Now Reading
4 Cara Menabung yang Benar untuk Mencapai Cita-Cita

4 Cara Menabung yang Benar untuk Mencapai Cita-Cita

tips mudah menabung

Udah tahu cara menabung yang benar biar semua cita-cita kita tercapai? Menabung merupakan kebiasaan yang sangat bermanfaat dan perlu dibiasakan sejak usia muda. Banyak orang yang merasa kesulitan menabung karena belum terbiasa melakukan. Padahal kalau tidak segera memulai menabung, tentunya makin sulit menerapkan kebiasaan yang baik ini. Tidak perlu menabung langsung dalam jumlah besar. Toh seperti kata pepatah, sedikit demi sedikit lama-lama jadi bukit khan?

Tujuan menabung selain untuk simpanan juga biasanya karena ada target tertentu yang membutuhkan pembiayaan dengan jumlah dana yang besar. Misalnya untuk biaya sekolah anak, pembelian mobil, rumah atau aset-aset lainnya. Atau bisa untuk mengumpulkan modal yang akan digunakan untuk memulai bisnis dan sebagai dana simpanan memasuki masa pensiun.

Lalu bagaimana cara menabung yang benar? Cek saja artikel tips mudah menabung.

tips mudah menabung

Selain itu, menurut ahli ekonomi, cara menabung yang benar adalah dengan cara menyisihkan minimal 20% dari total pendapatan tiap bulannya. Jadi sebelum penghasilan digunakan untuk yang lain, terlebih dahulu disisihkan 20% untuk tabungan. Jangan lupa untuk menentukan tujuan tabungan agar kita termotivasi untuk konsisten menabung.

Tanpa kita sadari makan di luar atau hang out bersama teman pada umumnya membutuhkan biaya yang cukup besar lho. Jadi kalau ingin berhemat dan menambah uang tabungan, sebaiknya mulai mengurangi kegiatan-kegiatan yang membutuhkan biaya banyak seperti nongkrong di kafe, makan di restoran, menonton film di bioskop atau mengikuti konser musik.

Sebagian orang memilih untuk menyimpan uangnya di rumah saja. Meskipun tabungan mudah diakses tetapi tidak memberikan rasa aman kepada pemiliknya. Resiko hilang atau uang rusak sangat besar kalau penyimpanannya tidak memadai. Oleh sebab itu pada umumnya masyarakat modern memilih mempercayakan tabungannya di bank.

Pemilihan bank yang tepat dan terpercaya juga merupakan salah satu cara menabung yang benar. Bagaimana caranya memilih bank yang tepat? Ada banyak bank di Indonesia dengan bermacam produk dan bermacam program yang menarik.

Cara memilih bank yang tepat untuk menabung

  1. Pilihlah bank pemerintah dengan reputasi baik.
  2. Bandingkan fasilitas yang dimiliki tiap bank dan kemudahan bertransaksi melalui kantor banknya, jaringan ATM dan e-banking seperti mobile banking, sms banking, internet banking dan lain-lain.
  3. Semakin banyak ragam produk tabungan yang dimiliki bank tersebut, semakin baik karena penabung bisa menyesuaikan tujuan tabungan dengan produk yang sesuai.
  4. Syarat pembukaan rekening yang mudah, biaya administrasi, saldo minimal dan denda di bawah saldo minimal juga menjadi salah satu bahan pertimbangan bagi calon penabung.

Cara menabung yang benar mungkin berbeda bagi setiap orang. Tetapi pemilihan bank dan produk tabungan yang tepat menjadi kunci sukses menabung. Jangan sampai tabungan sudah banyak tetapi karena salah memilih bank malah mengalami kesulitan untuk menarik kembali dananya. Atau karena terbatasnya jaringan bank yang dipilih mengakibatkan penabung mengalami kesulitan bertransaksi.

Dari semua cara menentukan bank yang tepat, maka tidak salah kalau Bank BRI menjadi salah satu pilihan. Sebagai bank pemerintah dengan reputasi terpercaya yang memiliki 10.000 unit kerja dan 22.000 jaringan ATM BRI di seluruh Indonesia menjadikan BRI menjadi pilihan tepat untuk setiap orang. Bahkan di kota kecil pun dapat dengan mudah ditemui unit kerja Bank BRI. Belum lagi didukung dengan jaringan BRI-link yang membantu kemudahan transaksi perbankan bagi penduduk di wilayah pelosok atau pedalaman Indonesia.

Produk tabungan yang beragam juga menjadi daya tarik bank pemerintah ini. Salah satu program tabungan BRI yang dapat dipertimbangkan sebagai sarana menabung adalah BritAma. Syarat yang diperlukan untuk membuka rekening tabungan BritAma cukup melampirkan KTP dan NPWP, berusia minimal 17 tahun dan melakukan setoran awal sejumlah Rp250.000,00. Mudah bukan? Tunggu apalagi. Segera menabung, biar segera mendapat untung.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll To Top