Now Reading
Digital Banking: Definisi, Jenis, dan Kelebihan

Digital Banking: Definisi, Jenis, dan Kelebihan

digital banking

Digital Banking merupakan salah satu keuntungan dari berkembangnya internet di seluruh penjuru dunia. Dengan adanya jaringan internet di masa sekarang memacu dunia digital untuk terus berkembang. Sehingga kita bisa melakukan berbagai macam aktivitas kehidupan kita secara cepat dan lebih praktis termasuk aktivitas Digital Banking.

Namun banyak orang yang masih asing dengan layanan Digital Banking sehingga lebih memilih untuk melakukan transaksi perbankan secara manual. Padahal layanan Digital Banking tidak berbatas usia, baik dari yang sudah berumur hingga generasi millennial kita. Yang Anda perlukan hanya smartphone dan perangkat digital seperti laptop maupun desktop komputer.

Produk dari Digital Banking juga bermacam-macam dari mulai internet banking, SMS banking, mobile banking dan sebagainya. Berbagai produk digital tersebut memungkinkan Anda untuk cek rekening bank dan transaksi finansial secara online dimanapun dan kapanpun Anda perlukan. Untuk lebih lanjutnya mari kita bahas mulai dari definisi, kelebihan dan jenis dari Digital Banking.

Definisi Dari Digital Banking

Berdasarkan Otoritas Jasa Keuangan Digital Banking adalah sebuah layanan perbankan yang berbasisi elektronik. Dimana adanya layanan ini guna memaksimalkan data dari nasabah dan memberikan pelayanan yang lebih praktis dan cepat sesuai kebutuhan dari masing-masing nasabah. Namun tetap keamanan data nasabah menjadi prioritas utama oleh pihak banking.

Dengan Digital Banking tentunya mempermudah Anda dalam melakukan transaksi karena tanpa Anda hadir ke kantor cabang bank terdekat Anda sudah bisa mendapatkan layanan perbankan secara lengkap. Dan saat ini hampir seluruh bank konvensional yang ada di Indonesia telah mempunyai layanan produk Digital Banking untuk memberikan para nasabahnya sebuah kemudahan.

Kelebihan dari Penggunaan Digital Banking

Saat Anda menggunakan layanan Digital Banking akan ada banyak kelebihan dan keuntungan yang akan Anda rasakan. Nah berikut ini beberapa kelebihan yang akan Anda peroleh saat sudah menggunakan salah satu dari produk Digital Banking.

  • Produk Digital Banking bisa Anda akses dimanapun dan kapanpun Anda butuhkan selama punya jaringan internet.
  • Mempunyai nilai praktis, canggih dan aman karena Anda bebas mengaksesnya meskipun kantor cabang bank sudah tutup atau libur dan bisa menggunakan layanannya secara penuh.
  • Anda bisa bertransaksi secara cepat dan tanpa antri.
  • Anda bisa cek rekening bank sewaktu-waktu dan mutasi rekening juga menjadi lebih transparan.

Kelebihan di atas kami rasa cukup bisa meyakinkan para nasabah bahwa mereka butuh yang namanya online banking maupun mobile banking untuk mengefisienkan aktivitas perbankan mereka. Namun sebelum Anda melakukan registrasi akun pada produk-produk Digital Banking, kami akan mengenalkan kepada Anda jenis-jenis Digital Banking yang ada saat ini.

Jenis-Jenis Digital Banking

digital banking

Digital Banking yang merupakan produk elektronik dari bank konvensional mempunyai berbagai jenis layanan yang juga harus Anda pahami. Dengan begitu Anda bisa memilih mana layanan yang paling Anda butuhkan saat ini dan kedepannya. Berikut ini beberapa jenis layanan yang secara umum ada di perbankan digital:

  • Internet Banking

Internet banking merupakan produk perbankan online yang berbasis internet dan untuk menggunakannya Anda harus mengakses website resmi dari masing-masing bank yang Anda gunakan. Pastikan Anda menggunakan browser yang aman dan selalu mentaati protokol keamanan dari bank. Karena secara keamanan online banking cukup rawan terhadap kejahatan online.

  • Phone Banking

Layanan ini juga merupakan produk dari Digital Banking, dimana Anda terlebih dahulu harus mendaftarkan nomor telepon Anda di kantor bank yang Anda gunakan. Kemudian saat Anda ingin melakukan transaksi finansial Anda harus menghubungi contact center dari bank tersebut. Setelah transaksi berhasil, Anda akan memperoleh info dari call center tersebut.

  • SMS Banking

SMS banking juga menjadi salah satu layanan digital yang membantu nasabah untuk melakukan aktivitas perbankan. Dengan SMS Banking Anda bisa mengetahui saldo rekening dan melakukan transfer antar rekening maupun antar bank. Saat Anda menggunakan layanan ini tentunya Anda harus mempunyai pulsa telepon sehingga bisa mengirim SMS banking.

  • Mobile Banking

Di antara layanan Digital Banking, mobile banking lah yang mempunyai layanan paling lengkap dan sangat direkomendasikan bagi nasabah yang menggunakan smartphone atau tablet. Yang Anda harus sediakan adalah nomor telepon yang aktif di smartphone tersebut untuk kebutuhan registrasi. Saat menggunakan mobile banking maka Anda tak perlu lagi mengakses website bank terkait, namun yang Anda perlukan adalah download aplikasi mobile banking yang Anda maksud. Misalnya jika Anda memakai PermataBank maka Anda harus download PermataMobile X di App Store atau di Play Store.

Pilih PermataMobile X yang Canggih, Aman, dan Praktis

Seperti yang telah kita ulas dari sekian banyak produk Digital Banking, mobile banking ialah produk dengan layanan perbankan yang paling lengkap. Sehingga bagi siapapun yang mempunyai mobilitas padat di pekerjaannya akan sangat kami sarankan untuk menggunakan mobile banking. Dan salah satu mobile banking terbaik adalah PermataMobile X yang mempunyai ratusan fitur menarik yang sangat bermanfaat bagi nasabah.

Kelebihan yang Ditawarkan PermataMobile X

  • Praktis

Dengan mobile banking milik PermataBank maka Anda bisa membuka rekening secara online, cek rekening bank kapanpun, membayar berbagai tagihan, dan juga bisa mengajukan KTA secara online lewat aplikasi perbankan tersebut.

  • Canggih

Di PermataMobile X Anda bisa menikmati ratusan fitur perbankan yang sangat canggih. Cukup Anda terkoneksi dengan internet Anda sudah bisa buka rekening online, transfer, investasi, membayar tagihan bulanan, top up berbagai saldo, QR Pay, pinjaman dana online dan ratusan fitur lainnya.

  • Aman

Berbagai transaksi perbankan yang ada bisa kita lakukan secara aman dengan adanya Face ID dan fitur fingerprint bahkan di PermataMobile X juga telah menggunakan digital token agar transaksi berlangsung lebih aman.

Transaksi-Transaksi yang Bisa Anda Lakukan Dengan PermataMobile X

Dari kelebihan tersebut sebenarnya kita akan mempunyai gambaran apa saja kegiatan perbankan yang bisa kita jalankan dengan PermataMobile X. Namun untuk lebih detailnya berikut ini beberapa hal utama yang bisa kita lakukan dengan aplikasi ini ketika kita sudah mengaktifkannya.

  • Cek rekening bank dan cek mutasi rekening dengan mudah. Dengan mobile banking ini Anda berkesempatan mengecek mutasi rekening hingga 12 bulan.
  • Anda bisa melakukan pembayaran berbagai tagihan bulanan. Diantaranya tagihan kartu kredit, internet, telepon, listrik, air dan sebagainya.
  • Anda tidak perlu repot-repot datang ke counter pulsa untuk pengisian pulsa. Karena dengan aplikasi mobile banking ini Anda bisa isi pulsa, top up e-wallet, hingga pembelian token PLN.
  • Anda bisa membuka rekening bank yang baru tanpa harus datang ke kantor PermataBank, bisa membuat kartu kredit online dan membuat pengajuan KTA.
  • Anda bisa bertransaksi penjualan, pembelian maupun kebutuhan switching Reksa Dana secara online.
  • Menggunakan fitur QR Pay untuk pembayaran di berbagai toko atau merchant yang menyediakan kode QRIS.
  • Dengan Mobile Cash PermataMobile X Anda bisa melakukan tarik tunai di gerai Indomaret terdekat. Hal ini tentu memudahkan Anda saat berada di daerah yang tidak tersedia ATM PermataBank.
  • Gunakan WhatsApp Gift untuk melakukan transfer dana ke nomor WhatsApp aktif apabila Anda sudah mempunyai akun di PermataMobile X.
  • Anda bisa menaikkan limit kartu kredit Anda secara online.
  • Anda juga bisa mengajukan pinjaman KTA secara online dan membayar cicilannya juga secara online dengan aplikasi mobile banking ini.

Dengan banyak kemudahan yang akan Anda peroleh dari penggunaan mobile banking PermataBank tentunya menjadikan aktivitas perbankan Anda menjadi lebih praktis. Aplikasi ini bisa digunakan oleh siapa saja dan tidak berbatas umur. Anda hanya perlu smartphone yang mempunyai jaringan internet untuk menggunakan produk Digital Banking tersebut. So, mari permudah hidup kita dengan dengan PermataMobile X yang punya ratusan fitur untuk kemudahan para nasabahnya bertransaksi.

 

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll To Top