Cara Menghilangkan Komedo

SelainĀ jerawat, menempelnya komedo di kulit wajah merupakan salah satu hal yang sering dikeluhkan oleh para wanita. Dan seperti yang kita tahu, komedo merupakan salah satu gangguan pada kulit wajah yang sulit sekali untuk dihilangkan. Terutama bagi kamu yang memiliki kulit wajah berminyak, komedo seringkali muncul jika tidak dibersihkan secara rutin.

Seseorang yang memiliki komedo di wajah tentu akan melakukan cara apapun untuk menghilangkan komedo, misalnya dengan menggunakan sabun pembersih muka untuk membersihkan komedo. Tapi pada beberapa orang, cara ini belum tentu mampu untuk membasmi komedo hingga akarnya, bahkan terkadang memberikan efek samping berupa keringnya kulit wajah.

Jenis-jenis Komedo

Komedo terbagi menjadi dua jenis, yaitu komedo hitam yang biasa dikenal dengan blackhead dan komedo putih atau disebut whitehead. Namun apapun jenisnya maka tentu saja harus diatasi dengan cepat agar wajah kamu tetap halus dan mulus.

Nah, bagi kamu yang ingin menggunakan bahan-bahan alami untuk mengatasi komedo di wajah, berikut Feminim jabarkan beberapa bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk merawat kulit wajah kamu.

Bahan Alami untuk Menghilangkan Komedo

1. Menggunakan Jeruk Nipis

jeruk nipis

Jeruk nipis memiliki kandungan vitamin C yang sangat banyak, hal ini sudah teruji klinis mampu menghilangkan komedo dari dalam sekaligus dari luar kulit. Karena itu beberapa kosmetik banyak yang menggunakan jeruk nipis sebagai bahan baku pembuatan kosmetik.

Kamu dapat melakukan perawatan kulit kamu yang berkomedo menggunakan jeruk nipis dengan cara memotong buahnya menjadi dua, kemudian peras airnya. Perasan jeruk nipis ini gunakan sebagai masker yang dioleskan pada kulit wajah terutama pada daerah yang berkomedo.

Setiap kali kamu menerapkan atau mengoleskan air perasan jeruk nipis ke kulit wajah kamu, lakukan pijatan lembut pada daerah yang berkomedo. Tujuan pijatan ini adalah untuk memudahkan komedo terangkat dari pori-pori kulit. Diamkan kurang lebih sekitar 15-20 menit atau tunggu hingga kering jeruk nipis yang kamu oleskan pada wajah. Lakukan bilasan dengan air hangat pada wajah kamu.

Komedo akan terangkat dan luruh bersama air saat kamu membilas wajah kamu dan kulit wajah kamu akan terasa lebih halus dan terbebas dari komedo.

2. Dengan Gel Lidah Buaya

lidah buaya

Lidah buaya tidak hanya bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kekuatan rambut kepala. Lidah buaya juga bermanfaat untuk menghilangkan komedo yang membandel di kulit wajah kamu. Kandungan mineral yang ada pada lidah buaya ternyata mampu mengangkat dan menghilangkan komedo pada kulit wajah.

  1. Gunakan daging lidah buaya yang dioleskan pada wajah kamu.
  2. Jangan lupa untuk melakukan pijatan-pijatan lembut setiap kali kamu oleskan lidah buaya ke kulit wajah kamu.
  3. Lakukan pijatan terutama pada daerah yang banyak ditumbuhi komedo. Pijatan ini akan membuat komedo mudah terangkat saat nanti dilakukan pembilasan pada wajah.
  4. Diamkan selama kurang lebih 25-30 menit, setelah itu bilas menggunakan air hangat.
  5. Kamu akan merasakan sendiri khasiat lidah buaya dalam menghilangkan komedo pada kulit wajah kamu.

Gak perlu repot-repot mempersiapkan lidah buaya yang sekarang ini sulit mencarinya ditambah lagi kita harus maskeran dan diamkan 25-30 menit.

3. Menggunakan Masker Buah Tomat

masker tomat

Bahan alami lain yang bermanfaat untuk menghilangkan komedo adalah tomat. Selain mengandung vitamin C yang sangat bermanfaat untuk kesehatan dan kesegaran kulit, tomat juga mengandung vitamin E yang mampu mengangkat kulit mati dan menutup pori-pori kulit sehingga produksi minyak dapat ditekan dan pertumbuhan komedo dapat dicegah.

Gunakan tomat sebagai masker wajah dengan menghaluskannya dan dicampurkan dengan minyak zaitun. Oleskan masker tomat pada wajah terutama daerah yang berkomedo, hingga masker mengering. Lakukan bilasan untuk merasakan hasil perawatan terbaik menggunakan tomat.

4. Menggunakan Batu Es

batu es

Ternyata batu es juga cukup efektif untuk menghilangkan komedo diwajah. Caranya juga terbilang sangat mudah, yaitu kita tinggal tempelkan saja batu es diwajah, lakukan seperti gerakan memijat. Untuk hasil yang lebih baik maka usahakan untuk membersihkan terlebih dahulu komedo kamu dengan masker wajah maka setelah itu gunakan batu es untuk mengecilkan pori-pori wajah.

5. Menggunakan Putih Telur

putih telur

Menggunakan putih telur adalah salah satu bahan perawatan komedo alami. Banyak orang yang tidak tahan dengan bau amisnya, mungkin kamu juga sama. Namun penggunaan putih telur terbukti mampu menghilangkan komedo dengan cepat selama sehari. Berdasarkan penelitian putih telur mengandung beberapa bahan berguna seperti protein juga asam amino.

Fungsi protein dan asam amino ini adalah dapat menyempitkan atau mengecilkan pori-pori kulit sehingga produksi minyak tidak dilakukan berlebihan. Produksi minyak yang berkurang akan menekan pertumbuhan komedo. Kandungan bahan lainnya yang dimiliki putih telur adalah asam folat. Fungsi asam folat ini bagi kulit adalah menghaluskan kembali kulit yang kasar karena tumbuhnya komedo.

Untuk cara penggunaan putih telur sebagai masker wajah, kamu bisa ikuti cara berikut ini:

  1. Pisahkan putih telur dengan kuningnya.
  2. Kocok putih telur hingga berbuih dan berbentuk krim yang siap dioleskan sebagai masker wajah.
  3. Sebelum mengoleskan putih telur, hilangkan kotoran pada wajah dengan mencuci wajah terlebih dahulu. Oleskan putih telur pada wajah terutama pada daerah yang berkomedo sambil melakukan pijatan-pijatan lembut selama 5 menit.
  4. Diamkan krim putih telur hingga 30 menit baru bilas menggunakan air hangat.

Komedo kamu akan terangkat dan hilang bersama air saat membilas wajah kamu. Cara menghilangkan komedo secara alami menggunakan putih telur ini harus kamu lakukan secara rutin untuk menghilangkan komedo dari wajah kamu sepenuhnya.

6. Menggunakan Garam Dapur

garam

Garam dapur biasanya digunakan untuk menyedapkan masakan, namun bumbu dapur yang satu ini juga mempunyai manfaat lainnya yaitu bisa untuk menghilangkan komedo. Caranya sangat mudah yaitu kita masukan 2-3 sendok garam kedalam setengah baskom air. Biarkan saja garam larut dengan sendirinya dan jangan diaduk, kemudian air garam tersebut jadikan untuk mencuci muka. Setelah itu, garam yang terendap dibawah baskom jadikan scrub untuk wajah.

Dari beberapa cara cepat diatas, kamu bisa memilih salah satu bahan yang menurut kamu mudah didapat. Sebelum menggunakan cara diatas, pastikan kulit wajah kamu tidak alergi terhadap bahan yang akan digunakan tersebut. Lakukan salah satu cara diatas secara konsisten dan teratur agar komedo pada wajah segera menghilang.

Tinggalkan komentar