Now Reading
Cara Menggunakan Test Pack dengan Benar agar Hasilnya Lebih Akurat

Cara Menggunakan Test Pack dengan Benar agar Hasilnya Lebih Akurat

Cara Menggunakan Test Pack dengan Benar agar Hasilnya Lebih Akurat

Kamu sedang melakukan program kehamilan? Apakah kamu sudah melakukan tes? Tes kehamilan bisa dilakukan melalui beberapa cara, memeriksanya langsung ke dokter kandungan dan juga bisa melakukannya di rumah. Yah test pack adalah cara mudah untuk mengetahui seseorang positif hamil atau tidak. Namun taukah kamu kalau tes pack bisa menunjukkan hasil yang salah? Yah menggunakan test pack dengan cara yang tidak tepat dapat menghasilkan hasil yang salah loh.

Test pack merupakan alat yang bisa mendeteksi keberadaan hormon human chorionic gonadotropin (hCG) pada urine atau air seni. Penggunaan test pack untuk mendeteksi kehamilan memiliki keakuratan hingga 99%. Tapi bukan berarti akurat terus yah, kalau kamu menggunakannya dengan cara yang salah, bisa saja hasilnya negatif padahal kamu sedang hamil begitu juga sebaliknya.

Kapan Harus Melakukan Tes Kehamilan?

Cara Menggunakan Test Pack dengan Benar agar Hasilnya Lebih Akurat

Waktu yang tepat melakukan tes kehamilan yaitu ketika kamu mengalami hal-hal seperti di bawah ini.

1. Tidak Menstruasi

Kondisi ini adalah tanda kehamilan yang paling umum dipercaya oleh banyak orang. Akan tetapi jika kamu tidak mengetahui siklus menstruasi dengan baik, maka kamu sulit menentukan kondisi yang kamu alami ini. Jika kamu merasa bahwa kamu sudah telat datang bulan, maka sebaiknya kamu melakukan tes kehamilan yah.

2. Mengalami Kram

Kram yang kamu alami mungkin saja diakibatkan oleh proses melekatnya sel telur yang telah dibuahi. Biasanya tanda-tanda kehamilan ini terjadi pada orang yang akan mengalami menstruasi, jadi banyak orang yang salah mengartikannya. Pada saat-saat seperti ini sebaiknya Anda mengambil test pack dan melakukan tes kehamilan.

3. Mengalami Beberapa Keluhan

Sama seperti kram yang dialami di bagian perut dan payudara, kehamilan bisa saja ditandai dengan keluhan seperti mual, nafsu makan berkurang, mudah lelah, dan sering buang air kecil.

Selain informasi-informasi di atas, ada banyak lagi informasi seputar tanda-tanda kehamilan yang bisa Anda dapakan di halodoc. Halodoc merupakan situs kesehatan yang memberikan berbagai kemudahan dalam menjaga kesehatan kamu.

Di halodoc kamu bisa menemukan berbagai artikel kesehatan bahkan kamu juga bisa melakukan konsultasi dokter via chat sesuai dengan keluhan yang kamu alami. Ada banyak fitur yang ditawarkan, yang pastinya halodoc akan selalu senantiasa menemani kamu untuk menjaga kesehatan tubuh kamu dan keluarga.

Misalnya saja kamu sedang hamil, nah di halodoc kamu bisa mencari bahkan booking dokter yang tepat untuk menangani penyakit kamu. Apalagi bagi kamu yang sedang hamil tua yang sedang menunggu proses kelahiran, untuk berjaga-jaga sebaiknya kamu menggunakan halodoc untuk mencari rumah sakit terdekat agar proses lahiran anak kamu menjadi lancar tanpa kendala apapun.

Tips Menggunakan Test Pack dengan Benar

Cara Menggunakan Test Pack dengan Benar agar Hasilnya Lebih Akurat-3

Setelah mengalami tanda-tanda kehamilan seperti yang sudah disebutkan di atas, maka sekarang saatnya kamu melakukan tes apakah kamu sedang hamil atau tidak menggunakan test pack. Tapi jangan asal pakai saja, pastikan kamu tau cara menggunakan test pack dengan tepat seperti di bawah ini.

1. Gunakan Test Pack yang Baru dan Kondisinya Masih Baik

Selain harga test pack itu murah, kamu bisa mendapatkannya dengan bebas di apotek atau supermarket. Sebelum membelinya, lihatlah terlebih dahulu kapan test pack itu kedaluwarsa. Karena test pack yang sudah kedaluwarsa, tingkat keakuratannya sudah berkurang. Bukan hanya itu, pastikan kamu memilih test pack dengan sensitivitas yang tinggi agar mampu mendeteksi kadar hormon hCG meskipun masih rendah di awal kehamilan.

2. Ikuti Instruksi Pemakaian dengan Benar

Cara menggunakan test pack selanjutnya adalah dengan mengikuti instruksi dari tipa merek test pack. Untuk cara pemakaiannya tentu tidak lepas dari pedoman yang ada pada kemasan test pack. Setiap test pack mencantumkan instruksi pemakaiannya, jadi jangan mengabaikannya yah. Pada umumnya pemakaian test pack dilakukan dengan cara:

  • Menampung urine dalam wadah yang kering dan bersih.
  • Masukkan test pack ke dalam wadah yang sudah berisikan urine tersebut hingga ujungnya selama 10 detik.
  • Terakhir tunggu hasilnya, biasanya hanya memakan waktu sekitar 2-3 menit saja.

Setiap test pack memiliki cara yang berbeda-beda, bahkan ada yang tidak memerlukan wadah, cukup dengan langsung mencucurkan test pack dengan urin secara langsung. Oleh karena itu membaca pedoman pada kemasan sangatlah penting.

3. Pakai Test Pack di Waktu yang Tepat

Perlu kamu tau bahwa keakuratan test pack juga dipengaruhi oleh kapan kamu menggunakannya. Jangan mengira bahwa kamu sudah bisa melakukan tes kehamilan pada saat baru setelah beberapa hari berhubungan intim yah, karena hasilnya bisa saja negatif karena hormon hCG belum dihasilkan atau mungkin masih sangat rendah.

Waktu yang tepat menggunakan alat tes kehamilan yaitu di hari pertama kamu telat haid atau 1-2 minggu setelah melakukan hubungan intim. Selain itu kamu tidak disarankan untuk menggunakan test pack di siang hari. Hal itu disebabkan karena di waktu siang, kamu sudah banyak minum yang membuat urine kamu menjadi lebih encer.

Urine yang encer akan membuat hormon hCG menjadi sulit untuk dideteksi. Waktu terbaik yaitu pada pagi hari setelah bangun tidur karena kondisi urine kamu masih pekat sehingga hasil yang kamu dapat lebih akurat.

Itulah beberapa hal penting yang harus kamu tau sebelum melakukan tes kehamilan dan bagaimana cara menggunakan test pack yang benar. Jika hasil yang kamu dapatkan setelah menggunakan test pack itu positif, sebaiknya kamu menunjukkannya ke dokter agar kehamilan kamu bisa dipastikan dengan USG atau tes kehamilan seperti tes darah agar hasilnya benar-benar akurat.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll To Top