Now Reading
Cara Menjadi Seorang Programmer Hebat

Cara Menjadi Seorang Programmer Hebat

Cara Menjadi Seorang Programmer

Bagi generasi muda yang suka tentang hal-hal teknis tentu akan sangat menyukai teknologi. Seperti juga orang yang suka hal-hal teknis tentang otomasi, sistem aplikasi, kecerdasan buatan dan sejenisnya, pasti akan sangat menyukai teknologi yang berhubungan dengan komputer.

Untuk menjadi seorang yang ahli komputer banyak keahlian yang bisa dipilih, mulai dari teknisi komputer, ahli perancangan hardware komputer, ahli IoT sampai kepada ahli programming. Ahli programming disebut juga dengan istilah seorang programmer.

Seorang programmer yang hebat bekerja untuk membuat sekumpulan perintah-perintah yang dikirimkan kepada komputer. Komputer akan menerjemahkan perintah-perintah tersebut dan akan beroperasi atau melakukan perhitungan sesuai dengan perintah yang diterimanya.

Banyak generasi muda sekarang yang bercita-cita untuk menjadi seorang programmer yang hebat tapi tidak mempunyai wawasan untuk mewujudkan cita-cita tersebut.

Cara Menjadi Seorang Programmer Hebat

Cara Menjadi Seorang Programmer

Ini disebabkan karena mereka tidak mempunyai gambaran tentang pekerjaan programmer dan juga tidak tahu cara untuk menjadi seorang programmer yang handal. Berikut beberapa tips agar bisa menjadi seorang programmer hebat.

Tahan Di Depan Komputer

Pekerjaan menjadi programmer akan menuntut kita untuk tahan berjam-jam di depan komputer. Seorang calon programmer yang cenderung mempunyai sifat bosan di depan komputer akan gagal untuk menjadi seorang programmer handal.

Programmer adalah pekerjaan yang menuntut praktek dari jam ke jam, hari ke hari dan tahun ke tahun. Programmer adalah pekerjaan yang menuntut praktek yang konsisten dengan terus menerus berhadapan dengan mesin yang dinamakan dengan komputer atau laptop.

Seorang programmer harus melatih dirinya untuk tahan berjam-jam di depan komputer dan memulai untuk praktek coding. Seorang calon programmer harus memastikan dirinya untuk bisa bertahan dalam kondisi ini.

Ikuti Kursus Programmer

Untuk menjadi seorang programmer yang handal maka seorang calon programmer atau bahkan programmer itu sendiri harus selalu mengupgrade kemampuannya.

Teknik-teknik pemrograman baru, bahasa pemrograman baru dan framework baru bermunculan dengan cepat di pasaran. Seorang programmer yang handal harus mampu beradaptasi dengan cepat belajar hal-hal baru tersebut.

Peran kursus programmer atau kursus programming adalah membantu para calon programmer atau programmer itu sendiri untuk mempelajari hal-hal baru tersebut. Banyak sekali kursus programmer yang tersedia, mulai dari kursus offline dalam kelas sampai kursus online melalui video meeting seperti Zoom atau Google Meeting.

Tersedia juga kursus programmer yang diperuntukkan bagi pemula atau orang dengan latar belakang pendidikan selain IT. Biasanya kursus programmer untuk pemula ini cocok untuk kalangan umum karena mengajarkan coding mulai dari teori yang sangat dasar dan praktek yang sangat sederhana.

Biasakan Memecahkan Masalah

Programmer tidak akan pernah luput dari yang namanya masalah, programmer adalah pekerjaan yang menuntun banyak sekali problem solving.

Seorang programmer harus menempatkan diri dengan baik dalam masalah yang datang secara bergantian tanpa henti.

Kebiasaan memecahkan masalah ini dilatih dengan ketenangan dalam menghadapi problem, jangan panik dan selalu berlatih komunikasi dengan anggota tim lain untuk memecahkan masalah bersama-sama.

Masalah yang akan dihadapin oleh seorang programmer akan sangat beragam dan akan berbeda dari waktu ke waktu dan dari tempat ke tempat.

Mulai dari masalah coding itu sendiri, suatu coding yang dituliskan dengan tidak benar akan menyebabkan bug (error), error ini akan menyebabkan sistem atau aplikasi yang dibuat menjadi tidak berjalan sebagaimana mestinya.

Tidak jarang juga seorang programmer akan mendapatkan permasalahan dari faktor eksternal, seperti masalah jaringan yang lambat, pengguna aplikasi yang tidak mengerti cara memakai sistem atau aplikasi dan masalah-masalah lainnya.

 

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll To Top