Now Reading
Apa Saja Penyebab Sakit Pinggang yang Wajib Diwaspadai?

Apa Saja Penyebab Sakit Pinggang yang Wajib Diwaspadai?

Penyebab Sakit Pinggang

Sudah tahukan apa saja penyebab sakit pinggang? Sakit pinggang memang cukup mengganggu aktivitas sehari-hari, apalagi jika terjadi terus-menerus. Anda harus mengenal penyebab sakit pinggang sejak awal untuk mengetahui solusi yang bisa dilakukan untuk menyembuhkan penyakit tersebut.

Penyebab Sakit Pinggang

Penyebab Sakit Pinggang

Sakit pinggang yang dibiarkan lebih lama, bisa memicu komplikasi. Maka dari itu, wajib mengetahui apa saja penyebab sakit pinggang sedini mungkin. Karena tidak boleh disepelekan sama sekali, berikut beberapa penyebab penyakit pinggang yang muncul dan mengganggu kenyamanan.

1. Posisi Tidur Yang Salah

Umumnya banyak orang mengalami yang namanya kesalahan posisi tidur, hingga menyebabkan sakit pinggang. Posisi salah tidur ini cukup sering terjadi tanpa disadari sepenuhnya, akibatnya Anda bisa mengalami sakit pinggang bagian belakang.

Untuk solusi dari posisi salah tidur ini Anda bisa memilih posisi tidur yang nyaman sebelum tidur. Caranya dengan berbaring telentang dengan punggung yang lurus di atas tempat tidur. Anda bisa letakkan bantal tipis pada bagian bawah kepala dan bagian bawah lutut.

Ini bisa membantu mengurangi rasa tegang pada leher dan juga punggung bawah. Anda juga bisa memilih tidur telungkup dengan bantal tipis di bawah pinggul, agar tekanan pada bagian tulang belakang bisa berkurang.

2. Otot Terasa Tegang

Penyebab sakit pinggang berikutnya adalah  otot yang terasa tegang dan kaku. Otot yang tegang umumnya karena otot ligamen mengalami kondisi tertarik. Otot dan ligamen yang robek bisa menyebabkan sakit pinggang bagian belakang.

Beberapa pemicu otot tegang adalah karena posisi duduk atau berdiri yang tidak tepat. Kemudian bisa juga karena tidak melakukan pemanasan sebelum olahraga. Beberapa alasan ini bisa saja membuat anda sakit pinggang.

3. Duduk Membungkuk

Duduk membungkuk ke depan akan membuat tekanan besar pada pinggang bawah. Ini bisa menjadi salah satu penyebab sakit pinggang belakang tengah.  Solusinya adalah dengan melakukan peregangan pada kepala dan leher secara lembut. Lakukan gerakan tersebut ke atas dan ke bawah serta kanan dan kiri setiap setengah jam.

Anda juga bisa mengurangi rasa sakit menggunakan kompres air es. Anda bisa mengompres pada area yang sakit dengan menggunakan handuk atau kain kering. Jika rasa sakit pinggang tidak juga menghilang, maka bisa berkonsultasi ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

4. Tidur Di Kasur Yang Cukup Keras

Tidak hanya posisi salah tidur saja yang bisa menyebabkan sakit pinggang. Penyebab sakit pinggang saat tidur malam dengan kasur yang salah juga bisa membuat pinggang belakang bisa sakit. Kasur untuk tidur sebaiknya punya kekuatan yang cukup kuat untuk menopang punggung.

Disamping itu, kasur juga harus cukup lembut agar tidak mengubah bentuk tubuh seseorang. Sebaiknya Anda memilih untuk tidur di kasur yang tidak terlalu keras. Sebab kasur yang cukup keras ini bisa menyebabkan sakit pinggang belakang.

Selain itu pastikan pula posisi tidur yang benar yaitu dengan tidur terlentang. Ini membantu mengurangi rasa sakit pada bagian pinggang belakang.

5. Jarang Melakukan Olahraga

Penyebab sakit pinggang juga bisa dipicu dengan alasan jarang melakukan olahraga. Tulang belakang anda tentu membutuhkan dukungan dari bagian otot perut dan pinggang. Terutama bagi yang sering melakukan aktivitas berat seperti angkat beban atau naik tangga.

Anda bisa memilih olahraga yang ringan seperti jogging atau naik sepeda. Atau bisa juga dengan melakukan aktivitas renang. Cara ini bisa membantu melindungi pinggang bagian bawah.

6. Terlalu Gemuk

Kelebihan berat badan ternyata bisa menjadi salah satu pemicu sakit pinggang muncul. Ketika anda terlalu gemuk maka berat badan berlebih ini akan memberikan tekanan yang lebih berat pada tubuh. Hal tersebut tentu bisa memicu munculnya sakit pinggang. Penyakit sakit pinggang pada wanita dan pria ini tentu harus diwaspadai.

Untuk Anda yang merasa berat badan mulai berlebih maka sebaiknya atur pola makan sedini mungkin. Anda harus mencukupi konsumsi nutrisi seperti kalsium, fosfor dan vitamin D. Ini membantu membangun otot, tulang dan juga jaringan lunak yang lebih kuat untuk bagian pinggang.

Sekarang tentu anda sudah tahu, apa saja penyebab sakit pinggang yang wajib diwaspadai dan tidak boleh disepelekan. Jika sakit pinggang semakin parah dan tidak kunjung sembuh, ada baiknya langsung konsultasi ke dokter yang ahli di bidang.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll To Top