Now Reading
Cara Meredakan Asam Lambung Secara Alami

Cara Meredakan Asam Lambung Secara Alami

Cara Meredakan Asam Lambung Secara Alami

Penyakit asam lambung kerap diderita masyarakat luas tanpa memandang usia, saat asam lambung naik memicu sensasi seperti terbakar di dada dan bertambah parah saat Anda menyantap makanan maupun berbaring. Umumnya, disertai gejala lainnya seperti gangguan pencernaan seperti sendawa maupun mual dan muntah.

Sejatinya, asam lambung naik disebabkan akibat otot kerongkongan bagian bawah melemah sehingga kerongkongan tetap terbuka yang menyebabkan asam lambung naik ke kerongkongan. Kebanyakan orang memilih obat-obatan sebagai pencegahan, padahal asam lambung bisa diredakan dengan bahan alami.

Cara Mengatasi Asam Lambung Secara ALami

Penyebab asam lambung cukup luas, namun bisa diredakan secara alami sehingga tanpa efek samping. Anda bisa menerapkan pola hidup sehat dan arahan dari dokter agar asam lambung tidak naik. Berikut ada cara alami yang bisa diredakan, antara lain:

  • Memperhatikan Porsi Makan

Mayoritas orang tak memperhatikan porsi makan karena berbagai alasan, misalnya kesibukan dan asyik bermain bersama orang tercinta. Mereka memilih menyantap makanan dalam porsi makan setelah beberapa jam perut kosong, padahal makan dalam porsi banyak memicu asam lambung naik.

Berusahalah menyantap makanan dengan porsi sedikit untuk mencegah asam lambung. Jika Anda terlalu lapar, atur jam makan dengan porsi sedikit sehingga makan tetap nyaman dan rutinitas tidak terhambat.

  • Menghindari Cemilan saat Makan

Penyakit asam lambung kerap diderita seseorang yang hobi menyantap cemilan diantara waktu makan. Alasannya karena cemilannya adalah makanan favorit atau terlalu lapar sehingga makan dengan nasi tak kenyang. Memakan cemilan diantara waktu makan membuat lambung sulit mencerna makanan lantaran makanan yang masuk ke perut terlalu banyak, apalagi kebanyakan camilan adalah makanan cepat saji sehingga kinerja lambung bertambah berat.

  • Mengunyah dengan Benar

Kebiasaan mengunyah dianggap sepele karena semua orang bisa mengunyah. Siapa sangka, kesalahan mengunyah memicu asam lambung naik. Bahkan memicu gejala asam lambung naik ke kepala, jika Anda mengunyah makanan dengan benar mampu membantu enzim mengolah dan mencerna makanan yang masuk ke mulut lebih mudah. Alhasil asam lambung tak akan naik karena Anda menerapkan kebiasaan sehat.

  • Mengunyah Permen Karet

Permen karet disukai anak-anak maupun orang dewasa karena memiliki rasa yang manis, bahkan dianggap sebagai penghilang stress bagi kaum pekerja. Siapa sangka, permen karet mampu meredakan penyakit asam lambung.

Menurut jurnal dari Dental Research, mengunyah permen karet sekitar 30 menit setelah makan mampu mengatasi asam lambung. Walaupun tidak menyembuhkan, tetapi mengurangi gejalanya sehingga Anda bisa melanjutkan rutinitas.

Perlu diketahui, permen karet mampu merangsang kecepatan pelepasan air liur sehingga asam di dalam perut bisa tercuci dan bersih dengan cepat. Alhasil, asam akan hilang dan Anda tak merasakan gejala asam lambung lagi.

  • Mengkonsumsi Jahe Merah

Bahaya asam lambung membuat masyarakat was-was mengidap asam lambung, untuk mengatasinya bisa menggunakan jahe merah. Jahe merah dipercaya mampu menurunkan kadar asam lambung karena memiliki efek farmakologis anti inflamasi yang dikenal dengan antiradang.

Anda bisa membuat rebusan jahe merah yang dicampur dengan madu dan diminum selagi hangat. Untuk mengatasinya, Anda bisa rutin meminum ramuan jahe merah sekitar 3 hari sekali atau saat waktu luang. Dijamin terhindar dari asam lambung karena jahe merah memiliki sifat gastrorotek yang mampu melawan bakteri jahat yang memicu asam lambung.

  • Mengkonsumsi Mentimun

Selain jahe merah, Anda bisa mengkonsumsi mentimun untuk meredakan asam lambung. Anda bisa mengolah mentimun sebagai tumis mentimun, di rebus maupun di makan mentah atau dibuat jus. Mentimun dipercaya efektif meredakan asam lambung karena kaya vitamin dan mineral.

Selain itu, mentimun mengandung vitamin C dan vitamin B yang baik untuk kesehatan tubuh. Bahkan buahnya mengandung saponin, isoquercitrin, kalsium, fosfor, cucurbitacin, enzim pencernaan dan karoten. Anda bisa mengkonsumsi mentimun sebanyak 2 atau 3 potong dengan cara penyajian sesuai selera.

nutriflakes-main-banner-new-1.jpg

Jika Anda memiliki riwayat penyakit asam lambung, bijaklah menerapkan gaya hidup sehat sehingga asam lambung bisa diatasi. Anda bisa menerapkan ke 7 cara diatas, jika Anda terlalu sibuk bisa mengkonsumsi Nutriflakes untuk mengatasi asam lambung. Produk tersebut bisa dilihat secara lengkap di @nutriflakes.official mengenai cara penyajian dan manfaatnya.

Untuk mendapatkan produknya pun mudah, bisa melalui Tokopedia Nutriflakes atau melalui Shopee Nutriflakes. Dijamin asam lambung naik tak menjadi beban dan rutinitas tetap lancar.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll To Top