Now Reading
7 Fungsi Software Payroll yang Perlu Anda Ketahui

7 Fungsi Software Payroll yang Perlu Anda Ketahui

Fungsi Software Payroll yang Perlu Anda Ketahui

Perkembangan bisnis ditandai dengan menjamurnya perusahaan multinasional, baik Start Up atau Usaha Kecil dan Menengah (UKM) serta meningkatnya para pekerja di perusahaan tersebut. Semakin maju sebuah perusahaan, maka perusahaan tersebut memerlukan software payroll untuk memberi gaji kepada karyawannya dengan baik. Karena menjumlahkan gaji karyawan yang banyak tidak cukup hanya dengan menggunakan spreadsheet.

Software payroll sendiri merupakan program sistem penggajian yang memudahkan HRD dalam perusahaan untuk menghitung serta membayar gaji para karyawan. Jika perusahaan besar tidak menggunakan software payroll Indonesia terbaik, maka masalah yang sering terjadi yaitu perhitungan gaji membutuhkan waktu yang lama, akibatnya karyawan menjadi komplain dan resign.

7 Fungsi Software Payroll

Dengan menggunakan software payroll, maka pihak perusahaan akan mudah mengelola pembayaran gaji kepada karyawan berdasarkan data absensi, lembur karyawan, iuran, tunjangan, insentif dan bonus. Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut ini merupakan 7 fungsi software payroll yang dapat Anda ketahui, di antaranya yaitu:

1. Menjumlah Gaji dan Potongannya

Dalam perusahaan besar, tentu memiliki karyawan yang sangat banyak dan jika tidak menggunakan software payroll maka akan sangat merepotkan untuk menghitung jumlah potongan dan gaji karyawan. Fungsi payroll software ini memudahkan perusahaan untuk menghitung jumlah gaji kotor, serta secara otomatis menghitung potongan seperti BPJS kesejahteraan atau ketenegakerjaan, asuransi dan pajak.

Potongan tersebut langsung dimasukkan ke dalam jumlah gaji kotor dan otomatis dikirim ke rekening para karyawan. Bukan hanya itu saja, beberapa software payroll Indonesia terbaik juga menyertakan pergantian biaya remboursement, menghitung pengobatan tanpa BPJS serta pengeluaran karyawan secara otomatis.

2. Membuat Formulir Pajak

Setiap perusahaan dan karyawan tentu memerlukan formulir pajak sesuai dengan kebutuhannya. Pasalnya terdapat beberapa software payroll yang dapat membuat formulir pajak, lalu langsung dicetak dan dikirim ke pihak bersangkutan. Hal tersebut tentu akan memudahkan perusahaan.

3. Menyimpan Data dengan Aman

Setiap perusahaan tentu memiliki data-data penting yang harus disimpan. Namun penyimpanan data secara manual akan menghabiskan waktu yang banyak serta sulit dilakukan, terlebih jika membutuhkan banyak kertas maka akan boros tempat penyimpanan.

Dengan menggunakan software payroll, maka perusahaan tidak perlu repot-repot untuk mempersiapkan serta menyimpan data, karena sistem software tersebut sudah melakukannya. Bahkan data lama yang tidak diperlukan juga bisa dihapus dengan mudah.

4. Disesuaikan dengan Kebutuhan Perusahaan

Masing-masing perusahaan tentu memiliki kebutuhan yang berbeda. Oleh sebab itu, sistem payroll software diciptakan untuk bisa memenuhi kebutuhan perusahaan sesuai dengan kebutuhannya. Setiap perusahaan bisa menyampaikan kebutuhannya kepada vendornya masing-masing.

Misalnya pada perusahaan kecil yang hanya membutuhkan sedikit fitur, karena karyawan didalamnya masih berjumlah sedikit dan kebutuhannya belum terlalu banyak, dibandingkan dengan perusahaan yang sudah besar. Atau di sisi lain perusahaan besar ingin berinvestasi pada software payroll yang terintegrasi dengan aspek sumber daya lainnya seperti perizinan, penjadwalan, absensi dan lainnya.

5. Cloud Based Software

Software payroll Indonesia saat ini sudah berbasis cloud semua, sehingga memudahkan Anda untuk mengakses kapanpun dan dimanapun, selama perangkat yang digunakan terhubung dengan jaringan internet. Selain itu, cloud based software juga memudahkan Anda untuk meng-update perubahan kebijakan pajak serta gaji karyawan sesuai dengan peraturan pemerintah secara otomatis.

6. Self-Service

Dengan menggunakan software payroll maka karyawan dapat mengakses data informasi secara langsung mengenai perkembangan jumlah gaji, waktu kerja, bonus dan sebagainya. Software tersebut juga memiliki fitur yang memungkinkan karyawannya untuk mengajukan suatu hal secara otomatis tanpa mengajukan surat permohonan kepada HRD terlebih dahulu.

7. Membuat Laporan sesuai Kebutuhan

Transaksi yang berhubungan dengan payroll cukup tinggi frekuensinya, sehingga dibutuhkan laporan yang bisa dibaca dengan baik untuk proses analisa. Dengan bekerja bersama pihak accounting, maka Anda dapat menciptakan laporan transaksi payroll yang dengan mudah dan sesuai keperluan perusahaan.

Salah satu software payroll terbaik di Indonesia adalah Software Krishand Payroll. Software payroll Krishand merupakan software payroll terbaik yang sudah dipercayai oleh ribuan perusahaan dari berbagai jenis usaha.

Dengan menggunakan software payroll dari Krishand maka Anda akan merasakan betapa efektifnya waktu yang digunakan karena software ini bisa mempermudah dan mempercepat aktivitas payroll.

Krishand telah digunakan secara luas dengan beberapa produk yang dimilikinya seperti software Krishand PPN, Krishand Withholding Tax, Krishand PPh 21, Krishand Payroll, serta Krishand General Ledger.

Software Krishand PPN atau Withholding Tax maupun Krishand PPh 21 merupakan adalah software database yang dengan fitur-fiturnya bisa memudahkan Anda dalam proses pembuatan laporan pajak. Berbagai formulis pajak yang Anda dan perusahaan Anda butuhkan telah siap dengan format baku sesuai pedoman perpajakan yang berlaku di Indonesia.

Itulah 7 fungsi software payroll yang perlu Anda ketahui untuk memudahkan perusahaan dalam mengelola gaji karyawannya. Saat ini sudah banyak software payroll yang berada di pasaran, meskipun begitu Anda harus pintar memilih software yang berkualitas dan harga terjangkau.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll To Top