Now Reading
Waspada Berat Badan Berlebih, Inilah Cara Mengatasi Bahaya Obesitas

Waspada Berat Badan Berlebih, Inilah Cara Mengatasi Bahaya Obesitas

cegah obesitas

Obesitas adalah suatu kondisi penumpukan lemak berlebih pada tubuh, yang  ditandai dengan semakin meningkatnya berat badan dan indeks massa tubuh. Obesitas sendiri  merupakan salah satu kasus gangguan kesehatan yang sering dijumpai, dan perlu perhatian serius. Sehingga penting kiranya untuk cegah obesitas sejak dini, demi mendapatkan tubuh yang sehat dan terhindar dari penyakit berbahaya.

Bahaya Obesitas

Tanpa disadari, kelebihan berat badan atau obesitas membawa dampak yang cukup berbahaya bagi kesehatan tubuh manusia. Apa sajakah bahaya obesitas tersebut?

  • Penyebab Penyakit Berbahaya

Obesitas dapat menjadi penyebab penyakit berbahaya lainnya. Seperti tekanan darah tinggi, stroke, kanker, dan diabetes. Hal ini karena adanya penumpukan lemak penyebab aliran darah tidak lancar, dan mengganggu metabolisme dalam tubuh.

  • Gangguan Pernafasan

Berlebihnya berat badan juga  mengakibatkan gangguan pernafasan. Sebab penumpukan lemak membuat  tekanan pada leher dan dada jauh lebih besar, sehingga kesulitan dalam menghirup udara.

  • Gangguan Tidur

Gangguan tidur akibat kelebihan berat badan adalah sleep apnea. Yaitu gangguan tidur yang cukup berbahaya, dan berpotensi kematian, dimana nafas sering terhenti saat tidur secara berulang.

  • Gangguan Persendian

Obesitas menyebabkan tekanan berlebih pada persendian akibat menahan beban tubuh. Tubuh pun sering mengalami peradangan dan nyeri, yang akan berakibat pada tidak baiknya postur tubuh.

  • Masalah Kesuburan

Gangguan kesuburan juga bisa disebabkan oleh obesitas. Berat badan berlebih mengakibatkan tidak seimbangnya hormon, sehingga siklus menstruasi tidak teratur. Alhasil kesulitan menentukan masa subur serta gangguan kesuburan lainnya.

  • Gangguan Pencernaan

Berlebihnya berat badan berpotensi semakin bertambahnya tekanan pada perut, sehingga berakibat naiknya asam lambung sebagai salah satu gangguan pencernaan.

  • Depresi

Kelebihan berat badan menimbulkan depresi atau stress berlebihan, ketika seseorang penyandang obesitas tak mampu menghadapi perundungan dari lingkungan sekitarnya.

Pencegahan Obesitas

cegah obesitas

Mengingat banyaknya bahaya obesitas, maka perlu adanya tindakan pencegahan, agar tidak menimbulkan masalah kesehatan serius lainnya.

  • Perbanyak Asupan Protein

Asupan protein selain membuat tubuh lebih berenergi, juga mampu membuat tubuh kenyang lebih lama. Sehingga mengurangi keinginan untuk mengonsumsi lebih banyak makanan, dan pola makan pun dapat diatur dengan baik.

  • Kurangi Makanan Cepat Saji Atau Kemasan

Makanan cepat saji atau kemasan, mengandung bahan kimia dan tambahan seperti gula atau penyedap rasa, yang tidak baik untuk kesehatan. Akibatnya kadar gula dalam tubuh akan meningkat dan memicu kelebihan berat badan.

  • Kurangi Asupan Gula

Penting kiranya untuk mulai mengurangi asupan gula sebagai penyebab utama obesitas. Seperti meminimalisir makanan dan minuman manis serta instan, yang berkadar gula tinggi dan tidak baik untuk tubuh.

  • Cukup Istirahat Dan Minum

Usahakan memiliki waktu istirahat cukup demi menjaga kestabilan berat badan. Selain itu perbanyak mengonsumsi air putih yang dapat menetralisir rasa lapar, dan meningkatkan kalori dalam tubuh.

  • Olahraga

Olahraga bermanfaat untuk membakar kalori, dan mampu mengurangi berat badan berlebih. Olahraga juga sangat baik untuk memelihara kesehatan tubuh, dan mengurangi resiko penyakit jantung serta penyakit berbahaya lainnya.

  • Hindari Stress

Stress dapat memicu keinginan untuk makan lebih banyak. Akhirnya terjadi peningkatan asupan kadar gula, sebagai pemicu utama kenaikan berat badan.

  • Diet Rendah Karbohidrat

Diet rendah karbohidrat adalah salah satu cara mengurangi kelebihan berat badan. Diet ini menggunakan cara mengurangi konsumsi nasi, yang memiliki kadar karbohidrat dan gula tinggi. Dan untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat dalam tubuh, biasanya nasi tersebut diganti dengan makanan lain seperti kentang, roti gandum atau ubi rebus.

Fakta membuktikan bahwa diet rendah karbohidrat terbukti sangat efektif dalam menurunkan berat badan. Lalu, bagaimana untuk yang setiap hari terbiasa mengonsumsi nasi sebagai makanan pokok? Tentunya menjadi kendala tersendiri ketika berniat mengurangi kelebihan berat badan.

Beruntunglah di zaman modern ini, banyak sekali pembuatan produk-produk yang sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Salah satunya adalah Vitarice Low Sugar Muticooker, yaitu produk memasak yang dapat membantu menurunkan kadar gula pada nasi.

Vitarice Low Sugar Multicooker dengan dua tempat food grade yaitu steam pot dan inner pot ini, dapat digunakan untuk memasak berbagai jenis makanan seperti nasi coklat, nasi putih, ayam, kue, daging, dan bubur. Menariknya produk ini telah melalui uji tes lugol yang membuktikan bahwa, air pembuangannya banyak mengandung gula atau karbo, sehingga kadar gula pada nasi mampu berkurang hingga 50%.

Vitarice Low Sugar Multicooker sendiri memiliki empat tahapan memasak, yang terbukti mampu menurunkan kadar gula pada nasi yaitu : memasak pada suhu tepat agar dapat melarutkan gula berlebih dalam air, menstabilkan suhu saat memasak supaya lebih banyak lagi kandungan gula yang terbuang, memisahkan air sisa pembuangan gula pada tempatnya, serta mempertahankan kelembaban nasi supaya tetap pulen dan enak disantap. Cukup mudah, menarik dan pastinya menyehatkan bukan?

Jadi, yuk dapatkan informasi lebih banyak lagi tentang Vitarice Low Sugar Multicooker ini sekaligus cara pemesanan dan harga spesialnya hanya di gogomedia.id.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll To Top