Now Reading
Etika Cara Makan Steak yang Benar, Ternyata Mudah Lho! 

Etika Cara Makan Steak yang Benar, Ternyata Mudah Lho! 

Etika Cara Makan Steak yang Benar

Saat menikmati jamuan di tempat umum tentu membutuhkan etika agar tetap nyaman dilihat, terlebih jika Anda menghadiri undangan bersama orang penting. Hal ini berlaku seperti halnya pada cara makan steak yang membutuhkan teknik tersendiri.

Penerapan etika makan akan memberi Anda banyak keuntungan, salah satunya dapat lebih menikmati hidangan yang disajikan karena setiap tata cara pastinya sudah dibuat untuk memudahkan siapapun yang menyantapnya. Selengkapnya simak tata cara menikmati steak lewat paparan berikut ini.

Pentingnya Memperhatikan Etika Duduk di Meja Makan

Saat menghadiri undangan, Anda perlu memperhatikan tema acara. Tujuannya agar dapat mengikuti acara dengan nyaman karena sudah memiliki gambaran mengenai jalannya acara.

Nah, salah satunya ketika menghadiri undangan atau mengunjungi rumah makan bergaya Amerika dan Eropa. Tentu menguasai cara makan steak akan sangat membantu. Namun sebelumnya, hal pertama yang wajib diperhatikan ialah etika duduk di meja makan.

Saat duduk pastikan Anda duduk dengan badan tegap, tidak membungkuk, terlalu condong ke depan ataupun bersandar di kursi. Selain itu, Anda tidak boleh meletakkan tangan di atas meja.

Perhatikan posisi siku agar tidak terlalu keluar atau terlihat lebar. Hal ini akan menghindarkan Anda menyenggol orang yang duduk di sebelah Anda ketika mulai menyantap hidangan. Selain memperhatikan posisi duduk dan tangan, usahakan juga untuk tidak bicara dalam keadaan mulut yang penuh makanan.

Selanjutnya, berikut etika makan steak menggunakan gaya Eropa dan gaya Amerika yang perlu Anda kuasai. Sebenarnya etika cara makan yang benar steak keduanya tidak berbeda jauh, agar lebih jelas yuk simak penjelasan selengkapnya.

Etika Cara Makan Steak ala Eropa (Kontinental)

Cara makan yang benar Saat makan steak, Anda akan menggunakan garpu dan pisau sebagai alat bantu makan. Pada gaya makan Eropa, garpu selalu berada di sebelah kiri piring, sementara pisau berada di sisi kanan.

Jika di hadapan Anda terdapat lebih dari satu garpu, artinya garpu di luar merupakan garpu salad, sementara yang berada di dalam diperuntukkan bagi hidangan utama. Ciri lain, garpu untuk hidangan utama berukuran lebih besar.

Berikutnya yaitu cara memotong daging. Angkat dan genggam pisau memakai tangan kanan dengan telunjuk yang lurus dan diletakkan di dekat pangkal punggung pisau, sementara keempat jari lainnya menggenggam pegangan pisau. Tahan daging memakai garpu kemudian iris menggunakan pisau.

Setelahnya Anda bisa langsung menyantap daging tanpa harus mengubah posisi pisau. Setelah selesai menyantap hidangan, Anda bisa meletakkan garpu dan pisau di atas piring dengan berdampingan dan posisi garpu menghadap bawah.

Sementara saat Anda istirahat di sela suapan, silangkan pisau dan garpu di atas piring, dengan posisi garpu di atas pisau dan gigi garpu menghadap ke bawah. Keduanya terlihat seperti membentuk huruf “V” terbalik.

Etika Cara Makan Steak ala Amerika (Gaya Zig Zag)

Gaya makan steak ala Amerika juga dikenal dengan gaya zig zag. Pertama, letakkan garpu di tangan kiri dengan pisau yang berada di tangan kanan.

Pada cara makan steak ala Amerika, cara memakai garpu mirip dengan posisi memegang pena. Letakkan pegangan garpu di antara ibu jari dan telunjuk dengan gigi garpu menghadap ke bawah, lalu mulailah memotong dengan gerakan seperti menggergaji. Lakukan secara perlahan.

Setelah membuat satu hingga dua potongan, Anda bisa menyantap daging. Namun sebelum menyantap, pindahkan terlebih dahulu garpu ke tangan kanan.

Perpindahan inilah yang membuat gaya makan steak ala Amerika disebut dengan gaya makan zig zag. Cara ini cocok bagi Anda yang terbiasa makan memakai tangan kanan. Sementara orang Eropa tidak menggunakan cara ini karena dirasa kurang efisien.

Berikutnya balik gigi garpu sehingga melengkung ke atas dan santaplah hidangan Anda. Saat Anda berhenti sejenak di antara suapan, letakkan peralatan makan dalam posisi istirahat, yaitu posisi pisau berada di dekat bagian atas piring dengan gigi garpu diletakkan menghadap atas.

Sementara setelah selesai makan, letakkan perlengkapan makan dengan posisi pisau dan garpu sejajar dengan gigi garpu menghadap arah atas.

Itulah etika cara makan steak yang benar yang bisa mulai Anda praktekkan. Bagi Anda yang ingin menikmati hidangan steak bisa mengunjungi Holycow dengan menu steak andalannya seperti wagyu tenderloin yang pastinya istimewa untuk disantap bersama orang terdekat.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll To Top