Cara Menjaga Kesehatan Mata

Mata merupakan organ tubuh yang sangat penting bagi manusia. Mata memiliki fungsi untuk melihat sehingga keberadaannya menjadi sangat penting untuk melaksanakan berbagai aktivitas. Pandangan yang baik dapat membuat kita mampu menyerap berbagai informasi secara visual dan mengembangkan diri dengan baik. Oleh sebab itu, kita perlu mengetahui cara menjaga kesehatan mata agar mata selalu sehat.

Mata yang sehat menyebabkan kita dapat melihat sekitar dengan jelas. Mata yang sehat pun tak perlu alat-alat bantu seperti kaca mata dan lensa kontak yang terkadang membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Mata yang sehat pun membuat Anda terbebas dari berbagai penyakit mata sehingga Anda lebih nyaman untuk menjalani kehidupan sehari-hari. Lalu, bagaimana cara menjaga kesehatan mata? Simaklah ulasan berikut!

Cara Menjaga Kesehatan Mata Agar Mata Tetap Sehat

1. Memakan Buah dan Sayur

Buah dan sayur memberi nutrisi kepada mata agar tetap sehat. Salah satu sayuran yang baik untuk mata adalah wortel. Wortel mengandung banyak beta karoten, yaitu antioksidan yang mampu mengurangi risiko degenerasi macula pada mata. Oleh sebab itu, beta karoten pada wortel mampu membuat mata tetap sehat.

2. Tidak Menggunakan Lensa Kontak dalam Waktu yang Lama

Memakai lensa kontak dalam waktu yang relatif lama dapat menimbulkan ketidaknyamanan pada mata, bahkan kerusakan permanen. Oleh sebab itu, jangan memakai lensa kontak dalam waktu lama, lebih dari dari 19 jam.

3. Mengurangi Penggunaan Obat Tetes Mata

Obat tetes mata boleh saja sesekali digunakan untuk mengatasi mata yang kemerahan. Namun, sebaiknya penggunaan obat tetes mata tidak sering dilakukan. Penggunaan obat tetes mata yang terlalu sering dapat menyebabkan kerusakan pada mata.

4. Menggunakan Mentimun untuk Perawatan Kesehatan Mata

Mentimun dapat digunakan untuk merawat kesehatan mata dan mencegah pembengkakan pada mata dan mengatasi mata panda. Caranya, adalah mengupas mentimun hingga menjadi bulatan dengan ketebala sekitar 0,5 cm. Lalu, letakkan potongan mentimun di area mata selama sepuluh hingga lima belas menit. Anda dapat melakukan perawatan tersebut sebelum tidur di waktu malam atau setelah mandi di waktu pagi.

5. Memakai Kaca Mata Hitam untuk Melindungi Mata dari Sinar UV

Sinar UV dapat memberikan pengaruh buruk untuk mata. Oleh sebab itu, alangkah baiknya jika Anda menggunakan kaca mata hitam yang terpolarisasi agar terhindar dari paparan sinar UV.

6. Menghindari Menatap Layar Komputer dalam Jangka Waktu yang Lama

Menatap layar komputer dalam jangka waktu yang lama membuat mata menjadi lelah. Oleh sebab itu, Anda perlu mengatur diri Anda agar pekerjaan Anda yang membutuhkan komputer dapat selesai dengan baik tanpa mengorbankan kesehatan mata Anda. Anda dapat menyiasatinya dengan bekerja dengan komputer secukupnya. Ketika lelah, maka lihkan pandangan Anda ke pandangan yang jauh selama beberapa saat hingga mata Anda berkurang lelahnya. Setelah itu, Anda dapat melanjutkan kembali pekerjaan Anda.

7. Hindari Membacar dalam Keadaan Redup

Membaca dalam keadaan cahaya redup dapat membuat mata mengalami ketegangan. Mata dipaksa untuk membaca dalam kondisi yang kurang memadai. Apabila hal tersebut terjadi secara terus-menerus, maka mata pun dapat berisiko mengalami rabun jauh atau mata minus. Mata pun tidak mampu melihat dalam jarak yang jauh sehingga membutuhkan bantuan kaca mata. Oleh sebab itu, usahakan untuk memvaca dalam kondisi yang cukup cahaya dan nyaman untuk mata.

Tinggalkan komentar