Alasan Jakarta International Stadium Masuk dalam Stadium Termegah Dunia

Alasan Jakarta International Stadium Masuk dalam Stadium Termegah Dunia

Jakarta International Stadium atau JIS termasuk karya monumental teknik di Indonesia yang dibangun oleh anak bangsa. Bahkan, JIS diakui sampai mancanegara dan menjadi stadion termegah di dunia.

JIS dibangun oleh konsultan Buro Happold. Konsultan Buro Happold juga membangun Tottenham Hotspurs Stadium, untuk itulah desainnya mengikuti standar FIFA Stadium Guideline yang digunakan di Tottenham Hotspur Stadium.

Alasan Jakarta International Stadium Masuk dalam Stadium Megah di Dunia

Jakarta International Stadium dikenal masyarakat berbagai penjuru karena memiliki daya tarik tersendiri. Berikut ada alasan JIS masuk ke dalam stadion termegah di dunia, antara lain:

  • Stadion Terbesar di Indonesia

Jangan salah loh, pembangunan JIS melibatkan 3.036 pekerja dan semuanya adalah anak Indonesia. Mereka bergotong royong membangun JIS tanpa lelah demi kepentingan masyarakat Indonesia, bahkan bermanfaat untuk masyarakat mancanegara.

JIS menjadi stadion terbesar di Indonesia karena bisa menampung 82 ribu penonton. Kapasitas tersebut hampir sama dengan kapasitas penonton stadion Real Madrid, Santiago Bernabeu Stadium di Spanyol yang kapasitasnya mencapai 81.044 orang. Anda harus tahu, JIS memiliki luas lahan 221.000 meter persegi.

  • Meraih Penghargaan MURI di Tiga Kategori

Walaupun banyak stadion di berbagai penjuru, JIS memiliki daya tarik tersendiri yang membuatnya menjadi stadion termegah di dunia. Apalagi, JIS meraih penghargaan MURI dalam 3 kategori.

Kategori tersebut adalah kategori lifting struktur atap stadion yang bobotnya mencapai 3.900 ton dengan bentang lifting terpanjang di Asia.

Kategori ke dua adalah stadion pertama di Indonesia yang menggunakan sistem atap buka-tutup. Tentunya, membuat masyarakat kagum dengan desainnya yang memiliki karakteristik tersendiri.

Kategori ke tiga, JIS berhasil meraih sertifikasi platinum green building. Artinya, predikat bangunan ramah lingkungan level tertinggi.

  • Aksesibilitas Jakarta International Stadium Mumpuni

JIS memiliki peningkatan pelayanan transportasi publik, hal tersebut membuat JIS masuk dalam 10 stadion termegah di dunia. JIS masuk dalam daftar ke 10 setelah Miami Freedom Park, Lusail Iconic, BramleyMoore Dock, Camp Nou, Santiago Bernabeu, New Feyenoord, Della Roma, New San Siro dan Grand Stade de Casablanca.

Peringkat dunia JIS bukan aji mumpung karena banyak bukti yang membuat JIS pantas mendapat peringkat dunia. Hal tersebut ditunjukkan pada pelayanan transportasi publik, saat ini JIS sudah memiliki 3 rute Transjakarta yang melayani JIS. Rute tersebut adalah rute JIS 3 harmoni – JIS, rute 14 adalah JIS – senen dan rute 12p atau LRT Pegangsaan dua – JIS.

  • Stadion yang Diminati Semua Orang

Bukan hanya masyarakat umum yang mengagumi JIS sebagai salah satu stadion terbaik di dunia. Para pemain sepakbola juga mengagumi JIS, apalagi JIS sudah beberapa kali mengadakan pertandingan yang melibatkan tim internasional. Tim internasional tersebut seperti Barcelona U18, Chonburi FC Thailand dan Atletico Madrid U18 di tahun 2022.

Tim internasional tersebut mengagumi semua hal yang JIS miliki. Terlebih lagi, pertandingan saat itu berjalan baik dan memberikan pengalaman terbaik untuk para pemain. Menurut Biel Vicens, pemain Barcelona U18 mengatakan bahwa JIS memberikan pengalaman bermain sepakbola yang mengesankan. Apalagi, lapangannya sangat bagus sehingga pemain sepakbola semakin spektakuler.

JIS menjadi stadion kebanggaan Indonesia karena keunggulannya yang tak ada tandingannya. Saat ini, JIS memiliki 4 akses masuk penonton ke kawasan stadion. Yaitu akses masuk ramp barat yang menjadi akses concourse selebar 40 meter dengan halte transjakarta di ujung ramp barat. Akses masuk ramp timur yang menjadi akses concourse menuju danau cincin, akses masuk pintu utara atau akses menuju stadiun Commuterline JIS dan akses masuk pintu selatan yang bisa masuk ke akses jalan Sunter Permai Raya melalui dua pintu yang lebarnya 8 meter.

Rumor Jakarta International Stadium Tidak Layak untuk Penyelenggaraan Event Besar

Isu negatif ini muncul ketika KemenPUPR menyurvei JIS bersama dengan kontraktor rumput dari PT. Karya Rama Prima. Tentu saja pendapat yang muncul ini sangat tidak fair bagi beberapa kalangan karena dianggap kurang objektif dan terindikasi ada kepentingan tertentu.

Padahal, dari info banyak sumber ahli di bidang sepakbola, kualitas rumput di JIS sudah berstandar Internasional dengan teknologi Hybrid yang sangat maju.

STOP politisasi JIS. Tidak hanya ini bertentangan dengan akal sehat, tetapi juga potensi penghamburan keuangan negara. Jangan sampai hanya karena syahwat kekuasaan yang berlebihan, kita merusak demokrasi dan terutama mendiskreditkan karya anak bangsa sendiri.

Feminim Media

Informasi bagi wanita Indonesia mulai dari kesehatan, lifestyle, fashion, cinta, olahraga hingga lowongan kerja bagi para wanita ada di Feminim.id.

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *