Now Reading
8 Cara Ampuh Mengatasi Anak Mabok Perjalanan. Mommy Wajib Coba Ya

8 Cara Ampuh Mengatasi Anak Mabok Perjalanan. Mommy Wajib Coba Ya

Momy pasti sering mengajak anak-anak bepergian, baik untuk liburan atau menghadiri suatu acara. Hal tersebut sangat membahagiakan loh karena pergi bersama anak-anak, sayangnya banyak momy yang bingung karena anaknya mabok perjalanan padahal udah minum obat agar nggak mabok perjalanan.

Anak yang mabuk kendaraan pastinya rewel sepanjang jalan dan nggak menikmati perjalanan. Sebagai orang tua wajib mengatasinya agar mereka nggak kapok diajak bepergian, apalagi perjalanan juga memberikan edukasi loh.

ara Ampuh Mengatasi Anak Mabok Perjalanan.

Cara Ampuh Mengatasi Anak Mabok Perjalanan

Entah itu naik mobil, kapal laut maupun pesawasat tetap saja mabok jika anak momy nggak biasa naik kendaraan. Tenang saja moms, ada beberapa cara ampuh mengatasi mabok kendaraan pada anak loh, diantaranya adalah:

1. Memilih Tempat Duduk yang Nyaman untuk Anak

Tatkala momy tahu anak sering mabok kendaraan pasti mempersiapkan segala cara agar perjalanan nggak terganggu. Salah satunya adalah memilih tempat duduk yang nyaman untuk anak, jika momy pakai mobil sebaiknya anak duduk di depan agar melihat perjalanan. Apalagi memandang lurus ke depan dapat mencegah mual atau pusing.

Sebaliknya jika menggunakan bus, pilihlah tempat duduk yang jauh dari ban. Disarankan duduk di deretan depan agar nggak pusing melihat banyaknya penumpang, selain itu siapkan kantong plastik ya moms untuk menampung muntah anak.

2. Bawa Mainan Kesukaan Anak

Biasanya, anak yang mabok kendaraan merengek minta pulang karena nggak tahan dengan mual dan pusing yang diderita. Alhasil. Membawa mainan kesukaan mereka menjadi pereda rewel, ajaklah mereka bermain mainan kesukaan agar mereka tenang dan menikmati perjalanan.

Walaupun momy juga lelah berusahalah kuat dan mengajak anak ngobrol ya, biarkan mereka melihat pemandangan di sepanjang jalan. Dengan begitu anak akan rileks dan nyaman.

3. Ajak Anak Beristirahat Keluar

Jika anak momy mabok kendaraan, paling enak pakai mobil pribadi atau rental. Dengan begitu momy bisa beristirahat sejenak dan mengajak anak keluar, hal itu ampuh menghilangkan mual dan pusing. Dengan begitu stamina anak akan pulih, momy dapat membelikan teh hangat atau camilan yang hangat sehingga daya tahan tubuh anak terjaga.

4. Menyalakan Radio atau Kegiatan Lain

Jangan sampai momy membiarkan anak sendirian mengatasi mabok kendaraannya, momy bisa mengalihkannya dengan hal positif. Diantaranya mendengarkan radio, maupun menyanyi agar mereka senang dan mengikutinya.

Ajaklah anak menyanyikan lagu favorit atau mengajak mereka mengobrol. Selain itu berikan anak snack atau makanan ringan untuk mengurangi mual, pilihlah snack favorit anak agar mereka mau memakannya.

5. Tidak Memakan Makanan Berminyak

Untuk mengurangi mabok pada anak, jangan bawa makanan berminyak ya mos. Alasannya membuat mabok kendaraan semakin parah dan anak bisa rewel sepanjang jalan, selain itu jangan bawa makanan yang mengandung santan ya.

Sebaiknya bawa sayuran atau makanan sehat tanpa minyak dan santan. Dengan begitu anak mau makan di perjalanan, jika anak menolak boleh aja sedikit demi sedikit. Tentunya berikan anak makan sesuai jarak perjalanan agar staminanya tetap terjaga.

6. Tidak Membiarkan Anak Menghadap Belakang

Terkadang karena perginya rombongan, anak sering menghadap belakang melihat kerabat atau teman-temannya. Padahal hal itu memicu mabok kendaraan loh, sebaiknya buat anak duduk menghadap depan saja agar nggak mual atau pusing.

7. Sirkulasi Udara yang baik

Sirkulasi udara juga penting agar selama perjalanan, anak nggak mual dan pusing. Momy bisa membuka kaca jendela mobil agar angin dapat masuk, dengan begitu udara segar dan anak nyaman. Tatkala anak mulai mengantuk, segerlah mengajak mengajak mereka tidur agar pusingnya hilang.

8. Membawa Aneka Buah-buahan

Buah-buahan efektif mengurangi mual di perjalanan loh, momy dapat membawa buah jeruk, anggur, pear dan lainnya agar menjadi camilan anak. Kandungan air dan vitamin pada buah membuat stamina anak terjaga dan nggak mabok.

Momy harus peka ya saat anak menunjukkan gejala mabok perjalanan, biasanya gejala awalnya adalah rasa nggak nyaman pada tubuh sehingga anak gelisah. Momy dapat mengompres kepala anak dengan kain dingin dan ajak mereka mengobrol agar tenang.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll To Top