Now Reading
Cara Menggunakan Mesin Cuci Sesuai Jenisnya

Cara Menggunakan Mesin Cuci Sesuai Jenisnya

Cara Menggunakan Mesin Cuci Sesuai Jenisnya

Cara menggunakan mesin cuci harus mengikuti tipenya. Ada mesin yang otomatis dan juga manual. Membersihkan pakaian jadi lebih efektif dan efisien. Cara menggunakan mesin cuci tak bisa disamakan semua jenisnya. Oleh karena itu, Anda perlu menyesuaikannya berdasarkan jenis.

Cara Menggunakan Mesin Cuci Yang Tepat Berdasarkan Tipe

Ada beberapa jenis mesin cuci yang sering digunakan. Mulai dari mesin cuci dua tabung, hingga mesin cuci otomatis satu tabung keduanya memiliki cara menggunakan mesin cuci yang berbeda. Mengetahui cara menggunakan mesin cuci akan membuat cucian lebih bersih dan mesin tidak cepat rusak.

1. Pisahkan Pakaian

Mesin cuci memiliki setting yang berbeda untuk jenis pakaian. Jadi, Anda perlu memisahkan jeans, katun, sutra berdasarkan kelompoknya. Selain itu, pakaian juga perlu dipisahkan berdasarkan warna. Khususnya bila Anda punya baju yang bisa luntur. Hal ini akan merawat pakaian lebih awet dan juga mesin cuci yang tahan lama.

2. Bersihkan Isi Kantong

Mesin cuci akan gampang rusak bila ada uang receh, peniti, potongan kertas, tisu yang ikut tercuci. Oleh karena itu, selalu periksa kantong pakaian sebelum mencucinya. Benda-benda kecil tersebut bisa membuat  mesin macet dan harus diperbaiki.

3. Cara Menggunakan Mesin Cuci Dua Tabung

Cara Menggunakan Mesin Cuci Sesuai Jenisnya

Mesin cuci yang memiliki dua tabung berarti adalah jenis manual. Ada tabung untuk mencuci dan membilas, dan tabung satunya untuk mengeringkan pakaian. Cara memakai mesin cuci manual ini memiliki paling banyak tahapan.

  • Isi tabung dengan air secukupnya. Volume air mengikuti berapa banyak pakaian yang dicuci. Pengisian dilakukan secara manual untuk mengalirkan air pakai selang ke tabung.
  • Tambahkan deterjen.
  • Memasukkan pakaian kotor sesuai dengan pengelompokannya.
  • Tentukan waktu cuci dengan panel timer pada mesin cuci. Hitungannya berdasarkan jumlah dan jenis cucian. Pakaian yang tipis tidak butuh waktu cuci yang lama, beda dengan jeans atau material tebal lainnya.
  • Setelah pencucian selesai, buang air sambil memutar panel pembuangan.
  • Masukkan air dan ulangi siklus sampai 2 kali untuk menghilangkan residu deterjen.
  • Setelah selesai, buang air dan pindahkan hasil cucian pakaian ke tabung pengeringan. Hal ini dilakukan dengan tangan dan diakhiri dengan menutup tabung dan memutar panel pengering.
  • Setelah pengeringan selesai, pakaian siap dijemur.

4. Cara Menggunakan Mesin Cuci Satu Tabung

Mesin cuci otomatis umumnya memiliki satu tabung. Jenisnya memiliki dua tipe yakni pintu atas (top loading) dan pintu depan (front loading). Variasi pintu hanya sekedar perbedaan model. Satu tabung berarti cuci, bilas, dan pengeringan semua dilakukan pada tabung yang sama. Secara umum, mesin cuci seperti ini dianggap lebih praktis, pengerjaan lebih cepat dan hemat listrik. Cara menggunakan mesin cuci otomatis adalah sebagai berikut.

  • Pakaian kotor dimasukkan
  • Air bisa terisi secara otomatis sesuai dengan jumlah pakaian yang dimasukkan pada mesin cuci. Semakin banyak pakaian makan semakin banyak air yang dibutuhkan.
  • Kemudian, isi mesin cuci dengan detergen.
  • Setelah tombol ditekan, maka mesin berjalan dengan otomatis. Anda tidak perlu menunggunya, mesin cuci akan mencuci, bilas dan mengeringkan pakaian secara otomatis sampai kering.
  • Mesin cuci biasanya akan mengeluarkan bunyi untuk menandakan pakaian sudah siap untuk dijemur.

Itulah beberapa cara menggunakan mesin cuci yang dilakukan berdasarkan jenis. Ada mesin cuci manual yang lebih terjangkau dengan beberapa langkah yang perlu Anda lakukan sendiri. Sementara, kini sudah banyak juga mesin cuci otomatis yang pemakaiannya hanya perlu pengaturan sederhana dan mesin bisa berjalan dengan sendirinya tanpa pengawasan. Semua memiliki plus dan minus, Anda tinggal memilih sesuai kebutuhan.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll To Top