Now Reading
7 Cara Belajar Bahasa Korea dengan Mudah

7 Cara Belajar Bahasa Korea dengan Mudah

Cara Belajar Bahasa Korea-1

Dengan meningkatnya kepopuleran K-Pop dan K-drama di seluruh penjuru dunia, hal ini lantas membuat bahasa Korea menjadi salah satu bahasa yang populer saat ini. Banyak orang yang tertarik untuk belajar bahasa Korea, bahkan tak jarang sudah banyak yang mahir dan lancar dalam berbahasa Korea.

Di zaman modern saat ini, banyak metode dan sarana pembelajaran yang bisa kamu lakukan untuk belajar bahasa Korea. Diantaranya kamu bisa mengikuti kursus online, mengunduh aplikasi belajar Korea, menggunakan modul (e-book), menonton drama Korea dan masih banyak yang lainnya.

7 Tips Cara Belajar Bahasa Korea dengan Mudah

Cara Belajar Bahasa Korea-1

Apapun metodenya, tergantung bagaimana cara kamu belajar agar bisa cepat mengingat dan menghafalnya. Nah, oleh karena itu, kami sudah merangkum beberapa tips cara belajar bahasa Korea yang asik dan mudah. Penasaran? Ikuti yuk cara dibawah ini.

1. Pelajari Huruf Hangeu

Hal pertama yang harus kamu lakukan ketika belajar bahasa Korea ialah mengenal dan mempelajari huruf-huruf bahasa Korea yang disebut Hangeul. Jika kamu benar-benar serius ingin bisa bahasa Korea, kamu harus tau dasar-dasar huruf hangeul.

Dengan memahami huruf hangeul, kamu gak akan kesulitan dalam mempelajari struktur dan kosakata bahasa Korea. Untuk tahap awal, kamu bisa memulai dengan menghafal huruf vokal yang terdiri dari 11 huruf.

2. Pelajari dan Kembangkan Kosakata

Tahap kedua yaitu dengan cara mengembangkan kosakata. Jika kamu sudah mempelajari huruf hangeul, kamu bisa belajar membangun dan membentuk kosakata. Pelajari dan hafalkan kosakata yang umum digunakan dalam percakapan sehari-hari. Seperti nama-nama alat transportasi, nama makanan, nama-nama tempat dan masih banyak yang lainnya.

3. Belajar Membuat Kalimat

Untuk bisa belajar bahasa Korea, kamu tidak bisa hanya dengan menghafal huruf-huruf nya saja. Kamu juga harus memahami struktur kalimatnya, karena struktur kalimat pada bahasa Korea berbeda dengan struktur kalimat yang ada di bahasa Indonesia.

Untuk melatih nya, cobalah menggabungkan beberapa kata dan bentuklah menjadi sebuah kalimat yang bisa dipahami. Selain itu, kamu juga bisa belajar menulis bahasa Korea sekaligus. Dengan begitu, kamu akan lebih cepat memahami bahasa Korea.

4. Belajar Pengucapan

Latihan pengucapan sangat penting dalam belajar bahasa Korea. Karena kemampuan bahasa kamu tidak akan berkembang jika tidak dibarengi dengan latihan berbicara. Untuk melatihnya, kamu bisa mencari teman atau orang lain yang sama-sama sedang belajar bahasa Korea. Kamu bisa mencarinya di komunitas bahasa Korea atau sejenisnya.

Yang terpenting adalah jangan pernah malu untuk berbicara, karena walaupun pun kamu salah dalam berbicara, itu akan menjadi evaluasi diri kamu agar bisa berkembang lebih baik lagi. Dengan latihan berbicara ini kosakata yang kamu miliki akan terus bertambah.

5. Menonton K-drama dan K-Pop

Menonton drama Korea dan mendengarkan musik K-Pop merupakan cara belajar bahasa Korea yang asik dan seru. Dengan seringnya menonton drama Korea, kamu akan terbiasa mendengar percakapan dengan tata bahasa yang baik dan benar. Untuk melatihnya, kamu bisa mematikan subtitle dan ulangi kata-kata tersebut hingga benar-benar hafal.

6. Gabung grup belajar bahasa korea

Saat ini sudah banyak komunitas atau grup belajar bahasa korea yang didalamnya terdapat orang-orang yang sedang belajar bahasa Korea. Disitu kamu bisa saling berbagi ilmu dan pengetahuan seputar bahasa Korea. Dan kamu bisa menanyakan apa yang tidak kamu pahami, dan akan saling mengoreksi satu sama lain. Kamu bisa gabung grup tersebut di berbagai media sosial, seperti Facebook, WhatsApp dan Telegram.

7. Gunakan aplikasi belajar bahasa Korea

Seiring berkembangnya teknologi, saat ini sudah banyak aplikasi yang bisa kamu gunakan sebagai sarana dalam belajar bahasa, salah satunya bahasa Korea ini. Diantaranya aplikasi Duolingo, Memrise, Naver Korean Dictionary dan masih banyak yang lainnya. Kamu bisa memanfaatkan salah satu aplikasi tersebut untuk menguji kemampuan bahasa korea kamu.

Nah, jadi itulah beberapa cara belajar bahasa Korea dengan mudah. Setelah kamu mencoba beberapa di atas, ada hal terpenting yang perlu kamu lakukan yaitu konsisten dan komitmen. Konsisten dan komitmen adalah kunci utama dalam melakukan hal apapun, termasuk belajar bahasa asing. Jika ingin cepat berhasil, teruslah berlatih setiap hari dengan penuh semangat. Selamat mencoba dan selamat Belajar. feminim.id

 

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll To Top