Now Reading
5+ Bahan Alami untuk Merawat Kulit Wajah? Cantik Nggak Selalu Harus ke Klinik!

5+ Bahan Alami untuk Merawat Kulit Wajah? Cantik Nggak Selalu Harus ke Klinik!

Bahan Alami untuk Merawat Kulit Wajah
Penggunaan produk produk kimia dalam industri kecantikan kini memang cukup marak di kalangan wanita. Ditambah lagi dengan hadirnya berbagai kosmetik abal abal yang menggunakan bahan kimia berbahaya. Tentu saja hal ini bisa merusak kulit kamu loh. Alih alih makin kinclong, justru kulitmu bisa bisa makin kusam dan berjerawat.


Bahan Alami untuk Merawat Kulit Wajah

 

Nah, timbulnya berbagai masalah tersebut membuat para kaum hawa kini lebih memilih bahan alami untuk merawat kulit wajah. Meski berasal dari alam, bukan ngga mungkin loh kulitmu bakalan jadi mulus dan kinclong.
 
Karena ternyata di sekitar kita ada begitu banyak bahan alami yang bisa mencerahkan dan menyehatkan kulit. Nah, udah penasaran apa saja bahan alami untuk merawat kulit wajah beserta cara pembuatannya? Yuk ikuti tips cantik sehat di bawah in!

Bahan Alami untuk Merawat Kulit Wajah

Bahan bahan alami di bawah ini bisa bikin kulit kamu kinclong dan makin sehat loh.

1. Minyak Zaitun

minyak zaitun untuk Merawat Kulit Wajah
Masker minyak zaitun ini bisa kamu gunakan rutin loh untuk kulit wajahmu. Terlebih lagi bagi kamu yang punya kulit cenderung berjerawat. Gunakanlah minyak zaitun murni, tapi jika tidak memilikinya kamu bisa membelinya di toko toko sekitarmu. Untuk membuatnya kamu perlu terlebih dulu menyiapkan bahan bahannya seperti,
  • 1 sdm minyak zaitun 
  • 1 sdm kaolin clay putih
Cara pembuatan:
Campurkan bahan clay dengan minyak zaitun dan aplikasikan pada kulit wajah. Tunggu beberapa menit hingga masker mengering, lalu bilaslah memakai air hangat.

2. Strawberry

Seperti kita tahu, strawberry sangatlah kaya akan kandungan nutrisinya, seperti vitamin C serta anti oksidan. Kandungan vitamin C dalam buah ini juga memiliki khasiat untuk kecantikan loh. Misalnya seperti membuat kulit wajah lebih cerah, mengurangi kerutan, dan juga permasalah kulit lainnya akibat proses penuaan.
strawberry untuk Merawat Kulit Wajah
Beberapa bahan alami untuk merawat kulit wajah yang perlu anda persiapkan, yakni 6 – 10 strawberry dan 1 sdt madu.
 
Cara pembuatan:
Haluskan buah strawberry lalu campurkan madu. Setelahnya, oleskan masker strawberry ini pada kulit wajah hingga ke bagian leher sekitar 20 menitan. Terakhir, bilaslah wajah dengan air hangat lalu setelahnya aplikasikan air dingin.

3. Tomat

tomat untuk Merawat Kulit Wajah
Kalian semua pasti udah nggak asing lagi kan sama khasiat buah tomat yang begitu banyak? Khasiat tersebut ternyata juga efektif untuk merawat kulit wajah. Karena kandungan lycopene sebagai anti oksidan ini, bisa menangkal radikal bebas. Tak hanya itu, kulitmu juga akan ternutrisi secara cukup dan terlindungi dari efek panas matahari.
 
Beberapa bahan yang kamu perlukan untuk membuat masker tomat ini adalah,
  • 2 sdt air perasan tomat 
  • 3 sdt butter milk 
  • cotton ball
Cara pembuatan:
Campurkan air perasan tomat dengan butter milk yang sudah kamu sediakan. Lalu aduk dan aplikasikan pada wajah dan leher hingga merata, menggunakan cotton ball. Tunggu 30 menit dan bilaslah dengan air sampai bersih.

4. Masker Kunyit

kunyit untuk Merawat Kulit Wajah
Kunyit memang sangat identik digunakan untuk ramuan rempah dalam jamu jamuan. Padahal kandungan kurkumin di dalamnya cukup efektif nih untuk membalikkan efek hiperpigmentasi. Artinya, khasiat kunyit ini bisa membuat kulitmu jadi lebih putih sekaligus bisa sebagai anti inflamasi dan anti bakteri. Bahan alami untuk merawat kulit wajah yang harus kamu persiapkan untuk membuat masker kunyit adalah,
  • ½ sdt bubuk kunyit 
  • 1 sdt baking powder 
  • air mawar secukupnya
Cara pembuatan:
Pertama tama campurlah bubuk kunyit  dengan baking powder, lalu tambahkan air mawar 1 atau 2 sdm. Aduklah bahan hingga menyerupai tekstur pasta, lalu oleskan ke bagian wajah dan leher. Tunggu 5 menit dan lakukan pemijatan secara melingkar dengan menggunakan ujung jari.
 
Pastikan jari anda bersih saat melakukan pemijatan. Terakhir kamu hanya tinggal membilasnya dengan air hangat dan diikuti air dingin, sambil menepuk nepuk kulit wajah saat mengeringkan.

5. Madu dan Susu

susu dan madu untuk Merawat Kulit Wajah
Kulit wajahmu kusam dan cenderung kering? Kamu bisa nih mencoba masker madu plus susu ini. Manfaat madu ini bisa jadi pelembab alami, sekaligus mengangkat sel kulit mati pada wajah loh. Ditambah lagi dengan kandungan antibiotik alami di dalamnya, bisa mengurangi jerawat dan kulit wajah yang meradang.
 
Sementara untuk susu, kandungan yang dimilikinya berupa vitamin D dan vitamin B6 yang bisa merangsang produksi kolagen. Nah, jika ingin mengaplikasikan masker dengan bahan bahan alami untuk merawat kulit wajah ini, kamu perlu mempersiapkan
  • 2 sdt susu 
  • 2 sdt madu 
  • Cotton ball
Cara pembuatan:
Langkah pertama yakni hangatkan susu dan campurlah dengan madu hingga merata. Tanpa menunggu dingin, segera aplikasikan masker ke wajah hingga leher dengan cotton ball. Biarkan selama 10 – 20 menit  hingga mengering lalu bilas dengan air bersih.
 

6. Putih Telur

putih telur untuk Merawat Kulit Wajah
Kandungan telur yang tinggi protein ternyata ngga hanya bagus buat tubuh loh, tapi bisa juga nih bikin kulitmu sehat. Efek lengket saat pengaplikasian putih telur, juga dinilai bisa mengencangkan kulit wajah dan mengurangi produksi minyak berlebih. Bahan bahan yang kamu butuhkan untuk membuat masker putih telur ini adalah,
  • 1 butir telur ayam (ambil bagian putihnya saja) 
  • 5 – 6 tetes minyak almond
Cara pembuatan:
Kocoklah putih telur hingga berbusa dan campurkan dengan minyak almond. Minyak almond ini optional, sehingga jika tidak ada kamu bisa melewatinya. Oleskan bahan bahan tersebut ke wajah dan leher sekitar 12 – 15 menit, bersihkan menggunakan air hangat dan disusul air dingin.
 

Nah, itulah tadi beberapa bahan alami untuk merawat kulit wajah beserta tips pembuatannya. Bagi kamu yang ingin kulit mulus dan cantik tanpa bahan bahan kimia, tips di atas bisa loh buat kamu coba. Yuk segera dapatkan kulit cantik dan sehatmu!


**

FEMINIM adalah julukan yang dalam bahasa kita identik dengan hal-hal tentang wanita. FEMINIM berasal dari kata dasar FEMININ yang entah kenapa malah lebih dikenal masyarakat.
FEMINIM.ID hadir untuk membahas tentang segala hal berbau tentang wanita mulai dari fashion, kecantikan, kesehatan, relationship, lifestyle, make up dan skin care bahkan masalah keuangan.
View Comment (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll To Top