Now Reading
5 Tips Untuk Kamu Job Seekers Agar Mudah Mendapatkan Pekerjaan

5 Tips Untuk Kamu Job Seekers Agar Mudah Mendapatkan Pekerjaan

Mungkin kamu pernah mendegar perkataan “mendapatkan pekerjaan itu gak gampang”, atau “lulus kuliah bertambahlah pengangguran”. Yah seperti itulah perkataan orang yang berjiwa pesimis yang kalah sebelum berperang. Sebenarnya mendapatkan pekerjaan itu mudah kok. Yup, aku akan membagikan 5 tips untuk kamu job seekers agar mudah mendapatkan pekerjaan.

 Tips Untuk Job Seekers Agar Mudah Dapat Pekerjaan

Setelah lulus kuliah, bukan saatnya untuk menikmati kesenangan semata, justru di sinilah kehidupan yang sebenarnya dimulai. Kamu akan bersaing dengan ribuan sarjana untuk menempati satu kursi pekerjaan. Bayangkan ribuan sarjana akan berebut pekerjaan, dan itu tidaklah mudah tanpa mengetahui tips mudah mendapatkan pekerjaan.

Bekerja adalah hal postif yang wajib dilakukan untuk memenuhi kebutuhan finansial. Gak hanya itu, bekerja juga bertujuan untuk mengembangkan potensi yang dimiliki. Di luar sana banyak orang yang sangat sulit mendapatkan pekerjaan, meskipun bergelar sarjana hal itu nggak bisa mendukung seseorang mendapatkan pekerjaan dengan mudah.

Agar kamu nggak membuang banyak waktu melamar pekerjaan ke sana kemari, sebaiknya perhatikan tips untuk kamu job seeker agar mudah mendapatkan pekerjaan berikut ini.

Tips Untuk Job Seekers Agar Mudah Mendapatkan Pekerjaan

1. Untuk Kamu Fresh Graduate

Saat ini banyak perusahaan yang mencari lulusan fresh graduate untuk dijadikan pegawai. Nah di sinilah kamu harus memanfaatkan momen ini, dan ingat jangan diperbudak oleh passion. Salah satu faktor kenapa masih banyak orang yang tidak memiliki pekerjaan karena mereka diperbudak oleh passion.

Mereka ingin bekerja sesuai passion mereka. Yah kalau bekum bisa, jangan dipaksakan. Jalanilah apa yang ada di depan mata, jika ada peluang janganlah kamu sia-siakan. Pisahkanlah mana pekerjaan dengan passion kamu.

2. Buatlah CV yang Ringkas dengan Format Kronologis

Tak jarang banyak job seekers di luar sana yang gagal dalam tahap berkas loh guys. Itu dikarenakan mereka mengirimkan CV yang kurang menarik. Jangan sampai kamu melakukan hal yang salah dalam pembuatan CV.

Gunakanlah format kronologis atau berdasarkan urutan waktu. Paling baik jika kamu menggunakan urutan waktu yang terbalik, dari yang terbaru ke waktu paling lampau. Di tahap pembuka ini kamu harus memamerkan 2 atau tiga prestasi terbaik yang pernah kamu capai.

3. Selalu Jujur dalam Psikotes

Saat ini sudah banyak perusahaan yang memberikan psikotes dalam tahap seleksi penerimaan karyawan baru. Di tahap ini kamu harus selalu jujur dalam menjawab pertanyaan. Jika dari pertanyaan awal kamu berbohong maka pertanyaan selanjutnya kamu akan selalu berbohong dan itu bisa saja membuat kamu gagal dalam tahap ini.

4. Tetap Tenang Dalam Tes Wawancara

Jika kamu sudah sampai di tahap ini, itu artinya kamu adalah orang yang beruntung. Eits tapi justru di tahap inilah banyak orang yang gugur loh, jangan sampai hal itu juga terjadi pada kamu. Di dalam tes wawancara ini, kamu harus berusaha meyakinkan HRD perusahaan bahwa kamu benar-benar tertarik bekerja di sana. Jangan berikan jawaban yang pasaran seperti “saya seorang pekerja keras, bertanggung jawab, suka membantu”. Di luar sana sudah banyak orang yang berkata demikian, be a spesific people!

Berusahalah untuk bersikap ramah dan antusias, bahkan kalau bisa lakukanlah pembicaraan dengan HRD seolah-olah kamu ingin mencari informasi lebih jauh tentang perusahaan tersebut. Tapi jangan juga kamu terlihat seperti orang yang gak tau apa-apa tentang perusahaan tersebut yah.

5. Jangan Jadi Job Seekers yang Terlalu Pemilih

Jika kamu selaku fresh graduate yang ingin melamar pekerjaan, janganlah terlalu pemilih. Karena bagaimanapun kamu adalah lulusan baru yang masih perlu banyak belajar dan membutuhkan banyak pengalaman dalam dunia kerja. So jangan jadi job seekers yang terlalu pemilih dan jangan terlalu fokus terhadap perusahaan besar dengan bayaran tinggi yah guys.

Yakinlah dengan tips untuk job seekers agar mudah mendapatkan pekerjaan di atas, kamu dapat mudah mencapai apa yang kamu inginkan. Karena masih muda, peluangmu untuk mendapatkan pekerjaan semakin lebar. So kalau kamu gagal, jangan pernah menyerah dan teruslah lakukan yang terbaik sampai kamu mendapatkan pekerjaan.


**
FEMINIM adalah julukan yang dalam bahasa kita identik dengan hal-hal tentang wanita. FEMINIM berasal dari kata dasar FEMININ yang entah kenapa malah lebih dikenal masyarakat.
FEMINIM.ID hadir untuk membahas tentang segala hal berbau tentang wanita mulai dari fashion, kecantikan, kesehatan, relationship, lifestyle, make up dan skin care bahkan masalah keuangan.

Author : Eka Yuliana
Editor : Rini Novita Sari
View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll To Top