Now Reading
7 Cara Menghilangkan Ketombe Membandel Secara Alami

7 Cara Menghilangkan Ketombe Membandel Secara Alami

cara menghilangkan ketombe

Cara Ampuh Menghilangkan Ketombe Membandel Secara Alami  – Ketombe termasuk masalah kulit kepala yang umum dihadapi kaum wanita atau pria. Tetapi kaum ladies lebih resah karena kesehatan rambut adalah mahkota, sejatinya ketombe dipengaruhi oleh beberapa faktor. Misalnya sering bergonta-ganti shampo atau kurang menjaga kebersihan kepala, walaupun begitu ada cara menghilangkan ketombe yang ampuh loh.

Cara Ampuh Menghilangkan Ketombe Secara Alami

Memang, produk kimia beredar luas dan terbukti ampuh menghilangkan ketombe. Sayangnya nggak semua kulit kepala tahan terhadap bahan kimia, solusinya adalah menggunakan bahan alami. Selain mudah ditemukan, harganya terjangkau. Berikut ada cara menghilangkan ketombe dengan bahan alami, antara lain:

  1. Minyak Serai

Sejak zaman dahulu, minyak serai dipercaya ampuh mengatasi ketombe membandel karena mengandung anti bakteri dan anti peradangan. Cara menggunakannya pun mudah, cukup campurkan 2 atau 3 sendok minyak serai dengan air atau shampo. Setelah itu balurkan shampo tersebut pada kepala sambil dipijat perlahan agar kandungan minyak serai meresap ke kulit kepala.

Ladies bisa menggunakannya sekitar 3 hari sekali sehingga ketombe membandel hilang. Usahakan kulit kepala tak mengalami iritasi atau terluka akibat goresan kuku ya, hal tersebut memicu rasa perih dan memberikan rasa tak nyaman di area kulit.

  1. Lidah Buaya

Cara menghilangkan ketombe membandel selanjutnya adalah lidah buaya, gunakanlah gel lidah buaya sebagai terapi alami menyehatkan kulit kepala. Gel lidah buaya mengandung anti jamur yang mampu menghilangkan peradangan. Cukup oleskan gel lidah buaya ke kulit kepala secara merata, nggak perlu khawatir terjadi iritasi atau peradangan. Alasannya karena tak ada efek samping, justru ladies mendapatkan sensasi dingin dari gel.

  1. Bawang Putih

Sebagian ladies enggan berdekatan dengan bawang putih karena bau yang kurang sedap, apalagi banyak ibu hamil mual akibat bau yang ditimbulkan, siapa sangka bawang putih ampuh menghilangkan ketombe. Bawang putih mengandung anti jamur sehingga mampu membunuh bakteri penyebab ketombe.

Cara menggunakannya simple, cukup gunakan 2 siung bawang putih dan dicampurkan dengan air. Setelah itu oleskan ke kulit kepala secara merata, diamkan sekitar 5 sampai 10 menit dan bilas sampai bersih. Lakukan perawatan rambut 1 minggu dua kali agar ketombe cepat hilang.

  1. Garam

Cara menghilangkan ketombe membandel dengan garam terbilang simple dan mudah dilakukan dimana saja. Sejatinya, garam bertindak sebagai eksfoliasi yang mampu mengangkat sel-sel kulit mati. Cara penggunaannya mudah, langkah pertama adalah pijat kulit kepala menggunakan beberapa sendok garam. Setelah itu balurkan shampo dan bilas sampai bersih.

Ladies bisa gunakan cara ini setiap hari atau dua hari sekali. Tak perlu khawatir terjadi iritasi karena aman untuk kulit kepala, bahkan tak menimbulkan permasalahan kulit kepala.

  1. Lemon

Lemon kaya vitamin dan kandungan lain, misalnya asam citric, antioksidan dan lainnya. Selain itu cara menghilangkan ketombe menggunakan lemon, mengurangi minyak berlebih pada kulit kepala. Bahkan pemakaian rutin membuat akar rambut kuat sehingga tak mudah rontok, ladies bisa aplikasikan lemon secara langsung ke area kulit kepala.

  1. Baby Oil

Baby oil dipercaya ampuh mengatasi rambut kering dan membasmi ketombe, apalagi harganya terjangkau. Ladies bisa membelinya di Apotek atau toko yang menjual obat-obatan maupun produk kecantikan. Cara menggunakannya mudah, yaitu oleskan secara langsung ke kulit kepala dan diamkan beberapa menit. Lalu bilas sampai bersih, dijamin rambut sehat dan harum karena bau khas baby oil.

  1. Minyak Zaitun

Jangan salah loh, cara menghilangkan ketombe membandel dengan minyak zaitun ampuh loh. Kandungan emotilien, oleic acid, palmitic acid dan kandungan lain bagus untuk kesuburan rambut. Pastinya ampuh menghilangkan ketombe karena terkandung anti jamur dan anti peradangan, ladies cukup oleskan minyak zaitun ke kulit kepala sambil di pijat-pijat perlahan.

Setelah itu, bungkus rambut menggunakan plastik penutup kepala atau handuk hangat. Diamkan 15 satau 20 menit agar kandungan minyak zaitun meresap ke kulit kepala, lalu bilas sampai bersih.

Tak perlu bingung memiliki ketombe membandel, ladies bisa terapkan cara menghilangkan ketombe dengan bahan alami. Pilihlah bahan sesuai selera sehingga semangat menggunakannya, jangan lupa tak mengganti shampo agar tak menimbulkan permasalahan rambut.

 

 

 

 

 

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll To Top