Now Reading
Anak Sulit Disapih? Ikuti Tips Menyapih Anak Secara Bijak Ini

Anak Sulit Disapih? Ikuti Tips Menyapih Anak Secara Bijak Ini

Nggak semua anak di sapih usia 2 tahun, ada yang hanya beberapa bulan dan ada anak yang mendapat ASI ibunya. Namun, menginjak usia 2 tahun adalah momen dilema momy menyapih anaknya. Banyak momy mencari referensi tips menyapih anak karena nggak tega.

Umumnya,  anak-anak sulit di sapih karena terbiasa mendapat ASI dari ibunya. Walaupun mendapat beragam MPASI tetapi ASI adalah minuman favorit anak, tak ayal momy marah dan memaksa buah hati menjauhi ASI.

tips menyapih anak
source via id.theasianparent.com

Tips Menyapih Anak Tanpa Paksaan

Waalupun menyapih anak wajib dilakukan, momy nggak boleh memaksa apalagi menakuti anak-anak. Imbasnya pada mental dan daya pikirnya, bahkan bisa jadi ia nggak mau melepas ASI sebagai minuman andalannya. Berikut ada tips menyapih anak yang dapat dilakukan:

1. Usahakan Perlahan dan Bertahap

Perlu diketahui moms, memulai penyapih anak nggak bisa secara sempurna anak nggak diberikan ASI. Jika itu dilakukan anak bisa rewel dan mengganggu perkembangannya, usahakan lakukan perlahan dan bertahap agar anak terbiasa.

Caranya adalah memberikan jeda anak menyusu, misalnya berikan ASI tiap 2 atau 3 jam saja. Jika anak nggak rewel bisa diperpanjang antara 5 atau 6 jam. Di awal penyapihan dominan gagal karena dilema momy yang nggak tega akibat anak rewel. Nggak papa gagal moms, bisa di lanjut besoknya lagi. Yang peting jangan sampai gagal sampai 5 kali ya.

2. Berikan Perhatian Penuh Pada Anak

Momy tipe orang yang sibuk dan ingin menyapih anak? Usahakan kurangi kesibukan ya. Tujuannya agar fokus pada anak dan momy bisa memberikan kasih sayang sepenuhnya pada anak, jangan sampai momy memaksa dan memberikan acamaman mengenai anak yang masih menyusu.

Berikanlah wawasan mengenai tidak menyusu agar ia mendengarkan, caranya harus khas anak-anak ya moms agar mudah dipahami. Misalnya bacakan dongeng mengenai anak-anak yang hebat karena nggak menyusu, perlahan anak akan mengerti dan mulai menjauhi ASI.

3. Mengalihkan Perhatian Anak

Tips menyapih anak dikatakan berhasil jika momy tegar menyapih anak, untuk itulah momy dapat mengalihkan perhatian anak saat merengek minta menyusu. Saat buah hati hendak tidur dan ingin menyusu lebih baik membacakan dongeng atau lagu favorit agar anak mengantuk.

Nggak semua anak manut, ada yang ngambek dan beralasan haus. Momy dapat memberikan air putih atau minuman hangat agar badannya bugar. Lama-lama anak terbiasa dan bisa lepas dari ASI.

4. Dukungan dari Ayah

Siapa bilang menyapih seluruhnya tugas momy? Jangan keliru. Justru ayah memiliki peran agar anak di sapih tanpa menimbulkan gangguan loh. Untuk ayah, bisa menemani anak saat merengek menyusu. Ajaklah buah hati bermain agar lupa menyusu, bahkan ayah dapat menggantikan momy menemani anak saat tidur.

5. Ganti dengan Susu Formula

Banyak momy memilih ASI tanpa susu formula karena berbagai hal, tetapi saat menyapih anak tepat dipilih loh. Berikan susu formula sesuai usia anak saat merengek meminta susu, agar anak menerima berikan pengetahuan pentingnya susu formula untuk kesehatan.

Secara perlahan anak akan menyukai susu formula, yang penting temani si kecil saat meminum susu formula. Hal tersebut membuat si kecil nyaman dan nggak merasa kurang kasih sayang.

6. Bebaskan Anak Menyantap MPASI Sendiri

Momy sering melarang anak memakan sendiri akibat tidakannya yang buat kotor pakaian dan lantai? Sebaiknya bahagia jika si kecil menyantap MPASI sendiri, apalagi cara tersebut termasuk tips menyapih anak secara bijak loh.

Alasannya, karena anak bahagia menyatap makanan di depannya sehingga lupa menyusu. Apalagi hal itu bagus untuk perkembangan motorik dan daya pikirnya, nggak papa kotor berantakan karena
momen yang berharga bagi tumbuh kembangnya.

Setiap momy memiliki kegalauan tersendiri saat menyapih buah hati, apapun tantangannya harus dinikmati dan fokus menyapih anak. Apalagi anak usia 2 tahun wajib di sapih karena kandungan ASI udah nggak bagus lagi, untuk itulah ke 6 tips meyapih anak diatas dapat dicoba. Selain itu selalu dekatlah dengan si kecil agar ia nggak merasa kurang perhatian.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll To Top