Cara Menghilangkan Varises

Varises yakni kondisi pembengkakan dimana otot-otot kaki dan tangan terlihat lebih menonjol. Keadaan seperti ini disebabkan oleh ketidakmampuan pembuluh vena untuk memompa darah sisa metabolisme kembali ke jantung sehingga darah kembali ke betis, lutut, bahkan lengan tangan. Beberapa cara menghilangkan varises dilakukan dengan cara operasi laser dan pembedahan vena. Namun Anda juga bisa mencoba beberapa cara berikut selama di rumah.

Penyebab varises bisa bermacam-macam. Selain karena faktor usia dan genetika, varises juga disebabkan oleh kebiasaan duduk dalam waktu yang lama, faktor kehamilan, obesitas, dan pengaruh hormon yang tidak seimbang. Dampak varises juga bisa berbahaya, selain memperburuk penampilan, varises juga bisa mengakibatkan kaki berdenyut dan kram pada malam hari. Dampak lebih buruk lainnya yakni pembengkakan kaki dan perdarahan pada pembuluh vena.

10 Cara Menghilangkan Varises Tanpa Operasi

1. Hindari Terlalu Lama Duduk dan Berdiri

Terlalu lama duduk dan berdiri akan membuat tubuh menerima beban dalam kurun waktu yang lama sehingga tekanan pada kaki akan meningkat. Untuk itu hindari duduk atau berdiri terlalu lama. Jika kegiatan Anda mengharuskan duduk setiap saat maka usahakan tiap satu jam untuk mengistirahatkan kaki dengan cara berjalan-jalan agar peredaran darah di kaki bisa lancar.

2. Mengubah Posisi Duduk

Salah posisi duduk juga dapat menyebabkan tekanan yang berat pada pembuluh vena di kaki sehingga rentan mengalami varises. Hindari kebiasaan duduk dengan menyilangkan kaki dan usahakan selalu mengangkat kaki ke atas saat beristirahat. Selain membantu darah mengalir ke atas tubuh, cara menaikkan kaki ke atas juga bisa menjaga berat badan tubuh tetap ideal.

3. Kurangi Pemakaian Sepatu Hak Tinggi

Pemakaian sepatu hak tinggi juga bisa menimbulkan tekanan yang berat pada kaki. Otot akan bekerja lebih maksimal sehingga kaki mudah lelah. Jika diteruskan maka sirkulasi darah pada kaki tidak akan lancar dan kemungkinan varises akan lebih besar. Namun jika kegiatan sehari-hari Anda mengharuskan penggunaan sepatu hak tinggi, maka sesekali lepaskan sepatu untuk memperlancar aliran darah.

4. Olahraga

Lakukan olahraga ringan seperti jogging atau jalan santai untuk membuat sirkulasi darah pada tubuh menjadi lancar. Anda juga bisa mencoba stretching otot dengan menaikkan kaki, paha dan betis yang juga dipercaya mampu mengatasi timbulnya varises. Selain itu, dengan berolahraga secara teratur maka berat badan dan hormon tubuh Anda akan selalu seimbang.

5. Menjaga Tubuh Tetap Ideal dengan Makanan yang Tepat

Berat badan yang tidak ideal atau cenderung obesitas bisa menyebabkan timbulnya varises. Kaki akan menopang tubuh yang berat sehingga mengalami tekanan yang tinggi pada pembuluh darah. Untuk itulah orang yang punya berat badan berlebih cenderung mudah mengalami pembengkakan di sekitar kaki. Bahkan kondisi ini jarang ada yang mengetahui pada mulanya dan tiba-tiba sudah terlampau parah.

Jika demikian maka atur pola makanan Anda. Hindari makanan dan minuman yang berlemak, beralkohol, serta mengandung kafein dan kadar gula yang tinggi yang bisa mengakibatkan kegemukan. Pilihlah makanan berserat seperti kacang-kacangan dan sayuran, serta yang kaya akan vitamin dan magnesium seperti pisang, alpukat, dan ubi. Beberapa makanan pedas juga bisa memperlancar aliran darah sehingga baik untuk penderita varises.

6. Mengkonsumsi Buah Berry dan Cuka Apel

Buah berry mengandung banyak zat tanin dan vitamin E yang mampu memperbaiki peredaran darah di vena. Selain itu, ada juga cuka apel yang bisa dikonsumsi secara teratur dua kali sehari sebagai campuran air hangat dan bisa juga digunakan untuk memijat bagian yang terkena varises. Cuka apel juga dipercaya mampu memperlancar aliran darah yang membeku di kaki atau betis yang terkena varises.

7. Oleskan Jeruk Nipis

jeruk nipis
Gambar: www.pexels.com

Anda juga bisa mengobati varises secara alami dengan menggunakan potongan jeruk nipis. Caranya yakni bersihkan dan potong jeruk nipis menjadi dua atau empat bagian, lalu oleskan daging jeruk tersebut pada bagian tubuh yang mengalami pembengkakan. Lakukan setiap malam menjelang tidur dengan memberikan sedikit tekanan pada bagian yang terkena varises, sehingga aliran darah bisa kembali lancar.

8. Menjaga Hormon selalu Seimbang

Pengaruh hormon yang tidak seimbang juga bisa memicu timbulnya varises yang kebanyakan menyerang perempuan karena mengalami siklus menstruasi, masa kehamilan, atau sudah menopause. Untuk menghilangkan pembengkakan akibat varises tersebut maka gunakan minyak essential oils untuk dioleskan selama beberapa minggu. Minyak ini dipercaya mampu melancarkan aliran darah dan memperbaiki hormon yang tidak seimbang.

9. Pijat dengan Obat Jelly Gamat dan Minyak Tradisional

Selain jeruk nipis dan essential oils, Anda juga bisa memijat bagian yang terkena varises dengan menggunakan obat jelly gamat yang bisa dibeli di beberapa toko. Atau bisa juga dengan minyak tradisional yang terbuat dari minyak zaitun ditambah dengan bawang putih dan jeruk nipis. Lakukan pemijatan dengan minyak tersebut secara perlahan agar tidak melukai atau memperparah pembengkakan pada pembuluh vena.

10. Menggunakan Medical Stocking

Salah satu cara menghilangkan varises secara efektif yakni dengan menggunakan medical stocking. Kaos kaki medis ini dirancang untuk memperlancar tekanan darah dan mencegah pembekuan darah di kaki. Jika dipakai setiap hari maka medical stocking mampu secara bertahap menghilangkan varises. Adapun cara kerjanya yakni dengan menekan darah dan mencegah pembekuan darah di kaki.

Tinggalkan komentar