Now Reading
Beberapa Hal yang Harus Dipelajari Sebelum Jadi Pramugari

Beberapa Hal yang Harus Dipelajari Sebelum Jadi Pramugari

Beberapa Hal yang Harus Dipelajari Sebelum Jadi Pramugari

Pramugari adalah profesi yang asyik karena bisa naik pesawat dan traveling gratis, bahkan sampai ke mancanegara. Apalagi gajinya juga cukup tinggi, bahkan jauh di atas UMR. Akan tetapi saat jadi pramugari bukan berarti hanya bermodal tubuh yang kurus dan tinggi serta riasan tebal, karena tugasnya banyak, bukan hanya senyum-senyum seperti model di majalah.

Untuk menjadi pramugari maka harus ada persiapan khusus terutama fisik karena selain wajib berdiri dan membagikan makanan kepada penumpang pesawat, ia juga bisa kena jet lag alias pusing karena perbedaan waktu antar negara. Saat Anda ingin jadi pramugari maka jangan bayangkan mumetnya dulu karena sebenarnya jika punya tekad kuat akan melewatinya. Anda tinggal melamar kerja dan membawa CV, serta hal yang perlu diperhatikan adalah kelengkapan surat lamarannya.

Mau Jadi Pramugari Andal? Simak Tips Ini

Inilah beberapa hal yang bisa jadi modal sebelum jadi pramugari profesional:

1. Mahir Berbahasa Asing

Modal terbesar seorang pramugari adalah kemampuannya untuk berbahasa asing. Jika Anda serius untuk ingin jadi pramugari maka minimal harus bisa bahasa inggris. Bahasa inggrisnya bukan hanya pasif tetapi aktif, dan pramugari dituntut untuk mahir bercakap-cakap pula alias speaking.

Kalau bisa, skill ini ditambah dengan bahasa lain seperti mandarin, karena nanti saat bertugas akan bertemu dengan orang dari berbagai belahan dunia dan mereka rata-rata bisa 2 bahasa itu. Untuk skill bahasa bisa dipelajari melalui kursus dan dengarkan video di Youtube agar makin mahir.

2. Ramah dan Murah Senyum

Seorang pramugari terpancar kecantikannya bukan karena tebalnya lipstik dan bedak, tetapi terlihat dari auranya. Dari dalam hatinya ia bekerja dengan tulus dan ikhlas. Jangan lupa untuk selalu tersenyum apapun yang terjadi di atas udara maupun saat pesawat sudah mendarat. Anda juga wajib untuk ramah kepada siapapun, baik ke penumpang maupun ke orang lain di bandara.

3. Menjaga Kesehatan dengan Tepat

Jam kerja pramugari cukup panjang dan pastinya melelahkan, sehingga jika Anda ingin berkarir di udara seperti mereka, pastikan sudah pandai memanajemen kesehatan dengan tepat. Caranya dengan cukup minum air putih (dua liter dalam sehari), makan buah dan sayuran segar, serta mengurangi gorengan.

Jangan lupa juga untuk berolahraga karena manfaatnya banyak sekali untuk kesehatan. Selain membuat stamina tubuh jadi amat terjaga ketika harus bertugas di udara, maka olahraga juga bisa membuat kulit kencang dan tubuh terjaga. Lakukan olahraga saat sedang di daratan, bisa pilih: mau yoga, pilates, zumba, atau sekadar lari sore keliling kompleks perumahan.

4. Sigap saat Bertugas

Seorang pramugari harus sigap saat bertugas karena ia yang pertama kali menolong para penumpang ketika dalam keadaan terburuk, misalnya ada badai di udara. Kesigapan ini bisa didapatkan dengan latihan tiap hari dan didukung juga oleh hobi berolahraga. Sehingga stamina dan kecepatan juga memukau walau sedang berada jauh di atas tanah.

Jangan malah bersikap lambat atau malas-malasan, karena nanti akan mendapat penilaian buruk dari penumpang. Pramugari adalah representasi dari perusahaan maskapai penerbangan, oleh karena itu wajar jika dituntut untuk bertindak cepat tetapi tetap akurat.

5. Tenang dalam Keadaan Genting

Saat berada di udara maka Anda sebagai pramugari tidak hanya dihadapkan pada keadaan yang genting. Misalnya saat ada penumpang yang muntah karena mabuk udara, ada yang menangis karena takut ketinggian, atau malah ada yang melahirkan tiba-tiba di pesawat. Semua bisa terjadi walau sudah diantisipasi oleh pihak maskapai, terutama dari segi keamanan.

Dalam keadaan itu maka Anda dituntut untuk tidak panik, tetapi harus tenang dan menolong mereka dengan penuh senyuman. Namun ketika keadaan benar-benar gawat misalnya ada pembajakan atau pengancaman, maka harus lebih waspada walau dalam hati tenang. Untuk itu selain olahraga biasa sebaiknya pramugari juga belajar ilmu bela diri agar bisa menghadapi kemungkinan kejahatan di mana saja.

6. Suka Membaca untuk Menambah Wawasan

Jadi pramugari bukanlah boneka barbie hidup yang kerjanya Cuma mengoleskan lipstik tiap 30 menit sekali. Namun pramugari juga wajib belajar, tidak hanya mengenai ilmu tata rias, tetapi juga pengetahuan umum. Karena kecantikan akan makin sempurna jika ditambah dengan sains dan ilmu lainnya yang diserap oleh otak.

Kegunaan dari bacaan sangat banyak. Misalnya Anda bisa sigap menolong penumpang yang tiba-tiba berteriak, ternyata ia mengalami trauma di ketinggian. Saat itu Anda ingat bahwa pernah membaca artikel di majalah tentang mengatasi trauma, lalu menenangkan penumpang dengan pelukan dan sugesti.

Ada banyak sekali persiapan sebelum akhirnya terbang dan menyandang status pramugari. Anda tak hanya harus mampu menata diri dengan rapi, cantik, dan murah senyum. Akan tetapi juga wajib rajin baca buku dan majalah, belajar bahasa asing, dan kalau bisa menguasai setidaknya satu jenis martial art untuk alasan keamanan.

 

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll To Top