Cara Mengatasi Gusi Bengkak

Gusi bengkak merupakan salah satu gangguan mulut yang tidak bisa disepelekan. Rasa sakit pada gusi bengkak bisa sangat menyiksa terutama ketika makan atau minum, bahkan jika dibiarkan bisa memengaruhi tulang dan jaringan gigi. Berbagai cara mengatasi gusi bengkak dapat Anda lakukan agar tidak bertambah parah, karena gusi bengkak juga bisa mengakibatkan bau napas tidak sedap dan pipi lebih menonjol.

Beberapa penyebab gusi bengkak yakni akibat infeksi kuman pada gigi berlubang dan menumpuknya karang atau plak gigi. Bahkan kurang dalam menjaga kebersihan mulut dan salah dalam memilih aksesoris gigi (behel dan gigi palsu) juga bisa menyebabkan gusi menjadi bengkak. Berikut beberapa cara yang bisa Anda terapkan jika terjadi masalah gusi bengkak.

10 Cara Mengatasi Gusi Bengkak

1. Menggosok dan Membersihkan Gigi Secara Teratur

Salah satu faktor penyebab gusi bengkak yakni plak yang menumpuk pada gigi. Oleh karenanya, masalah gusi bengkak dapat ditangani dengan membersihkan mulut secara teratur. Gunakan sikat gigi dengan bulu sikat yang lembut agar tidak melukai gusi dan mengikis enamel gigi. Jika perlu, gunakan benang gigi (dental floss) sekali dalam sehari untuk membersihkan celah-celah gigi.

2. Berkumur dengan Air Garam atau Perasan Jeruk Lemon

Air garam mengandung zat anti bakteri yang mampu membersihkan kuman pada mulut. Gunakan larutan garam pada air hangat sebagai obat kumur setelah menggosok gigi. Larutan ini sangat efektif dalam meredakan nyeri pada gusi. Namun, jika ingin rasa yang lebih enak maka Anda bisa menggunakan perasan jeruk lemon. Gunakan perasan lemon tersebut untuk berkumur selama kurang lebih 30 detik.

3. Mengoleskan Minyak Cengkih

Minyak cengkih juga diyakini sangat efektif dalam meredakan nyeri dan bengkak pada gusi. Anda bisa mengoleskan minyak cengkih secara langsung menggunakan kapas pentul pada gusi yang sakit. Oleskan tiga kali sehari secara teratur. Jika perlu, Anda juga bisa menambahkan beberapa tetes minyak ini ke dalam air untuk digunakan sebagai obat kumur.

4. Mengompres Gusi yang Bengkak

Berikan kompres panas atau dingin pada wajah untuk mengurangi nyeri dan bengkak pada gusi. Rendam kain atau handuk bersih pada air hangat, peras, lalu tempelkan pada wajah untuk meredakan rasa nyeri. Dan untuk mengurangi pembengkakan, gunakan kompres dari bongkahan kecil es batu yang ditaruh di dalam kain atau tisu lalu tempelkan pada wajah.

5. Memperbanyak Minum Air Mineral dan Mengunyah Permen Karet

Memperbanyak minum air akan membersihkan sisa-sisa makanan dan bakteri pada mulut. Air minum juga mampu membatasi plak akibat kondisi mulut yang kering. Selain itu, memperbanyak minum juga dapat meningkatkan produksi air liur yang secara alami bisa membunuh bakteri. Anda juga bisa mengkonsumsi permen karet agar produksi air liur bisa meningkat.

6. Hindari Merokok dan Minuman Beralkohol

 

Tembakau dan alkohol bisa membuat gusi yang bengkak lebih parah karena menjadikan mulut dehidrasi. Ketika mulut kering maka produksi air liur akan berkurang sehingga bakteri mulut akan berkembang dan menyebabkan plak yang bisa menambah iritasi pada gusi. Selain rokok dan alkohol, makanan yang mengandung kadar gula yang tinggi juga bisa memperparah gusi yang bengkak. Jadi lebih baik hindari terlebih dahulu.

7. Mengkonsumsi Sayur dan Buah-Buahan yang Kaya Vitamin C

Salah satu penyebab gusi bengkak yakni asupan gizi yang buruk terutama vitamin C dan asam folat yang berfungsi untuk menjaga kesehatan gusi. Maka dari itu perbanyak konsumsi sayur dan buah seperti jeruk, pepaya, nanas, brokoli, kacang-kacangan dan lain sebagainya. Anda juga bisa mengkonsumsi suplemen vitamin C dalam bentuk tablet jika merasa sulit ketika mengkonsumsi makanan saat gusi sudah bengkak.

8. Pembersihan Karang Gigi

Jika pembersihan plak atau karang gigi yang mengakibatkan gusi bengkak tidak cukup dengan hanya menggosok gigi dan berkumur, maka Anda bisa mencoba prosedur scalling. Scalling gigi mampu membersihkan karang yang mengeras tanpa mengenai gusi dan untuk membersihkan sela-sela gusi dan akar gigi maka Anda bisa mencoba root planning. Root planning juga mampu menghilangkan bakteri pada mulut yang mengakibatkan radang gusi.

9. Menggunakan Obat Pereda

Salah satu cara mengatasi gusi bengkak yang sudah terlalu parah yakni berkonsultasi ke dokter gigi agar mendapatkan perawatan lebih lanjut. Gangguan gusi atau gingivitis yang sudah akut akan memerlukan obat pereda nyeri dan antibiotik tertentu serta obat kumur khusus yang biasanya mengandung hidrogen peroksida untuk mengurangi bengkak dan nyeri yang sudah parah.

10. Mengganti Pasta Gigi atau Obat Kumur

Obat kumur yang mengandung bahan kimia terlalu keras juga bisa memperparah iritasi gusi, jadi lebih baik hentikan penggunaannya untuk sementara waktu. Jika masalah gusi disebabkan oleh pasta gigi yang tidak cocok maka segera ganti produk tersebut. Penting untuk mengetahui penyebab masalah gusi bengkak agar penanganannya tidak salah. Untuk itu lebih baik konsultasikan ke dokter gigi terlebih dahulu supaya lebih aman.

Tinggalkan komentar