Investasi Paling Diminati Berikut

Sebelum Memulai, Kenali Instrumen Investasi Paling Diminati Berikut

Kenali Instrumen Investasi Paling Diminati Berikut

Obligasi Pemerintah merupakan salah satu jenis dari instrumen investasi. Berbicara tentang investasi, maka Anda perlu untuk mengenali dulu pengertiannya. Investasi adalah suatu aktivitas penempatan modal atau dana ke dalam satu atau lebih jenis aset lain selama periode tertentu agar nilai aset tersebut bertumbuh menjadi lebih besar.

Sementara itu, instrumen investasi ialah suatu wadah yang digunakan oleh pelaku investasi guna mengelola dan mengembangkan aset di mana mereka menanamkan modalnya. Di Indonesia, investasi semakin berkembang dari tahun ke tahun. Orang-orang berlomba mencoba melakukan investasi dengan berbagai pilihan instrumen yang diminatinya.

Artikel ini akan mencoba untuk membahas macam-macam instrumen investasi yang paling diminati oleh masyarakat Indonesia. Bagi Anda yang penasaran, yuk, simak pembahasan lebih lanjutnya pada poin berikut.

Instrumen Investasi Paling Diminati

Kenali Instrumen Investasi Paling Diminati Berikut

Bagi Anda yang ingin memulai investasi namun masih ragu terhadap pilihan instrumen investasi yang nantinya akan menjadi tempat Anda menanamkan modal, berikut ini terdapat beberapa pilihan instrumen investasi menarik ditinjau dari minat masyarakat yang wajib Anda ketahui.

  • Saham

Instrumen pertama dengan popularitas tinggi yang banyak dilakukan oleh masyarakat indonesia yaitu investasi saham. 

Investasi dalam bentuk penanaman modal terhadap suatu perusahaan yang membuat Anda seolah menjadi bagian dari pemilik perusahaan meskipun dalam persentase kecil ini banyak diminati sebab dipercaya dapat menghasilkan keuntungan besar.

Faktor utama yang menentukan keuntungan Anda apabila melakukan investasi dengan instrumen ini yaitu tentu saja berkaitan dengan besarnya persentase atas kepemilikan saham perusahaan yang Anda beli tersebut. Semakin besar persentase kepemilikan saham, maka keuntungan yang didapatkan juga akan semakin besar.

  • Obligasi 

Instrumen investasi kedua yang juga ramai peminatnya yaitu instrumen Obligasi. Investasi Obligasi merupakan suatu kegiatan penanaman modal yang dilakukan dengan cara membeli surat utang milik suatu instansi penerbit.

Investasi Obligasi ini terbagi ke dalam beberapa jenis yang dikategorikan berdasarkan instansi penerbitnya. Jenis-jenis investasi tersebut di antaranya, yaitu investasi Obligasi Pemerintah, Obligasi Korporat, dan Obligasi Daerah.

Besarnya keuntungan dari investasi Obligasi ini salah satunya dihasilkan dari bunga investasi atau dalam lingkup instrumen ini disebut dengan kupon Obligasi. Kupon Obligasi ini akan diberikan secara berkala dalam jangka waktu tertentu sesuai dengan kesepakatan.

  • Reksadana

Investasi populer di kalangan masyarakat indonesia lainnya yaitu Reksadana. Selain terkenal menguntungkan, investasi Reksadana ini juga dikenal sebagai salah satu investasi yang mudah dilakukan bahkan untuk para pemula. 

Hal ini didasari dengan hadirnya Manajer Investasi. Memiliki peran untuk mengelola dana dari para investor, posisi Manajer Investasi dalam sistem instrumen investasi ini merupakan sesuatu yang penting.

Apabila Anda termasuk pribadi yang anti repot, maka instrumen investasi Reksadana ini merupakan investasi yang tepat sebab segala sesuatunya akan diurus atau dikelola oleh Manajer Investasi. Namun apabila Anda ingin terjun langsung dalam dunia investasi dan mengelola segala sesuatunya sendiri, Reksadana bukan merupakan pilihan yang tepat.

  • Properti

Yang keempat dalam kategori investasi paling diminati oleh masyarakat yaitu investasi dalam bentuk properti. Macam-macam properti yang biasanya dijadikan sebagai ladang berinvestasi yaitu rumah, tanah, maupun kantor.

Tidak hanya dalam bentuk kepemilikan, investasi properti ini juga mencakup kegiatan lain mulai dari pembelian, penyewaan, pengelolaan, hingga penjualan. 

Instrumen investasi properti ini merupakan investasi yang stabil dan menguntungkan sebab nilainya hampir selalu mengalami kenaikan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa yang menjadi keunggulan dari investasi ini yaitu risiko mengalami penurunan nilai atau harga dari properti terbilang cukup rendah. 

Sementara untuk kekurangannya yaitu terdapatnya biaya perawatan untuk properti yang Anda miliki tersebut.

  • Emas 

Sesuai namanya, investasi yang banyak diminati berikutnya yaitu berbentuk emas. Anda bisa berinvestasi dengan instrumen ini baik dalam bentuk emas batangan, koin, hingga yang sudah berbentuk perhiasan,

Tergolong ke dalam investasi yang mudah untuk dilakukan mulai dari cara pembelian hingga penjualan kembali, membuat investasi emas ini banyak dilakukan oleh masyarakat dari berbagai kalangan usia. 

Meskipun demikian, investasi berbentuk emas ini tetap memiliki risikonya tersendiri. Risiko yang bisa saja dialami ketika berinvestasi emas yaitu emas tersebut dapat hilang akibat dicuri jika penyimpanan di rumah tidak aman.

Tertarik Berinvestasi? Mulai Investasi Obligasi Pemerintah Bersama DBS Treasures

Berdasarkan instrumen investasi yang banyak diminati masyarakat, salah satu yang bisa Anda lakukan yaitu investasi Obligasi. Investasi Obligasi dapat menghasilkan keuntungan yang menarik apabila Anda berhasil menemukan mitra investasi yang tepat.finvestasi

Berbicara tentang mitra investasi yang tepat, perbankan prioritas DBS Treasures bisa menjadi mitra yang mendukung Anda dan memberi insight dalam investasi Obligasi jenis pemerintah. Obligasi Pemerintah adalah jenis Obligasi yang surat utangnya diterbitkan oleh instansi pemerintah.

Bersama DBS Treasures, Anda sebagai Nasabah pun dapat yakin mengambil keputusan investasi atau finansial akurat di kala yang tepat. Sebagai sebuah mitra dalam berinvestasi, DBS Treasures menawarkan berbagai keunggulan yang bisa Anda nikmati. Keunggulannya adalah berikut:

  • Kupon Reguler

Anda akan mendapatkan keuntungan berupa kupon reguler secara berkala selama masih dalam periode investasi.

  • Potensi Capital Gain

Keunggulan menarik lainnya yaitu Anda dapat menjual Obligasi kapan pun sebelum waktu jatuh tempo untuk mendapatkan keuntungan.

  • Kupon Kompetitif

Kupon yang ditawarkan bersifat kompetitif di atas bunga Deposito berjangka.

  • Tidak Ada Biaya Tambahan

Anda juga tidak akan dikenakan biaya tambahan melainkan hanya spread atau selisih dari harga jual dan harga beli.

  • Transaksi 24/7

Transaksi bisa dilakukan melalui Aplikasi digibank by DBS selama 24/7.

Bagi Anda yang tertarik untuk memulai investasi Obligasi Pemerintah bersama DBS Treasures, Anda bisa mendapatkan informasi lebih lengkapnya dengan mengunjungi tautan berikut https://www.dbs.id/id/treasures-id/investasi/structured-product/investing-in-bonds.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll To Top